Cara mengatasi dan Mengobati Sakit perut pada Anak-anak


Kesehatan anak, fispol.com – Anak anda sering sakit perut? ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Pada umumnya, Jenis makanan dan minuman adalah penyebab ( baca juga: penyebab perut buncit besar ) utama perut anak menjadi sakit, atau bisa juga karna otot yang kram di sekitar perut dan stress psikologis anak tersebut. Oleh sebab itulah Ayah ataupun Ibu rumah tangga sebagai pengasuh inti sangat penting memiliki pengetahuan akan obat-obatan serta cara-cara menangani sakit perut pada anak. Adapun menurut Dokter ahli bagian kesehatan pada anak-anak menerangkan bahwa sakit pada perut sangatlah sering ditemukan pada anak-anak di usia 4-8 tahun (dibawah 12 tahun) dan sebagian lagi diatas 12 tahun.

Sakit Perut Anak
Sakit Perut Anak

Jadi jangan heran, karna sakit perut pada anak merupakan gejala yang tergolong sering terjadi pada usia mereka yang rentan diserang penyakit. Sama halnya dengan  dengan Jumlah anak yang mengeluhkan dan berobat ke dokter spesialis pun cukup banyak, walaupun sebenarnya sebagian besar dari sakit perut ini bukanlah masalah yang serius atau tergolong berbahaya.

Terkait dengan perut yang sakit : Rahasia Atasi Perut Kembung Anak dan Orang Dewasa dan Sakit Perut sebelah kanan

Meskipun demikian, ya tetap saja sebagai orang tua yang menyayangi anak-anak mereka, kesehatan anak adalah yang paling utama. Makanya pengetahuan akan obat dan cara menangani sakit perut sibuah hati akan sangat penting diketahui oleh si Ayah maupun Ibu.

Kali ini kita akan berbagai informasi tentang bagaimana cara mengobati berbagai keluhan sakit perut anak-anak anda, dengan cara berbeda berdasarkan rentang usia. Kita akan memberikan tips mengatasi perut yang sakit pada anak usia dibawah 12 tahun.

Obat Tradisional (alami)


Sebelum anda mengetahui cara mengobati, sebaiknya ketahui juga obat-obatan alami yang dipercaya ampuh sebagai obat tradisional mengatasi nyeri perut usia anak-anak anda:

  • Teh: Teh yang biasanya menjadi sahabat pagi hari kita ternyata dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut anak-anak, dengan cara melemaskan otot di yang tegang sehingga akan mengurangi kram pada dinding saluran pencernaan.
  • Makanan Tawar: Misalnya, pasta, nasi bubur, nasi putih, pasta, atau roti akan lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan anak-anak dyang kemudian akan mengembalikan fungsi pencernaan menjadi lebih optimal untuk menangani masalah pada perut si Anak.
  • Mengompres Perut: Dengan cara menghangatkan perut (kompres) dipercaya akan menjadi obat alamai sakit perut anak Anda. Hal tersebut disebabkan karena Suhu yang hangat akan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit perut, agar kemudian dapat menetralkan nyeri perut anak yang datang dari perut bagian dalamnya.
  • Jahe: Ya jahe, karena bahan ini mengandung gingerol, dimana merupakan antioksidan kuat yang dapat mengurangi jumlah dan efek jahat dari radikal bebas di dalam tubuh dan dipercaya akan meringankan sakit perut anak.

Cara Mengobati Sakit Perut Anak Usia Dibawah 12 tahun


  1. Istirahat anak – Berikan waktu anak Anda yang sedang sakit untuk beriistirahat saat sedang mengeluh sakit pada perut (jenis ringan). Mengapa harus beristirahat? sebab sakit perut ringan bisa segera reda hanya dalam waktu singkat, biasanya kurang dari 1 jam akan pulih.
  2. Perbanyak konsumsi Air Putih – Biarkan anak yang sakit untuk memperbanyak untuk meminum cairan, misalkan air putih, kaldu, atau jika perlu olahan buah yang dijus. Berikan Minumlah tersebut kepada anak yang mengeluh nyeri perut secara berkala dan pelan-pelan saja.
  3. Jangan menunda BAB anak –  Bila si Anak ingin buang air besar (BAB) maka segera ke toilet untuk dikeluarkan, jangan ditunda-tunda karna malah akan menjadi penyakit.

Nah bagaimana jika cara diatas belum manjur untuk mengobati perut anak kesayangan Anda, lanjutkan dengan metode penanganan berikut ini:

  1. Kurangi Porsi Makanan – Beri makan anak Anda dengan porsi lebih sedikit dari biasaanya, tapi secara teratur (3x sehari).
  2. Makanan ringan dan Jangan pedas –  Misalkan nasi putih, atau roti adalah jenis makanan yang baik saat anak Anda mengalami sakit perut. Sebisa mungkin untuk tidak memberikan makanan dengan rasa yang pedas, serta minuman yang mengandung kafein misalkan kopi atau karbonasi dan bersoda hingga 2x24jam setelah semua gejala sakit teratasi, sebab malah akan menambah gejala sakit pada Anak Anda.

Perlukah Obat-obatan Farmasi? Jangan memberikan anak obat-obatan tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, dan itu sangat tidak disarankan. Hal ini karena jenis obat-obatan pereda nyeri memang akan dapat menghilangkan rasa nyeri atau sakit pada anak Anda, tapi jika penyakit masih ada ini bisa menjadi lebih memburuk pada kesehatan si buah hati Anda.

Jika sakit perut anak berlanjut?…


Segera Hubungi dokter spesialis penyakit perut anak jika perlu, jika berbagai cara mengobati sakit perut pada anak di atas belum membuahkan hasil. Apalagi jika ternyata mengalami sakit perut berlanjut yang semakin parah.

Sebagai orangtua, sebaiknya kita lebih mencermati setiap keluhan anak beserta gejala yang muncul saat mereka sakit perut, selanjutnya penting untuk mencatat semua gejala yang muncul karena ini akan menjadi informasi berguna bagi dokter saat melakukan diganosis pada anak Anda dan membatu mengatasi sakit perutnya dengan cara dan resep obat yang tepat. Demikian tips kesehatan anda ini, semoga dapat membantu anda yang tengah mencari informasi tentang bagaimana menangani keluhan anak Anda yang sakit pada bagian perut.


Saran lainnya