Ini Dia Kekurangan Dan Kelebihan Bisnis Online


Dalam setiap bisnis pasti memiliki kekurangan dan juga kelebihan, untung ataupun rugi. Begitu juga yang di alami oleh beberapa pebisnis online, ada yang berkembang pesat dan tidak sedikit juga yang gagal dalam menjalankan bisnis online. Menjalankan bisnis online merupakan salah satu rahasia sukses di usia muda, oleh karena itu ada banyak sekali anak-anak muda yang tertarik dengan bisnis online.

Berbagai macam jenis bisnis online yang ada di Indonesia sekarang ini, salah satunya yang paling diminati masyarakat adalah  bisnis online yang menggunakan modal kecil tapi untung besar, atau bisnis online yang paling menjanjikan. Semua bisnis online sebenarnya sangat menguntungkan dan menjanjikan asal kita menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga : 4 peluang Usaha Menuju Sukses

Tidak hanya itu saja, penting sekali bagi kita agar kita mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dalam menjalankan bisnis online. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan bisnis online, maka kita akan lebih mudah untuk menjalankan atau setidaknya meminimalisir terjadinya kegagalan.

Kekurangan Bisnis Online

Ada dua poin yang menjadi kekurangan atau masalah dalam menjalankan bisnis online, yakni ;

1. Susah Mendapatkan Pelanggan
Untuk memulai bisnis online memang tidak mudah, perlu strategi yang jitu. Seperti yang banyak dilakukan orang berjualan online, tidak mudah untuk mendapatkan calon pelanggan apalagi jika web toko online atau halaman facebook toko online masih sepi pengunjung atau like masih sedikit.

Oleh karena itu kita mesti rajin memperkenalkan toko online dan berbagai produk yang akan kita jual terlebih dahulu, baik itu di web maupun di halaman facebook. Untuk mendapatkan like atau pengunjung yang banyak dalam waktu yang singkat, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan jasa iklan, baik itu iklan di google adword atau iklan di facebook.

2. Sulit Membangun Kepercayaan Pelanggan
Setelah mendapatkan banyak pengunjung, bukan berarti bisnis online bisa cepat berkembang dengan sendirinya. Membangun kepercayaan pelanggan merupakan hal yang sangat penting, karena jika pelanggan kecewa sekali saja, maka pelanggan tersebut tidak akan kembali. Apalagi sekarang ini ada banyak sekali bisnis online penipuan, maka dari itu lumayan sulit untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Ada beberapa tips atau solusi untuk membangun kepercayaan pelanggan, yakni ;

  • Kita harus jujur dalam menyampaikan informasi detail produk.
  • Gunakan transaksi rekening bersama untuk kenyamanan pelanggan.
  • Sediakan sistem pembayaran COD agar pelanggan lebih percaya.
  • Berikan testimoni yang jujur dan menarik, kalau ada bukti transaksi sebelumnya juga boleh di posting untuk menambah kepercayaan pelanggan.

Kelebihan Bisnis Online

Seperti yang saya katakan diatas tadi bahwa bisnis online memang sangat menjanjikan jika kita menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Dengan mengetahui kedua kekurangan bisnis online diatas, maka kita akan lebih mudah untuk menjalankan bisnis online. Berikut beberapa kelebihan bisnis online ;

1. Jumlah Pelanggan Tidak Terbatas
Bisnis online berarti kita menggunakan internet untuk berinteraksi dengan pelanggan. Pengguna internet akan semakin bertambah dan begitu juga dengan pelanggan. Kita mampu menjangkau banyak pelanggan bahkan di seluruh pelosok Indonesia hanya dengan menggunakan internet.

Baca Juga : Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

2. Keuntungan Yang Tidak Terbatas
Semakin banyak pelanggan yang percaya dengan toko online kamu maka keuntungan yang kamu dapatkan juga akan semakin tidak terbatas. Dalam hal ini perlu untuk memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan serta menjaga kepercayaan pelanggan.

3. Tidak Perlu Buka Fisik Toko
Inilah kelebihan lain dari bisnis online, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membangun fisik toko atau menyewa tempat. Bisnis online bisa dijalankan dirumah tanpa perlu buka toko.

4. Bisa Dijalankan Dimana Saja
Bisnis online akan tetap bisa kamu jalankan meskipun kamu sedang keluar kota atau liburan. Jika kamu pindah rumah atau pindah kontrakan juga tetap bisa melanjutkan bisnis online, selagi kamu bisa melakukan proses pengiriman barang.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dalam menjalankan bisnis online. Kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis online adalah dengan membangun kepercayaan pelanggan dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat.


Saran lainnya