Membuat Deodoran Sendiri Dari Bahan Alami


Salah satu masalah atau gangguan kesehatan tubuh manusia adalah bau badan. Bau badan bisa membuat kita tidak percaya diri dan juga bisa mengganggu orang lain yang ada disekeliling kita. Bau badan timbul karena keringat yang lama menempel pada kulit, sehingga bakteri dengan cepat berkembang biak dan menyebabkan bau badan.

Setiap orang mempunyai kelenjar keringat, dan bagian tubuh yang paling banyak memproduksi keringat adalah pada bagian ketiak. Tidak semua keringat manusia mengeluarkan bau yang tidak sedap, ada juga yang hanya sekedar bau asem. Tetapi ada juga yang baunya sangat menyengat, nah itu dia yang perlu diatasi agar selalu tampil percaya diri di tengah orang banyak.

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Cabai Pada Kesehatan

Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengatasi bau badan, yaitu dengan menggunakan berbagai jenis deodoran. Ada banyak merek deodoran yang di jual di minimarket, supermarket, atau di toko obat, namun terbatas untuk deodoran bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia. Kebanyakan orang memilih deodoran yang dikemas praktis, tapi gak ada salahnya jika sahabat fispol untuk mencoba deodoran dari bahan alami.

Mungkin agak susah untuk mendapatkan deodoran dari bahan alami di minimarket, namun kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana cara membuat sendiri deodoran dari bahan alami. Dalam membuat deodoran alami memang membutuhkan waktu, tapi jangan khawatir karena khasiatnya tidak kalah dengan doedoran yang di jual di minimarket. Deodoran alami justru tidak menimbulkan efek samping apapun karena tidak mengandung bahan kimia.

Baca Juga : Bahaya Alkohol Untuk Ibu Hamil

Membuat Deodoran Dari Bahan Alami

Untuk membuat deodoran alami, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan ;

  1. 2 sendok teh shea butter
  2. 3 sendok teh minyak kelapa murni
  3. 2 sendok teh tepung ararut
  4. 3 sendok teh soda kue
  5. 2 tetes minyak asiri (untuk pewangi)

Selain bahan diatas, kamu juga perlu menyiapkan panci dan tempat menyimpan hasilnya nanti (bisa menggunakan tempat bekas minyak rambut). Masukkan shea butter dan minyak kelapa murni diatas panci, kemudian panaskan dengan menggunakan api kecil. Aduk secara perlahan dan sesering mungkin dan pastikan kedua bahan tersebut tercampur secara merata.

Setelah tercampur secara merata, matikan apinya kemudian masukkan soda kue dan tepung ararut secara bersamaan. Dalam proses memasukkan soda kue dan tepung ararut perlu kecepatan tangan untuk segera mengaduk sampai rata, karena akan cepat mengeras jika tidak cepat mengaduknya.

Baca Juga : Cara Diet Yang Benar dan Ampuh

Setelah semua bahan tercampur dengan rata, tinggal tambahkan satu atau dua tetes minyak asiri. Penggunaan minyak asiri sebenarnya tidak harus karena hanya berfungsi untuk membuat deodoran wangi. Tapi jika ingin deodoran alami hasil buatan kamu wangi, tambahkan sedikit saja dan paling banyak dua tetes saja. Jika terlalu banyak menggunakan minyak asiri, deodoran alami akan memiliki aroma yang terlalu tajam.

”Untuk memutuskan menambahkan minyak asiri, sebaiknya tes dulu dengan cara mengoleskan sedikit saja pada kulit ketiak kamu, karena minyak asiri dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif”

Hal terakhir yang kamu lakukan setelah semua bahan tercampur dengan rata adalah dengan memasukkan ke dalam tempat yang sudah kamu sediakan. Usahakan tempat yang kamu gunakan untuk menyimpan deodoran alami kamu memiliki tutup. Kemudian diamkan hingga dingin dan menjadi padat.

Deodoran alami hasil buatan kamu sudah siap untuk digunakan. Cara menggunakannya juga sangat gampang yakni dengan mengoleskan ke ketiak sesuai kebutuhan dengan menggunakan jari kamu. Simpan deodoran alami kamu di tempat sejuk dan kering karena mudah meleleh jika terkena hawa panas.

Nah, itulah cara membuat deodoran dari bahan-bahan alami, selamat mencoba dan semoga percobaan kamu berhasil.


Saran lainnya