Cara Menjaga Kesehatan Jantung Supaya Terhindar dari Resiko Jantung Koroner


Penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan di dunia saat ini. World Health Organization (WHO) memperkirakan jumlah kematian akibat penyakit ini mencapai 7,4 juta orang  pada tahun 2012. Jumlah itu adalah sekitar 13,2 persen dari total kematian. Seluruh dunia kini terus mengusahakan supaya angka kematian akibat penyakit jantung koroner dapat ditekan.

Banyak hal yang bisa mempengaruhi munculnya penyakit ini, mulai dari pola hidup yang tidak sehat, kebiasaan buruk, serta kondisi lingkungan. Pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah reski-resiko jantung koroner yakni dengan memiliki gaya hidup sehat serta dengan bantuan obat-obatan. Beberapa resiko yang bisa Anda kendalikan misalnya kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan serta obesitas. Hanya faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, gen yang tidak bisa dikendalikan.

Cara mencegah penyakit jantung koroner

Untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner, cobalah untuk mengendalikan seluruh faktor resiko yang Anda bisa. Untungnya perubahan gaya hidup yang baik dapat memberikan pengaruh signifikan pada pencegahan penyakit jantung. Gaya hidup yang sehat sangat ampuh untuk menekan resiko penyakit jantung yang bisa muncul. Contohnya aktivitas fisik Anda mampu menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengendalikan diabetes dan prediabetes, mengurangi stres, serta berperan mengendalikan berat badan Anda.

Mencegah penyakit jantung dengan gaya hidup sehat

Usaha terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah resiko penyakit jantung koroner (PJK) adalah menjalankan pola hidup sehat. Apabila Anda telah mengidap PJK, pola hidup yang sehat dapat melindungi jantung Anda dan mencegahnya bertambah parah. Pola hidup yang sehat untuk jantung yang sehat meliputi:

  1. Konsumsi makanan yang sehat untuk jantung
  2. Menjaga berat badan yang sehat
  3. Mengurangi stres
  4. Melakukan aktivitas fisik yang teratur
  5. Berhenti merokok
  6. Menghidari polusi (terlebih asap rokok)

Kebanyakan pola hidup sehat mulai diajarkan dan dibiasakan sejak kecil. Dengan begitu orang tua dan keluarga bisa mengedukasikan pola hidup yang baik untuk jantung yang sehat bagi anak mereka. Jadikanlah pola hidup yang sehat sebagai kebiasaan keluarga. Dibanding melakukan perubahan pola hidup secara individual, merubah pola hidup satu keluarga pasti lebih mudah dan efektif untuk mencegah resiko penyakit jantung koroner.

Konsumsi obat-obatan

Terkadang pola hidup yang sehat tidak cukup untuk mengendalikan pemicu penyakit jantung Anda, menurunkan kolesterol darah misalnya. Anda mungkin perlu mengonsumsi obat statin untuk mengendalikan serta menurunkan kadar gula darah Anda. Dengan menurunkan kadar kolesterol Anda, Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung atau stroke. Umumnya dokter akan memberikan resep obat-obatan statin untuk penderita:

  • Penyakit jantung koroner
  • Penyakit arteri perifer
  • Diabetes
  • Kolesterol tinggi

Dokter akan mendiskusikan tahap pengobatan statin awal serta memberi pemahaman kepada para penderita penyakit jantung koroner atau stroke beresiko tinggi.

Beberapa resep yang mungkin disarankan oleh dokter kepada Anda, yang berfungsi untuk:

  • Memperkecil kemungkinan terserang serangan jantung secara tiba-tiba
  • Menurunkan tekanan darah Anda
  • Mencegah pengumpalan darah yang dapat berakibat serangan jantung atau stroke
  • Mencegah tindakan operasi
  • Mengurangi tingkat kerja jantung untuk mencegah resiko penyakit jantung koroner

Beberapa hal di atas dapat Anda terapkan bagi Anda dan keluarga. Apabila dilakukan dengan benar dan mengikuti petunjuk dokter sebagai ahlinya, kemungkinan terserang penyakit jantung koroner akan semakin kecil.

 


Saran lainnya