Ini Dia Cara Membuat Lulur Kopi Serta Manfaatnya


Lulur Kopi, Fispol.com – Tentunya kita semua mengenal yang namanya kopi, tidak hanya nikmat diminum pada saat santai, kopi ternyata bisa dijadikan sebagai lulur loh. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di negara Korea, menjelaskan bahwa kandungan yang terdapat dalam kopi yakni asam caffeic, ternyata dapat mempercepat proses penyembuhanan luka pada kulit.

Selain membantu proses penyembuhan luka pada kulit, kopi dikenal sangat bermanfaat untuk perawatan kulit atau mempercantik kulit para wanita. Kopi sering dijadikan sebagai lulur untuk mempercantik kulit karena kopi mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit tubuh.

Wanita memang sangat identik dalam perawatan kulit, berbagai cara dilakukan untuk merawat kulit seperti melakukan cara alami merawat kulit wajah. Tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan kulit yang kencang, cerah, dan tetap awet muda. Menggunakan lulur kopi juga salah satu cara alami mengatasi masalah kulit kering dan kusam.

Kalau kita berbicara mengenai lulur, sebenarnya lulur sudah dari dulu dilakukan oleh wanita sebagai salah satu cara mempercantik diri. Zaman sekarang mungkin hanya sedikit yang menggunakan lulur dari bahan alami seperti kopi, padahal bahan alami tentunya lebih baik dari bahan yang praktis yang mungkin mengandung zat berbahaya bagi kulit.

Membuat lulur kopi memang membutuhkan sedikit waktu kamu karena tidak sepraktis yang biasa kamu beli di toko kosmetik. Tapi menggunakan lulur kopi merupakan cara alami untuk memutihkan kulit tubuh dalam waktu yang sangat singkat. Berikut beberapa jenis lulur kopi yang bisa kamu variasikan dengan bahan alami lainnya ;

Lulur Kopi + Garam
Garam selain terkenal sebagai bumbu dapur yang menyedapkan masakan, ternyata garam juga dapat menghilangkan komedo pada bagian kulit wajah loh. Apalagi jika dipadukan dengan kopi menjadi sebuah lulur yang sangat ampuh untuk perawatan kulit. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan ;

  • 2 cangkir kopi
  • 1/2 cangkir garam laut
  • 1 sendok teh minyak pijat

Campurkan ketiga bahan tersebut diatas kedalam satu tempat, pastikan semua tercampur dengan rata. Basahi terlebih dahulu kulit yang akan kamu lulur, kemudian gosokkan ke kulit dengan bentuk melingkar. Biarkan selama beberapa menit hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan kembali pelembab yang biasa kamu pakai.

Lulur Kopi + Gula
Berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan ;

  • 1/2 cangkir gula putih
  • 1/2 cangkir gula merah
  • 6 sendok makan bubuk kopi
  • 4 sendok teh minyak zaitun
  • 4 sendok teh madu
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 kapsul vitamin E
  • 8 sendokteh minyak almond
  • 8 sendok teh minyak pohon teh
  • kayu manis sedikit saja

Pertama campurkan gula merah, gula putih dan bubuk kopi dalam satu tempat, kemudian aduk sampai merata. Kemudian masukkan minyak almond, minyak pohon teh dan minyak zaitun, aduk lagi sampai tercampur rata. Terakhir masukkan ekstrak vanila, madu, minyak vitamin E, dan kayu manis dan aduk sampai merata. Untuk menggunakan lulur ini sebaiknya kamu mandi pakai air hangat terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa Manfaat Lulur Kopi

Kopi mengeluarkan aroma alami yang khas yang dapat menenangkan pikiran (membuat kita lebih rileks). Jika kopi digunakan untuk luluran juga dapat memperkecil pori-pori kulit serta mencegah penuaan dini pada kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan kencang.

Kafein yang ada dalam kopi juga bisa menjadi antioksidan alami yang dapat berfungsi melawan penyakit kanker dan juga penyakit jantung. Penggunaan lulur kopi secara teratur juga dapat mempercepat proses pengelupasan kulit mati sehingga kulit terasa segar dan cerah.

Manfaat lulur kopi lainnya adalah dapat menghilangkan bau badan. Selain lulur kopi, kamu juga bisa mencoba membuat deodoran alami untuk menghilangkan bau badan. Kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat mencegah timbulnya varises dan juga selulit karena dapat melancarkan aliran darah pada kulit.

itulah cara membuat lulur kopi serta beberapa manfaatnya untuk kesehatan kulit tubuh. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sahabat fispol.


Saran lainnya