Bunda Wajib Tahu, Gejala Kanker Otak Pada Anak


Gejala Kanker Otak Pada Anak – Penyakin kanker otak menjadi pembicaraan serius akhir – akhir ini, hal ini karena adanya kabar bahwa salah satu putra dari artis terkenal Indonesia yang menderita penyakit ini.

Pemberitaan tersebut menyebar dan membuat banyak masyarakat lebih awere tentang kanker otak, terlebih lagi kanker otak pada anak. Berita tentang penyakit kanker otak pada orang biasa sudah bukan hal yang mengejutkan namun jika pada anak mungkin hanya sebagian dari kita yang tahu.

Nah sebagai bunda tentunya kita nggak boleh nglewatin hal yang satu ini bunda, apalagi jika menyangkut tentang anak. Nah berikut gejala kanker otak pada anak yang wajib kita ketahui sebagai orang tua.

gejala kanker otak pada anak
gejala kanker otak pada anak

Kanker Otak

Dikutip dari Alodokter Kanker Otak adalah tumor otak ganas yang dapat menyebar dengan cepat ke bagian lain dari otak dan tulang belakang. Tapi sebenarnya tumor sendiri ada 2 jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas, tumor jinak tidak mudah berkembang dan menggumpal di bagian tempat yang di hinggapinya. Sedangkan tumor ganas mudah menyebar di tempat yang dihinggapinya.

Kanker Otak Menyerang Siapa Saja

Jika kita sering mendengar jika kanker otak banyak menyerang orang dewasa tapi ternyata banyak juga anak – anak yang terserang penyakit ini. Menurut data dari WHO pada tahun 2012 ada sekitar 4900 kasus kanker otak dan rata – rata banyak menyerang kaum wanita dibandingkan pria.

Gejala Kanker Otak

Tidak banyak dari kita yang bisa mendeteksi dini kanker, baik kanker yang ada pada tubuh maupun kanker otak. Jadi tidak heran jika banyak dari kita yang telat menangani dan tahu – tahu sudah stadium 3 atau 4. Nah berikut gejala – gejala kanker otak pada anak yang ring muncul.

Sakit Kepala Dengan Intensitas Sering

Jnagan abakan ya bunda jika anka kita mengeluh sakit kepala, banyak drai kita yang menyangka hal tersebut biasa padahal ini adalah gejala yang sering muncul pada penderita sakit kepala.Apalagi jika sakit tersebut sering sekali datang padahal seusia anak – anak belum waktunya untuk merasakan sakit kepala yang berlebihan.

Mual Dan Muntah

Mual dan muntah bisa disebabkan karena rasa pusing berlebihan yang  dirasakan sang anak. Tapi hal ini bisa juga berarti jika tubuh sang anak mengalami perubahan. Waspadai gejala ini terlebih lagi jika mutah yang dikeluarkan berwarna kehijauan.

Sering Jatuh Tiba – Tiba

Jatuh tiba – tiba, tanpa alasan dengan intensitas sering menunjukan jika tubuh sang anak mengalami ketidak seimbangan. Sehingga menyebabkan anak sering sekali jatuh, sempoyongan atau tidak memiliki daya untuk beraktivitas seperti biasanya.

Muncul Masalah Pada Mata

Seperti yang dijelaskan di atas, jika kanker atau tumor ada kanker jinak dan ganas. Jika kanker ganas menyerang, maka sel – sel kanker akan menyebar dengan cepat ke bagian lain di dekarnya dan salah satu organ terdekat yang ada yaitu di mata.

Waspada jika anak mengalami masalah mata seperti berkurangnya gerakan mata anak, bertambahnya minus secara terus menerus. Juling juga bisa menjadi pertanda karena juling erat kaitannya dengan adanya masalah di sayraf mata ke otak.

Anak Menjadi Sering Lupa

Hidupnya sel kanker di dalam otak membuat otak mengalami perubahan baik perubahan otak atau perubahan perilaku seperti berkurangnya daya ingat. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan sel kanker yang menyebar, semakin banyak sel kanker maka semakin berkurang daya ingat kita.

Berat Badan Berkurang Drastis

Hal ini sering terjadi pada pasien kanker atau tumor mungin saat belum terdeteksi berat badan anak tidak turun drastis. Namun saat sudah di deteksi dan sering muncul gejala seperti pusing dan mual  berat badan anak akan mulai turun drastis.

Hal ini disebabkan karena rasa mual yang di alami snag anak akan mengeluarkan semua asupan makanan yang dimasukan dan mengurangi nafsu makan anak.

Nah itu tadi gejala kanker otak pada anak yang orang tua wajib ketahui, selain itu jangan lupa sering berkonsultasi pada pihak medis jika dalam observasi bunda terdapat perubahan tidak wajar pada kesehatan anak. Nah berikut daftar barang pemicu kanker yang ada di sekitar anak.


Saran lainnya