Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email


Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email – Berbeda jaman berbeda pula ya tata cara dalam melakukan banyak hal seperti saat melamar pekerjaan. Jika dulu kita harus menulis sebanyak mungkin, serapi mungkin, membeli kertas, fotokopi sebanyak mungkin untuk melamar pekerjaan.

Namun ternyata teknologi telah memudahkan kita bukan hanya dalam bentuk komunikasi namun juga dalam memperoleh pekerjaan. Seiring dengan perkembangan jaman sekarang banyak perusahaan yang tidak menerima lagi lamaran pekerjaan berbentuk kertas.

Namun sebagai gantinya menerima lamaran melalui email. Lamaran melalui email dianggap lebih praktis dan juga cocok di terpakan di era modern. Karena bisa menghemat kertas dan secara tidak langsung akan menghemat penebangan pohon. Selain itu lamaran melalui email bisa dibuka dan pelajari kapan saja dan dimana saja.

Melamar pekerjaan lewat email bukan hal yang mudah ya, terlebih lagi untuk anda yang belum pernah melamar menggunakan email. Nah buat anda yang ingin melamar pekerjaan lewat email berikut Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email benar dan dijamin diterima perusahaan.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email
Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Surat Lamaran

Menulis lamaran untuk email tidak berbeda jauh dengan menulis lamaran seperti biasanya. Bedanya surat lamaran yang dikirim via email dikirim di badan email sedangkan untuk file pendukung bisa disertakan melalui lampiran.

Untuk penulisan atau strktur tulisan sama dengan penulisan surat lamaran pekerjaan biasa, ada alamat dan nama perusahaan yang dilamar, kata sambutan, isi dan salam penutup.

File Pendukung

File pendukung biasanya berisi dokumen – dokumen penting seperti daftar riwayat hidup, ijazah, SKCK, KTP dan Kartu Keluarga. Jika biasanya kita melampirkan dokumen dalam bentuk foto kopi namun jika melamar lewat email semua dokumen pendukung dilampirkan dalam bentuk soft copy.

Semua dokumen discan dan dikompres, usahakan gambar dokumen tidak rusak dan jelas terbaca namun memiliki ukuran yang kecil sehingga memudahkan HRD untuk membuka file. File yang terlalu besar bisa memperlambat kinerja, sama seperti saat  kita ingin membuka sebuah situs tapi lemot atau loding lama.

Besar File Lampiran

File lamaran kerja sebaiknya tidak terlalu besar, scan dokumen ke ukuran yang kecil namun masih bisa terlihat jelas jika dibaca. Maksimal ukuran file yaiyu 1 – 2 Mb. Jangan terlalu besar karena membuat komputer ngehang jika komputer yang digunakan perusahaan kelebihan kapasitas.

Selain itu ukuran file yang besar membuat file membutuhkan waktu cukup banyak untuk terbuka. Sertakan semua file yang penting, jangan menyertakan file yang tidak dibutuhkan perusahaan untuk menghemat ruang.

Jangan Kirim Ke Banyak

Banyak dari kita yang ingin mengirim lamaran ke banyak perusahaan sekaligusuntuk menghemat waktu. Jadi jika melamar menggunakan lamaran kertas kita akan membuat lamaran yang banyak dan menyebarkannya.

Tapi jika kita mengirim lamaran lewat email kita harus mengirimnya satu persatu masukan alamat email perusahaan dan kirimkan seperti mengirim email seperti biasanya. Jangan lupa tambahkan Subjek dan melampirkan file pendukung.

Jangan menggunakan BCC atau CC ( mengirim ke banyak perusahaan sekaligus ) hal ini tidak etis dan tidak sopan. Bahkan anda bisa tercorek dari kualifikasi.

Jangan Lupa Mengisi Subjek

Email perusahaan bukan hanya untuk mengurusi rekruitmen saja ya, banyak setiap harinya email keluar dan masuk. Jadi penting sekali menuliskan subjek atau judul, kalian bisa menuliskan subjek sesuai ketentuan perusahaan atau memberinya judul “Lamaran Pekerjaan”.

Dengan begini pekerja yang memeriksa email tersebut bisa dengan mudah melihat tujuan kalian mengirim emaill. Hal ini juga untuk mempermudah pihak berwenng jika ingin melihat berapa banyak pelamar.

Nah itu tadi cara melamar pekerjaan lewat email, jangan patah semangat mencari kerja ya dan buat kalian yang bosan cari kerja bisa nih mencoba peluang usaha kecil ala ibu rumah tangga atau peluang usaha sampingan berjualan pulsa dan kuota internet.


Saran lainnya