Apa itu kartu kredit, debit, dan ATM: Perbedaan Sistem Penggunaannya


Mengenal apa itu kartu kredit ( credit card ) beserta perbandingan dan perbedaannya dengan kartu pembayaran lain seperti kartu debit atau kartu ATM. terkutip dari wikipedia, bahwa “kartu jenis kredit memiliki perbedaan yang jelas jika dibandingkan dengan kartu pembayaran tipe debit, adapun yang membedakan kartu kredit adalah penerbit credit card meminjamkan seseorang (pemegang kartu kredit) sejumlah nominal uang sedangkan pada kartu debit, nasabah dari suatu bank melakukan pembayaran dengan saldo rekening bank mereka.

Kartu Kredit - Debit - ATM
Apa itu Kartu Kredit – Debit – ATM

Beberapa dari pembaca mungkin saja telah memiliki alat pembayaran yang kita sebut sebagai Kartu Kredit atau kartu debit ini atau mungkin masih belum memilikinya sehingga perlu menggali informasi mengenai apa itu kartu kredit dan kartu debit?

Nah, pada tulisan ini kita akan mencoba menelaah lebih dalam tentang apa itu kartu kredit, kartu debit dan ATM lebih lanjut dengan tujuan agar kita dapat memahami pengertian pada masing-masing setiap jenis kartu pembayaran tersebut.Disini kita juga akan memberikan sedikit informasi mengenai sistem dari kartu kredit, debit dan atm ini, yang berupa sistem penggunaan diberbagai kondisi dan kemudahan masing-masing kartu pembayaran, baik kredit, debit atau ATM.


Apa itu Kartu Kredit?

Kartu kredit atau dalam bahasa inggrisnya disebut sebagai credit card adalah salah satu jenis kartu pembayaran. Adapun Sistem dari kartu kredit sebagai pembayaran merupakan penyelesaian transaksi ritel dengan sistem peng-kreditan.

Ingin punya kartu kredit tapi tidah tahu cara membuatnya? pelajari cara membuat kartu kredit bank.

Kartu kredit
Bentuk dan Ukuran Kartu kredit

Pada umumnya, bentuk fisik dari kartu kredit tidak jauh berbeda dari kartu atm ataupun debit, dibuat dari bahan plastik yang kemudian “kartu kredit” tersebut diterbitkan kepada konsumen (pemegang kartu kerdit) tersebut. “Standar ISO 7810” adalah spesifikasi dari bentuk kartu kredit: dengan bentuk dan ukuran yang sama.

Berbagai pengertian kartu kredit:

Secara sederhana dapat dijelaskan tentang bagaimana cara kerja dari kartu kredit adalah penerbit kartu kredit (misalnya: Bank) meminjamkan sejumlah uang dengan batasan nominal terntentu lalu kemudian pemegang kartu tersebut menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksinya.

Kartu kredit adalah jenis kartu pembayaran khusus dimana diterbitkan oleh perusahaan keuangan dengan fungsi sebagai kartu pengeluaran kemudian nominal akan dibayar selanjutnya. Perusahaan keuangan akan memberikan rekening bulanan kepada nasabah mereka untuk bisa dibayar secara internasional, atau untuk langsung dipotong dari rekening bank seorang nasabah yang masih aktif dan valid.

Pengertian lainnya menyebutkan bahwa kartu kredit dikeluarkan oleh pihak bank dan sejenisnya untuk memungkinkan pembawanya ( pemegang kartu kredit ) berbelanja produk yang dibutuhkannya secara hutang.

Dari berbagai pengertian mengenai apa itu kartu kredit diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kartu kredit ( credit card ) merupakan sebuah alat pembayaran dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh perusahaan keuangan (Bank) kepada nasabah mereka. Kartu tersebut kemudian dapat digunakan untuk membeli produk-produk dengan metode pembayaran kartu kredit.

Oh ya ada banyak bank yang saat ini menerbitkan kartu kredit bagi nasabahnya, beberapa diantaranya adalah, Bank BCA, Bank BNI, Kartu Kredit Mandiri, Bank BRI, Bank Danamon dan masih banyak lagi bank lainnya.

Belum punya kartu kredit dari bank BCA? pelajari cara dan syarat mengajukan atau apply kredit bca.


Apa Itu Kartu Debit?

Sekarang adalah kartu debit, apa itu kartu jenis debit? apakah berbeda dengan kartu kredit seperti dijelas diatas. Nah, secara fisik, bentuk dan ukuran dari kartu jenis debit card adalah sama dengan kartu atm maupun kartu kredit, sedangkan yang berbeda hanya pada sistem pembayaran maupun fungsi kegunaannya.

Kartu Debit
Bentuk dan Ukuran Kartu Debit

Dengan pengertian sederhana dapat kita jelaskan bahwa Jenis Kartu pembayaran Debit (Debit Card) merupakan kartu pembayaran secara elektronik, dimana semuanya diterbitkan oleh Bank dari nasabah yang pemilik kartu debit. Kartu ini kemudian akan digunakan sebagai alat pembayaran atau pengganti pembayaran tanpa perlu menngunakan uang tunai lagi.

Dibeberapa bank lokal seperti diindonesia, misalnya bank bri, bni, mandiri dan bca, saat Anda membuat rekening akan otomatis menciptakan kartu atm dengan fungsi debit. Hanya saja dengan catatan beberapa bank perlu opsi khusus agar kartu debit online dapat berfungsi, dan ini adalah pilihan optional. Hal tersebut akan diatur sesuai dengan ketentuan dari bank penerbit kartu debit.

Dapat kita simpulkan bahwa kertu debit merupakan jenis kartu pembayaran yang dapat difungsikan secara elektronik, diterbitkan oleh bank kepada nasabah mereka. Meski kartu kredit dan debit sama-sama diterbitkan oleh bank namun dengan sistem pembayaran terpusat pada ketersedian saldo tabungan anda pada bank dimana menerbitkan kartu debit ini.


Apa itu Kartu ATM?

Baiklah, setelah anda memahami tentang apa itu kartu kredit serta debit, lalu bagaimana dengan kartu ATM? Apakah ATM ini berbeda dengan kartu kredit dan kartu debit? Sebab saya yakin ini pasti sangat membingungkan untuk membedakan jenis-jenis kartu pembayaran tersebut. Dimana memiliki ukuran dan bentuk yang hampir sama persis.

Secara umum dapat kita sebutkan disini bahwa pengertian dari Kartu ATM merupakan sebuah kartu elektronik dari bank dan diterbitkan kepada nasabah bank tersebut terkait pelayanan elektronik dengan fungsi misalnya: Informasi saldo, menarik sejumlah uang dari tabungan, mengambil uang tunai melaui mesin atm, melakukan transfer dana secara elektronik ke nomor rekening lain.

Kartu ATM
Jenis Kartu ATM dari Berbagai Bank di Indonesia

Apakah Kartu Debit sama dengan kartu ATM? Jawab: YA, Kartu Atm adalah Kartu jenis Debit.

Apakah Kartu kredit sama dengan Kartu ATM? jawab: Tidak sama, Fisik sama, namun fungsi dan sitem penggunaan berbeda.

Pertanyaanya adalah: apa perbedaan kartu debit dibandingkan kartu ATM? Yang menjadi perbedaan antara kedua jenis ini adalah terkait cara penggunaannya. Misalnya, saat Anda menggunakan kartu untuk bertransaksi melalui mesin ATM (auto teller mechine), Jadi kita sebut ini sebagai Kartu ATM, Sedangkan saat Anda bertranksaksi dan melakukan pembayaran dari pembelanjaan dengan metode non-tunai (transaksi elektronik), ini kemudian kita sebut sebagai metode pembayaran dengan kartu debit, atau bisa juga dengan kartu kredit.


Perbedaan Kartu kredit, debit dan ATM

Apa yang sama dari kartu kredit, debit, dan ATM?

Sebelum kita mengetahui apa perbedaan, mari simak apa saja persamaan dari ketiga jenis kartu pembayaran ini:

  1. Memilik persamaan pada bentuk dan ukuran: Kartu kredit, debit maupun atm memiliki bentuk dan ukuran yang sama dimana berpatokan pada Standar ISO 7810.
  2. Baik itu kartu kredit, kartu debit maupun kartu ATM sama-sama merupakan Kartu pembayaran yang diterbitkan oleh bank kepada nasabahnya.
  3. Kartu debit, kredit dan ATM adalah menggunakan transaksi elektronik dalam penerapannya. Bisa digunakan untuk membeli produk-produk online tergantung pada fitur yang tersedia pada bank penerbit kartu pembayaran tersebut.

Perbedaannya adalah:

Setelah mengetahui persamaan, saatnya memahami berbagai perbedaan antara kartu kredit, Debit dan kartu ATM.

  • Secara defenisi dan pengertian, dapat dibedakan: Kartu kredit hanya mendukung fitur transaksi non-tunai dengan sistem cicilan sedangkan kartu atm/debit merupakan jenis kartu tarikan tunai  dengan sistem tabungan/deposit (prabayar).
  • Perbedaan secara mekanismenya: Syarat untuk membuat Kartu kredit tidak mengwajibkan nasabah untuk memiliki rekening tabungan di bank penerbit, sedangkan kartu atm/debit merupakan sebuah kartu yang diterbitkan oleh bank kepada nasabah yang membuka rekening baru mereka, dengan arti lain bahwa untuk memiliki katu debit, setiap nasabah wajib untuk memiliki rekening aktif pada bank bersangkutan.
  • Dari manfaat yang ditawarkan, perbedaannya adalah:
    • Kartu kredit memberikan kemampuan kepada pemilik kartu untuk membeli produk-produk meskipun tidak memiliki jumlah uang yang mencukupi karna pembayaran dapat dicicil  / dibayar dibelakang. Sedangkan untuk jenis kartu ATM/debit, pemilik kartu hanya bisa berbelanja atau membeli produk pada batas saldo yang tersedia pada tabungan. Oleh sebab inilah kartu debit sering disebut sebagai rekening berjalan.
    • Kartu kredit selain kemampuannya untuk fasilitas cicilan akan mengwajibkan Nasabah mereka membayar tagihan bulanan yang disebut sebagai hutang (kredit). Sedangakan kartu debit akan bebas dari tagihan tersebut karena semua pembayaran telah diselesaikan dimuka.
  •  Perbedaan kartu debit dan kartu kredit terkait kekurangannya dan kelebihannya:
    • Kartu kredit berbunga saat melakukan transaksi ⇔ Sedangakan kartu debit tidak berbunga
    • Nasabah kartu kredit perlu terjadwal untuk tagihan bulanan ⇔  Kartu debit tidak ditagih lagi
    • Kartu debit tidak bisa membelanjakan melebihi saldo rekening  ⇔ Sedangkan kartu kredit bisa, karna pembayaran dicicil.
  • Perbedaan pada batas pengeluaran kartu kredit/debit: tergantung dari jenis kartu kredit yang dimiliki akan memiliki batasan maximal pengeluaran yang dapat dibelanjakan  ⇔ sedangkan untuk jenis kartu debit, yang menjadi batas adalah saldo yang tersedia pada rekening tabungan. Jadi selama saldo tersedia, maka bisa terus berbelanja.

Kartu yang Mana terbaik untuk Anda ? nah mengenai mana jenis kartu pembayaran terbaik maka antara kartu kredit maupun kartu debit memiliki kelebihan dan kekurangan sebagaimana dijelaskan diatas. Semua akan tergantung pada pilihan anda dan tentunya disesuaikan berdasarkan kebutuhan serta kemampuan pendanaan anda. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum untuk memilih jenis kartu pembayaran elektronik adalah: Kemudahan, manajemen keuangan, dan juga keamanan. Sepertinya kedua jenis kartu diatas, baik itu kartu kredit maupun jenis kartu debit (ATM) adalah pilihan tebaik untuk digunakan dalam bertransaksi elektonik.

Demikianlah beberapa informasi tentang kartu pembayaran elektronik berupa kartu kredit, kartu debit serta ATM. Semoga dengan penjelasan ini dapat memberikan anda pemahaman dan pengertian lebih lagi mengenai pertanyaan anda selama ini. Pada tulisan berikutnya, kami akan mencoba mengupas lebih dalam lagi tentang berbagai macam dan jenis kartu kredit di Indonesia dan secara internasional. semoga bermanfaat.


Saran lainnya