Contoh dan Cara Mengirim Email Lamaran Kerja


Contoh dan Cara Mengirim Email Lamaran Kerja – pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Cara membuat Email di Gmail dan Yahoo dan sekarang untuk melanjutkan kita juga akan menulis tentang bagaimana cara mengirim email serta contoh contoh email lamaran kerja, yang dapat dikirim ke perusahaan tujuan secara online.

Contoh Surat /Email Lamaran Kerja
Contoh Surat / Email Lamaran Kerja

Sebagai informasi nih, bahwa Surat Lamaran Kerja itu banyak jenisnya, Misalnya sebagai contoh: Dari segi medianya ada Surat lamaran kerja dengan cara tulisan tangan atau juga dengan tulisan elektronik menggunakan mesin komputer,

Baca Juga Anda Mencari Lowongan Kerja? Ini Situs Loker Online Gratis Terpercaya

Disaat sekarang ini (2017) perusahaan-perusahaan membuka lowongan kerja sudah ada yang menmberikan opsi kepada calon karyawan untuk membuat dan mengirim surat lamaran kerja mereka melalui email. Dengan cara ini perusahaan tidak perlu menyediakan banyak waktu dan tempat untuk perekrutan, selain itu metode ini juga akan membantu calon karyawan sehingga tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mendatangi perusahaan tempat melamar kerja.

Mempersiapkan Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar


Sebelum membuat dan mengirim lamaran kerja diperusahaan sebaiknya kita telah jauh jauh mempersipkan diri, Termasuk menyiapkan surat yang baik dan benar demi kesuksesan dan mendapatkan tanggapan prioritas dari perusaan penerima lamaran.

Karena pada umumnya perusahaan sangat teliti akan surat lamaran bahkan cover letter pun bisa jadi bagian penting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik dan benar. Berbagai tips di bawah akan membantu Anda:

  1. Surat Lamaran yang profesional – Jika rencana anda adalah akan mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Anda menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda. Selain itu perlu juga Anda membuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang. pastikan untuk menuliskan nama dan jabatan yang spesifik jika perlu. Secara khusus, untuk surat yang ditujukan pada seorang pria, jika Anda tidak mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Mr. Misalnya: Mr. basuki. Secara tidak lamgsung ini akan memberikan kesan individualisme.
  2. Surat lamaran yang Rapi dan Bersih – Sebisa mungkin maximalkan kerapian tulisan, gunakan program komputer terbaik untuk menulis surat lamaran kerja anda. Dengan demikian Anda dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah dibaca.
  3. Surat Lamaran yang Singkat dan Padat dan jelas
    usahakan untuk tidak membuang ruang dengan terlalu banyak bertele-tele. Tulislah surat lamaran Anda dengan singkat dan padat tapi jelas. Gunakan bahasa yang mudah. pakailah kata-kata yang umum digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca Anda dengan menggunakan kata-kata yang sulit.
  4. Teliti kembali Surat lamaran – Dengan membaca kembali seluruh tulisan Anda dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang digunakan sesuai. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,”Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan”.
  5. Persiapkan semua berkas lamaran kerja –  Catat bahwa saat melakukan Scan berkas usahakan ukuran file tidak terlalu besar, hal ini bertujuan agar saat mengupload file lamaran prosesnya tidak lama. Anda bisa melakukan pengaturan direkomendasikan pada software scanner untuk menentukan ukuran file hasil scan, atau apabila ukurannya masih besar bisa dikecilkan dengan menggunakan aplikasi di windows seperti Microsoft Office Picture Manager, Paint dan aplikasi lainnya jika ada.
  6. Pahami persyaratan perusahaan tujuan lamaran kerja – Biasanya beda setiap perusahaan akan memiliki persyaratan berbeda beda dimana terkadang tidak semua berkas lamaran pekerjaan diminta diperlukan pada aplikasi lowongan pekerjaan, mungkin hanya berkas utama saja yang harus dikirim via email seperti surat lamaran, ijazah dan CV. Untuk hal seperti ini Anda hanya perlu mengirim persyaratan sesuai yang diminta, semakin sedikit berkas yang diupload/unggah maka prosesnya juga semakin cepat karena tidak membutuhkan file yang berukuran besar. Namun bila perusahaan penerima lowongan pekerjaan tidak mensyaratkan ini Anda bisa mengupload semua berkas lamaran yang Anda miliki.

Diatas adalah hanya sebagian kecil tips menulis lamaran kerja yang baik dan benar yang dapat digunakan sebagai dasar kita melanjutkan aplikasi lamaran. sekarang jika telah siap kita akan melanjutkan artikel sesuai judul tentang contoh serta cara mengirim surat lamaran kerja via email.

Contoh Email Surat lamaran kerja

Contoh Email 1 :


Kepada : email_perusahaan@lowongankerja.com
Cc : –
Judul Email : Lamaran kerja Staf Administrasi

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang saya baca diwebsite porusahaan anda, bahwa “PT jaya Tunggal” membuka lowongan kerja untuk bagian  Staf Administrasi, maka yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Fispol Delau
Alamat : Jl. Mawar anggrek, kalideres 10023
Tempat, Tanggal Lahir : jakarta, 30 april 1992
Pendidikan terakhir : SMKN 1 Pohon Jati ( terlampir email )

Bertujuan untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama dengan email lamaran kerja ini, saya melampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk diwawancarai lebih lanjut. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

TTD

(Nama pengirim lamaran)

 

Contoh Email 2 :


Kepada : email_perusahaan@penerimalowongankerja.online
Cc : –
Judul Email : Operator Komputer

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang saya baca diwebsite porusahaan anda, bahwa “PT jaya Tunggal” membuka lowongan untuk bekerja di posisi staf bagian Komputer, maka, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Desy melamar kerja
Alamat Lengkap : Jl. Beo berkicau No.60, tanjung kelapa, Bandung
Tempat, Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 11 Desember 1991
Tendidikan : SMAN 1 Tasikmalaya
Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan pada posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Bersama dengan email lamaran kerja ini, saya melampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment/file lampiran.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan diwawancarai. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

TTD

(Nama Pencari kerja)

 

Cara Mengirim Email lamaran Kerja

Tidak ada proses yang begitu rumit dalam mengirim lamaran kerja via email karna caranya tentu sangat mudah, Syarat utama untuk bisa mengirim email lamaran kerja adalah telah memiliki alamat email yang akan kita gunakan untuk mengirim. Jika belum memiliki email, silahkan baca Cara membuat Email terlebih dahulu.

Pada tototial ini, kita akan menggunakan layanan email google mail sebagai provider email favorit untuk mengirim surat lamaran kerja. Dan sebagaimana dijelaskan sebelumnya harap anda telah mengetahui semua persyaratan dan juga lampiran yang dibutuhkan oleh perusahaan tujuan kerja.


  1. Masuk ke kotak email gmail di https://mail.google.com. Silahkan login dengan memasukkan nama pengguna dan sandi anda.
  2. Klik pada tombol “Tulis” atau Compose. Jika tidak berubah ada disebelah kanan atas dibawah addres bar.
  3. Akan muncul tab berbentuk mini pop up sebelah kanan bawah ( Gmail versi Desktop ) yang merupakan formulir untuk mengisi surat lamaran..
  4. Isi semua kolom tersedia, “Kepada” (to) adalah alamat email tujuan dan diisi dengan alamat email perusahaan tujuan melamar kerja. “Judul” isi dengan lamaran kerja sesuai bagian yang diinginkan.  Sedangkan kotak kosong yang luas adalah isi email, silahkan diisi dengan lamaran kerja anda.

    Contoh dan Cara Mengirim Email Lamaran Kerja
    Contoh dan Cara Mengirim Email Lamaran Kerja
  5. Perhatikan pada totrial no.4 digambar adalah cara untuk melampirkan berkas file yang telah anda siapkan sebelumnya, misalnya ktp, daftar riwayat hidup, dan file diperluakn lainnya.
  6. Perikasa kembali surat lamaran anda sebelum dikirimkan, muali dari tujuan email, judul, isi lamaran kerja anda hingga lampiran yang diperlukan. Jika semua sudah ok, maka klik pada tombol “kirim”.

Selamat lamaran kerja anda telah dikirim via email dan dapat dipastikan dibaca oleh perusahaan tujuan. Anda hanya perlu berdoa dan menunggu panggilan wawancara jika lamaran diterima perusahaan tujuan.

Mudah bukan ? Memang benar tidak ada yang begitu sulit untuk melakukannya, semoga artikel Contoh dan Cara Mengirim Email Lamaran Kerja ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasinya.


Saran lainnya