4 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Menuju Sukses


Peluang Usaha Modal Kecil – Kamu pengangguran ? jika ya, jangan berputus asa apalagi patah semangat. Banyak hal-hal positif yang perlu kamu lakukan atau perlu kamu pelajari. Memang sih pengangguran sangat tidak enak, bisa menyebabkan stress dan bisa menyerang siapa saja, mulai dari yang tidak sekolah, SD, SMP, SMA, bahkan yang sudah lulus sarjana pun bisa jadi pengangguran.

Lalu Bagaimana Caranya Mengurangi Pengangguran ?

Ada beberapa alternatif untuk mengurangi pengangguran, salah satunya yaitu dengan berwira usaha (membuat usaha sendiri). Untuk pemula tidak perlu mengkaji usaha-usaha besar dulu, ada banyak peluang usaha dengan modal kecil tapi untungnya menjanjikan. Modal utama yang harus kamu miliki adalah ”kemauan” dan buang rasa ”gengsi”.

Dikota-kota besar seperti Jakarta, banyak saya temui mereka-mereka yang pengangguran. Tidak tanggung-tanggung karena mereka memiliki gelar sarjana dan tidak sedikit juga yang lulusan SMA. Rata-rata mereka ingin bekerja sesuai dengan gelar yang mereka miliki, sementara persaingan para pencari kerja di kota besar seperti Jakarta cukup ketat. Itulah yang menyebabkan semakin banyak pengangguran.

Sebenarnya kalau mereka ada kemauan dan tidak gengsi dengan gelar yang mereka miliki, peluang usaha kecil dikota besar seperti Jakarta sangatlah banyak. Mulai dari jual gorengan, usaha kuliner kecil lainnya juga banyak, atau buka konter pulsa misalnya, dan lain-lain. Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai beberapa jenis usaha kecil yang menjanjikan,

4 Jenis Usaha Dengan Modal Kecil ;

1. Buka konter jus buah

Sudah banyak kita temui usaha-usaha yang bertema minuman, mulai dari yang menjual berbagai minuman manis seperti minuman coklat, cappucino cincau atau pop ice. Jangan menganggap remeh loh guys, ternyata mereka bisa meraup untung yang cukup besar dengan modal yang sedikit.

Tapi yang saya anjurkan disini yaitu menjual jus buah. Dalam menjalankan usaha kecil ini, kamu tidak perlu modal yang sangat besar atau harus berhutang kepada rentenir. Kamu cukup mempunyai modal 1 juta saja, kamu bisa buka konter jus buah. Tapi ada beberapa point penting dalam menjual jus buah, antara lain ;

  • Pilih lokasi yang tepat, seperti tempat wisata, area dekat sekolah, atau bisa juga depan minimarket.
  • Survei pasar sebagai sumber buah yang akan kamu gunakan.
  • Berlangganan buah sama agen buah
  • Menjaga kerapihan, kebersihan dan kualitas

 

2. Jual aneka gorengan

Menjual gorengan adalah salah satu usaha kecil yang patut kamu pertimbangkan, selain dengan modal kecil, menjalankannya juga sangat mudah. Semua orang saya rasa bisa menjalankan usaha ini tanpa perlu gelar sarjana. Sama halnya dengan menjual jus buah, menjalankan usaha gorengan juga perlu taktik. Yang saya maksud adalah kita harus mengetahui lokasi yang tepat.

Lokasi yang tepat dalam menjalankan usaha aneka gorengan adalah seperti di area tempat wisata, dekat mal atau bisa juga depan minimarket seperti alfamart atau indomaret. Bahan baku yang akan kita pakai juga sangat mudah didapatkan dan tidak begitu mahal harganya. Biasanya yang mahal adalah minyak gorengnya saja, dan itupun tidak perlu hanya sekali pakai jika ingin lebih hemat. Banyak juga yang memakai berulang-ulang selagi itu masih layak digunakan

 

3. Menjual pulsa

Bisnis yang satu ini juga tidak kalah menjanjikan loh guys. Dengan modal Rp.100.000 – Rp.300.000 saja kita sudah bisa menjalankan usaha ini. Bisnis jual pulsa juga sangat praktis karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Apalagi jika kamu memiliki relasi yang cukup banyak, jadi kamu bisa menjual pulsa ke relasi kamu atau juga ke teman-teman kamu.

Dalam menjalankan bisnis ini juga bisa dengan membuka konter pulsa kecil-kecilan, jadi selain kamu menjual pulsa, kamu juga bisa menjual berbagai produk yang berkaitan dengan pulsa seperti kartu perdana, kuota, dan bahkan aksesoris handphone. Ada beberapa point penting dalam menjalankan usaha kecil ini, antara lain ;

  • Mendaftar pada agen yang terpercaya.
  • Promosi,misalnya di sosial media seperti facebook atau twitter.
  • Jangan terlalu mahal, perhatikan pasaran.
  • Tidak boleh ada yang utang.
  • Pelayanan yang ramah dan sopan untuk pelanggan.

 

4. Usaha pangkas rambut

Dalam menjalankan usaha ini tidak perlu modal besar seperti di salon yang alat-alatnya lengkap dan cukup mahal. Jika kamu memiliki modal yang minim, kamu masih bisa koq buka usaha pangkas rambut seperti ini. Untuk pemula disarankan untuk membuka pangkas rambut khusus pria, karena alat yang dibutuhkan sangat simple dan tidak banyak jenisnya dibanding pangkas rambut wanita.

Pemilihan lokasi juga sangat penting dalam menjalankan usaha ini, Dekat kampus misalnya atau tempat yang banyak kos-kosan juga sangat efektif menjalankan usaha ini. Perhatikan juga tarif, jangan sampai kemahalan, sesuaikan dengan layanan yang tersedia. Hal terakhir dan juga sangat penting dalam menjalankan usaha ini adalah pelayanan yang ramah dan santun. Jika pelanggan sudah merasa nyaman, maka otomatis dia akan kembali menggunakan jasa kamu

Itulah beberapa contoh usaha-usaha kecil yang menjanjikan, jika kamu menjalankannya dengan sungguh-sungguh maka kesuksesan bisa kamu gapai. Kunci dari kesuksesan adalah kemauan dan berusaha.


Saran lainnya