Mengenal Permainan Bowling, Teknik Dasar Untuk Pemula


Bowling merupakan salah satu jenis olahraga atau bisa juga disebut suatu permainan yang sangat seru, apalagi jika kita bermain bareng teman-teman jadi ada persaingan untuk mendapatkan poin atau angka tertinggi. Bowling dimainkan dengan cara menggelindingkan bola ke arah pin yang berjumlah 10 buah dengan menggunakan satu tangan saja. Bola bowling lumayan berat dan licin, jadi untuk pemula disarankan untuk memilih bola yang agak ringan dulu (bola bowling paling ringan 3 kg).

Di Indonesia sendiri sudah banyak tempat bermain bowling, dan salah satu tempat bermain bowling yang sering kita kunjungi sama teman-teman yakni tempat bowling di Surabaya yang ada di Kaza City mal. Kita semua bukan pemain bowling yang handal atau sudah profesional, tetapi karena permainan bowling ini merupakan salah satu olahraga kompetitif, jadi terasa seru.

Dalam bermain bowling dibutuhkan konsentrasi, kesabaran dan ketepatan dalam melempar bola. Bagi pemula seperti kita memang agak terasa kaku karena dalam melempar bola bowling dibutuhkan teknik yang tepat dalam memegang bolanya, ayunan tangan serta langkah kaki. Harus sering berlatih jika ingin cepat mahir.

Permainan bowling dalam satu line atau lintasan bisa dimainkan hingga maksimal 5 orang, tapi bukan berarti harus ada 5 orang. Bermain bowling berdua atau bertiga juga bisa, nanti akan ada pergantian nama secara otomatis di layar display. Disaat nama kamu yang muncul dilayar display berarti giliran kamu untuk melempar bola.

Baca Juga : Tempat Hiburan Malam di Surabaya

Setiap pemain memiliki kesempatan melempar bola sebanyak dua kali, kecuali jika lemparan pertama strike (semua pin berhasil jatuh) maka hanya melakukan satu kali lemparan saja. Dalam satu sesi game permainan bowling terdiri dari sepuluh frame dan setiap satu frame dilakukan secara bergantian atau sesuai giliran (nama pemain yang tertera dilayar display).

Setiap frame akan menampilkan dua kotak yang berarti memiliki kesempatan dua kali untuk melempar bola. Kecuali pada frame yang ke 10, kamu memiliki kesempatan tiga kali lemparan (jika lemparan kamu tidak strike). Skor tertinggi dalam setiap sesi permainan bowling adalah 300 (perfect game) dan itu biasanya hanya terjadi pada pemain yang sudah handal atau profesional.

Teknik Dasar Bermain Bowling

Untuk pemula, sebelum bermain harus mempelajari terlebih dahulu mengenai jalur bowling. Panjang jalur bowling adalah 18,288 meter dihitung mulai dari garis pelanggaran. Garis pelanggaran adalah batas langkah pemain dalam melempar bola, jika melewati garis pelanggaran maka secara otomatis tidak terhitung nilainya. Kedua sisi jalur masing-masing memiliki parit dan jika bola kamu masuk ke jalur parit, otomatis kamu tidak akan mengenai pin bowling.

Ada beberapa istilah dalam permainan bowling dan istilah-istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi yang sering main bowling. Tapi untuk pemula, kita harus mengetahui arti dari istilah-istilah tersebut agar mudah memahami peraturannya. Berikut beberapa istilah dalam permainan bowling ;

  • Strike, yang artinya kamu berhasil menjatuhkan semua pin pada lemparan pertama.
  • Spare, yang berarti kamu berhasil menjatuhkan semua pin pada lemparan kedua.
  • Split, artinya kamu menjatuhkan kepala pin tapi masih menyisakan beberapa pin lain.
  • Turkey, artinya kamu melakukan lemparan 3 kali strike secara berturut-turut.
  • Open Frame, artinya masih ada pin tersisa setelah habis giliran.

Baca Juga : Tempat Bermain Ice Skating di Surabaya

Selain dengan istilah-istilah diatas, perhitungan nilai juga lumayan rumit dalam bermain bowling. Memang bukan pemain sih yang menghitung nilai karna perhitungan nilai secara otomatis oleh komputer atau layar display yang telah tersedia. Tetapi sebagai pemain bowling tentunya harus mengerti sistem perhitungan nilai agar permainan semakin seru dan menantang.

Misalnya jika kamu mendapatkan spare, maka pada giliran lemparan berikutnya kamu akan mendapatkan tambahan 10 poin ditambahkan dengan jumlah pin yang kamu jatuhkan. Tapi jika kamu melakukan lemparan strike secara berturut-turut maka kamu akan memiliki dua giliran lagi. Dan jika kedua giliran terakhir kamu berhasil strike, maka kamu akan mendapatkan nilai paling perfect yaitu 300 poin (perfect game).

Jika kamu sudah memahami dasar-dasar dalam permainan bowling ini, maka kamu akan lebih semangat bermain dan permainan akan semakin seru. Intinya jika ingin mendapatkan nilai tertinggi maka harus sering latihan.


Saran lainnya