Cara Melamar Kerja, Interview Kerja Yang Baik Dan Benar


Tenaga kerja di Indonesia setiap tahun semakin meningkat, baik yang dari lulusan SMK ataupun lulusan sarjana. Persaingan para pencari kerja cukup ketat, oleh karena itu hanya yang berkompeten lah yang akan beruntung. Melamar pekerjaan dalam suatu perusahaan bukanlah perkara mudah apalagi buat mereka yang masih pemula (fresh graduate). Tidak sedikit perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan memberikan syarat harus berpengalaman di bidangnya. Hal ini lah yang terkadang membuat para fresh graduate tidak percaya diri untuk melamar pekerjaan tersebut.

Sebelum melamar suatu pekerjaan, ada hal-hal penting yang harus kamu lakukan :

1. Kamu harus tahu potensi dan kemampuan diri

Mengetahui potensi dan kemampuan diri yang kamu miliki tentu akan menambah rasa percaya diri kamu dalam melamar suatu pekerjaan. Hal ini sangat penting karena nantinya akan berkaitan dengan beban atau tanggung jawab yang akan kamu dapatkan dalam pekerjaan. Kamu akan lebih nyaman melakukan suatu pekerjaan apabila kemampuan diri dan tanggung jawab sejalan.

2. Mencari info lowongan kerja dengan teliti

Di zaman modern sekarang ini, banyak sekali info lowongan kerja palsu atau penipuan. Mereka bisa masuk dimana saja, baik itu iklan dan kebanyakan di sosial media seperti facebook atau twitter. Oleh karena itu carilah lowongan kerja melalui situs lowongan kerja yang resmi.

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan dalam mencari lowongan pekerjaan :

  • Usahakan posisi yang akan kamu lamar sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.
  • Perhatikan secara detail info tentang perusahaan pembuka lowongan kerja.
  • Perhatikan persyaratan dan kriteria yang diinginkan.

3. Menulis surat lamaran kerja

Setelah mendapatkan info lowongan kerja, langkah selanjutnya adalah menulis surat lamaran kerja. Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah salah satu point plus bagi para pelamar pekerjaan. Tapi ada hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja, antara lain ;

  • Surat lamaran kerja harus terkesan khusus untuk perusahaan yang kamu lamar.
  • Ditulis dengan singkat, faktual, rapi, dan bahasa yang jelas.
  • Maksimal satu halaman dan disertai dengan resume/C.V

Dalam membuat resume/C.V juga tidak perlu bertele-tele, cukup dengan singkat, jelas, dan berisi;

  • Pendidikan
  • Keahlian yang kamu miliki
  • Pengalaman bekerja (kecuali fresh graduate)
  • Aktivitas, seperti organisasi atau olahraga
  • Prestasi yang kamu raih

Tata cara yang baik dalam interview kerja

Dalam interview kerja biasanya ada 3 tahap antara lain ; tertulis, wawancara dan kesehatan. Tetapi tahap tersebut kadang tidak berurutan sesuai dengan keinginan dari pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja. Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat interview kerja ;

a. Penampilan
Ini point yang sangat penting karena orang bisa menilai kita dilihat dari penampilan. Penampilan yang saya maksud disini adalah seperti berpakaian yang rapi, wangi, dan tidak bau badan atau bau mulut. Penampilan untuk pria misalnya, Gunakanlah kemeja lengan panjang dengan warna yang kalem dan celana panjang warna hitam. Begitu juga dengan wanita, akan lebih bagus bila ditambah dengan memakai blezer, dandan sederhana tapi elegan serta tatanan rambut yang rapi

b. Body Language ( Bahasa tubuh )
Saat menghadapi interview kerja memang terkadang kita grogi dan tidak rileks, dan hal ini bisa berpengaruh pada body language kamu, baik saat berjalan, berdiri, ataupun duduk. Sikap berdiri yang baik adalah berdiri dengan badan tegap, kedua tangan disamping dengan sikap siaga. Usahakan pandangan lurus kedepan dan tidak ada gerakan seperti menggaruk atau menggoyang kaki. Begitu juga dengan posisi duduk yang baik, harus tetap duduk tegap dan jangan bersender pada bangku. Pandangan tetap fokus ke depan dan kedua tangan dibawah, jangan sampai tangan kamu diatas meja.

c. Menjawab pertanyaan dengan jelas
Dalam menjawab setiap pertanyaan, kamu harus rileks dan percaya diri. Usahakan jawaban kamu real dan tidak berbohong karena akan merugikan kamu juga nantinya.

d. Ajukan pertanyaan
Hal terakhir adalah mengajukan pertanyaan kepada petugas yang interview kamu. Hal ini sangat sepele dan jarang dilakukan oleh para pelamar kerja, padahal ini salah satu penilaian loh. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan pada akhir interview, itu menunjukkan bahwa kamu antusias terhadap pekerjaan atau perusahaan yang kamu lamar.

Itulah cara melamar kerja dan interview kerja yang baik, dan bagi yang mungkin sedang mencari pekerjaan, jangan lupa coba melamar kerjaan di situs lowongan pekerjaan terpercaya. semoga bermanfaat ya guys.


Saran lainnya