Sakit Perut Sebelah kanan? Jangan Abaikan penyebabnya


Sakit Perut Sebelah kanan – Katanya Sakit perut dapat hilang sendiri, tapi meskipun demikian kita harus memahami apa kemungkinan penyebab yang menimbulkan nyeri perut tersebut untuk mencegah sesuatu yang lebih parah.

Ada banyak isu mengenai mengenai nyeri perut sebelah kanan atau kanan bawah atau kanan atas  ini. Isu populer dan berkembang yaitu orang yang menderita sakit perut sebelah kanan menderita penyakit usus buntu. Pertanyaanya adalah apakah kebenarannya dapat dibuktikan? Nah kali ini kita akan membahas lebih detail dengan mengungkap fakta tentang sakit perut sebelah kanan dan apa yang menjadi penyebab nyeri di perut sebelah kanan dengan tujuan agar pembaca bisa lebih mengerti bagaimana langkah untuk mengatasinya. Baca juga artikel sebelumnya tentang Penyebab Perut Buncit (Membesar) dan Mengobati Berbagai Sakit Perut dengan Obat dan Cara Alami.

Sakit Perut Sebelah Kanan
Sakit Perut Sebelah Kanan

Daerah perut adalah bagian tubuh yang memiliki organ berongga. dalam perut terdapat berbagai jenis organ yang terletak pada posisinya masing-masing, di bagian perut sebelah kanan tepatnya dibagian atas terdapat organ Hati, Kandung Empedu, Ginjal, Usus kecil dan juga Usus Besar, sedangkan pada perut sebelah kanan di bagian bawah terdapat Usus Besar, Usus Buntu atau Appendix, Saluran kencing, dan khusus pada wanita terdapat Saluran Indung Telur.

Terkait dengan Sakit Perut Sebalah kanan:

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan (Atas/Bawah)

Pertama perhatikan bagian perut atas atau yang perut bawah, bila yang nyeri bagian atas, kemungkinan yang mengalami gangguan adalah organ-organ tubuh yang terletak pada bagian kanan atas, diantara berbagai organ tadi, yang paling sering terjadi gangguan pada sebelah kanan atas adalah Gangguan Hati, Radang pada kandung empedu akibat adanya batu, serta kadang-kadang bisa terjadi radang usus kecil. Tetapi kalau tempat nyeri berada agak ditengah dan rasa nyerinya sampai menembus kebelakang, bisa-bisa organ ginjal yang lagi mengalami masalah.

lain halnya bila sakit diarasakan di sebelah kanan bawah, penyebab yang paling sering adalah radang dari usus buntu atau Appendicitis, kemudian penyebab lain yang cukup sering adalah infeksi saluran kencing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung telur.

Beda halnya dengan cara mengecilkan perut buncit, ketika Mendiagnosis sakit perut, terkadang memang tidak mudah karena berbagai alasan yang berhubungan dengan rasa sakit seperti itu. Radang otot adalah satu pemicu yang diabaikan atau infeksi pada salah satu organ yang ada di rongga perut. Ini juga dapat menjadi penyakit utama atau penyakit yang memiliki implikasi mengancam kehidupan. Sebab itu penting untuk mendapatkan diagnosa yang tepat megenai apa yang menyebabkan nyeri di perut sebalah kanan. Dibawah ini adalah beberapa kemungkinan penyebab umum yang menyebabkan nyeri perut kanan bawah maupun atas.

Kehamilan Ektopik

Sakit perut sebelah kanan khusunya bagi kaum wanita bisa disebabkan oleh Kehamilan ektopik, suatu kejadian dimana terjadinya kehamilan di luar dinding rahim, misalkan saja pada saluran indung telur. Karena saluran indung telur tidak dapat membesar seperti dinding rahim, maka pertumbuhan janin akan mengiritasi saluran tersebut bahkan dapat membuatnya robek atau pecah. Gejala yang dirasakan ialah sakit perut mendadak yang muncul pada perut bagian bawah (dapat sebelah kiri maupun kanan), perut terasa kram dan mual muntah. Dapat pula keluar sedikit darah dari organ intim perempuan. Yang paling penting, orang dengan penyakit ini akan menunjukkan tes kehamilan air kencing yang positif. Kehamilan ektopik merupakan keadaan gawat darurat yang dapat menimbulkan kematian bila tidak cepat ditangani.

Hernia

Herbia adalah salah satu penyakit yang bisa dibilang cukup sering terjadi dan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan bagian bawah. Hernia merupakan penyakit dimana isi dari perut (seperti usus) menonjol keluar dari dinding perut. Awalnya, penyakit ini tidak menimbulkan gejala sakit, hanya saja ada benjolan yang tampak di lipat paha. Namun bila tidak ditangani, usus atau isis perut lainnya dapat terjepit dan menimbulkan nyeri yang luar biasa.

Batu Pada Kantung Empedu

Batu empedu Ini merupakan Penyakit nomor teratas yang biasanya dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan terutama kanan atas. Penyakit ini timbul karena adanya batu yang mengiritasi saluran empedu. Keluhan yang biasa dirasakan penderita adalah sakit perut kanan atas atau terkadang di ulu hati yang dapat menjalar ke punggung. Biasanya sakit perut muncul setelah penderita makan, terutama makanan yang mengandung lemak seperti gorengan dan santan. Tidak jarang, penderita juga merasakan mual dan muntah. Penyakit ini sering terjadi pada perempuan (meski banyak juga penderita laki-laki) pada usia 40-an.

Usus Buntu

Dibanyak kasus Sakit perut sebelah kanan terutama sakit perut sebelah kanan bawah paling banyak disebabkan oleh penyakit usus buntu. Penyakit ini sering terjadi karena ‘nyasar’nya partikel feses yang mengeras ke saluran usus buntu. Gejala usus buntu adalah sakit perut sebelah kanan bawah yang biasanya didahului oleh nyeri ulu hati (seperti sakit maag), nafsu makan sangat menurun, mual, muntah dan bila parah nyeri dapat merata ke seluruh tubuh disertai demam.

Batu Ginjal

Siapa sangka Penyakit batu pada saluran kencing akan dapat memicu Sakit perut sebelah kanan bawah, terutama di ginjal dan saluran kencing bagian atas (ureter). Keluhan yang dirasakan biasanya nyeri mendadak di bagian perut yang sangat hebat dan dapat terjadi berulang secara acak, dapat juga disertai mual dan muntah. Penderita juga mungkin mengalami kencing berwarna merah atau kencing darah. Bila terjadi demam dan nyeri kencing, kemungkinan sudah terjadi infeksi pada saluran kemih Anda.

Penyebab lainnya

Selain penyebab sakit perut sebelah kanan diatas, sebenarnya masih ada kemungkinan disebebkan oleh penyakit lain Penyakit lainnya yang juga sering menimbulkan sakit perut sebelah antara lain seperti Radang Usus, Sakit Maag, Pankreatitis / Radang Pankreas, Peradangan hati, Infeksi saluran pencernaan, Peradangan saluran pencernaan

Cara Mengobati dan Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan

Cara mengobati sakit perut sebelah kanan bagian atas atau bawah memang harus diketahui dahulu nyeri perut sebalah kanan ini disebabkan oleh penyakit apa seperti diuraikan diatas. Inilah gunanya pemeriksaan sehingga pengobatan nya pun disesuaikan dengan penyakit nya.

Cara mengobati sakit perut sebelah kanan
Cara mengobati sakit perut sebelah kanan

Meskipun demikian, penulis akan berbagi cara mencegah berserta beberapa tips untuk mengatasi/mengobati nyeri perut sebelah kanan baik bagian atas ataupun bagian bawah secara alami, Lakukan tips berikut ini:

  1. Jangan terlalu sering memijat/mengurut area perut yang sakit / nyeri.
  2. Aturlah pola makan sehat dan teratur setiap hari
  3. Jangan biasakan mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, berlemak atau mengandung gas
  4. Berhenti merokok jika perokok karna ini akan memperparah sakit perut sebelah kanan
  5. Jangan biasakan menahan keinginan untuk berkemih / kencing
  6. Jauhkan diri anda stress
  7. Lakukan Olahrga/senam secara rutin rutin.
  8. Minum cukup air putih 2-3 liter sehari
  9. Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi agar daya tahan tubuh terjaga

Cara mengobati dan tips sederhana sakit perut diatas diharap bisa menurunkan efek nyeri bahkan mengobati / mengatasi nyeri perut sebelah kanan bagian atas / bawah secara alami, selain itu bisa juga ditambah dengan ramuan herbal alami untuk mengobati nyeri perut sebelah kanan secara alami.

Demikianlah artikel tentang sakit perut sebelah kanan, semoga dapat membantu kita lebih waspada terhadap penyebab gejala nyeri perut sebelah kanan ini. Meski tidak semua sakit perut merupakan kondisi gawat darurat yang perlu penanganan segera, namun beberapa hal di atas membutuhkan penanganan lebih lanjut dari bidang medis. Jangan ragu pergi ke dokter atau rumah sakit bila Anda merasakan sakit perut yang muncul mendadak, tidak biasanya dan mempunyai intensitas nyeri yang besar.


Saran lainnya