Cara Alami Menghilangkan Komedo di Wajah, Terbukti Ampuh


Komedo merupakan kumpulan lemak berlebih yang biasanya muncul di daerah hidung atau di area bawah mata. Munculnya komedo disebabkan oleh kurangnya memperhatikan kebersihan wajah sehingga pori-pori tersumbat oleh kotoran atau minyak. Selain itu sel kulit mati dan polusi udara juga dapat menyebabkan munculnya komedo.

Biasanya komedo terdiri dari dua jenis yang berbeda yakni komedo hitam dan ada juga komedo putih, tapi yang sering kita alami adalah komedo putih. Kebanyakan orang menghilangkan komedo dengan cara yang tidak tepat yakni dengan cara memencet. Cara ini hanya akan memperburuk kondisi wajah karena bukan malah mengurangi komedo, justru bisa terjadi infeksi atau komedo berubah jadi jerawat bernanah.

Cara yang paling aman untuk menghilangkan komedo adalah dengan cara alami. Membuat masker dari bahan alami tentu sangat aman dan hasilnya juga terbukti ampuh. Pada tulisan sebelumnya juga sudah ada cara alami menghilangkan jerawat di punggung, dan juga cara alami merawat wajah agar tetap awet muda. Selain aman dan ampuh, ternyata cara alami lebih banyak disukai dan dicari orang karena mudah untuk mendapatkan bahan-bahan nya.

Baca Juga : Membuat Deodoran Dari Bahan Alami

Ada beberapa penyebab munculnya komedo, antara lain ;

  • Saat menjelang usia remaja terjadi perubahan hormon
  • Faktor keturunan (genetik)
  • Penggunaan kosmetik yang salah
  • Kondisi cuaca lingkungan
  • Efek samping penggunaan obat

Ok, langsung saja ya sahabat fispol, ini dia beberapa masker alami yang mudah kamu dapatkan untuk menghilangkan komedo ;

1. Masker Putih Telur

Membuat masker dari putih telur merupakan cara alami yang paling gampang. Selain menghilangkan komedo, masker putih telur juga dapat menghilangkan jerawat sekaligus. Untuk membuat masker wajah dari putih telur, usahakan menggunakan telur ayam kampung. Caranya juga cukup gampang, kamu pisahkan putih telur dengan kuning telur lalu kocok putih telur hingga mengembang.

Setelah putih telur mengembang, oleskan pada bagian wajah yang ada komedo atau jerawat. Setelah itu diamkan beberapa menit hingga mengering dan muka kamu terasa kaku. Kemudian bersihkan kembali wajah kamu menggunakan air hangat.

”Sebelum menggunakan masker apapun untuk wajah, sebaiknya kamu mencuci wajah dengan air bersih terlebih dahulu”

2. Masker Madu + Kayu Manis

Madu dan kayu manis mengandung protein yang sangat baik untuk meregenerasi kulit mati. Antibiotik yang terdapat pada madu dan kayu manis juga berfungsi membunuh bakteri yang terdapat pada kulit wajah. Untuk membuat masker alami dari madu dan kayu manis, siapkan bahan-bahan berikut ;

  • 3 sdm madu
  • 1 sdm bubuk kayu manis

Campurkan kedua bahan diatas ke dalam satu tempat, pastikan tercampur secara merata. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang ada komedo atau jerawat dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Biasakan untuk mencuci wajah dengan air hangat setelah menggunakan masker.

Baca Juga : Cara Membuat Lulur Kopi Serta Manfaatnya

3. Masker Kulit Jeruk

Kulit jeruk sangat kaya akan asam hidroxi yang sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Untuk membuat masker dari kulit jeruk yaitu keringkan kulit jeruk dibawah sinar matahari kemudian haluskan setelah kering. Setelah halus dan membentuk bubuk, campurkan sedikit air hingga terbentuk seperti pasta lalu oleskan pada bagian wajah yang ada komedo. Diamkan selama 5 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

4. Masker Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai bahan dalam pembuatan kue, tapi dibalik itu baking soda juga dapat dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Untuk membuat masker dari baking soda, campurkan sedikit air hingga membentuk seperti pasta, kemudian oleskan pada wajah yang ada komedo. Penggunaan baking soda sebagai masker wajah tidak boleh terlalu lama, gunakan selama 3 sampai 4 menit saja, karena baking soda membuat kulit wajah kering.

Itu dia beberapa cara alami menghilangkan komedo dengan membuat masker dari bahan-bahan alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Saran lainnya