Tata Cara Melamar Pekerjaan Lewat Pos Atau Jasa Ekspedisi


melamar pekerjaan lewat pos – Melamar pekerjaan tidak selalu ribet ya, buktinya akhir – akhir ini banyak berkembang orang melamar pekerjaan melalui pos atau surat. Melamar pekerjaan melalui pos memang memiliki banyak keuntungan ya dari pada melamar pekerjaan secara manual.

Keuntungan Melamar Pekerjaan Lewat Pos

cara melamar pekerjaan lewat pos
cara melamar pekerjaan lewat pos

Tidak Perlu Mendatangi Perusahaan

Biaya melamar sebuah pekerjaan tidaklah besar namun biaya perjalanan ke detinasi perusahaan cukup menguras kantong ya. Nah untuk mengakalinya anda bisa melamar pekerjaan melalui emai atau kantor pos.

Jika untuk pergi ke kota besar anda menghabiskan uang sebesar Rp 50.000 dengan melamar lewat kantor pos anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai Rp 7000 tergantung tujuan.

Praktis Tanpa Repot

Bagi kalian yang pernah melamar pekerjaan dengan cara mendatangi perusahaan satu persatu tentunya pernah merasakan saat diusir satpam, di tolak dengan kasar dan juga panas – panasan. Tapi hal tersebut tidak akan kalian dapatkan kalau melamar pekrjaan melalui kantor pos.

Kalian hanya perlu menulis lamaran, melengkapi berkas dan mengirimnya sesuai alamat perusahaan dan setelah lamaran kalian terkirim maka pihak penerima akan lamgsung menyerahkan ke bagian Hrd sesuai yang kalian tuju.

Tapi sayangnya kemudahan ini tidak dimanfaatkan banyak orang, masih banyak orang yang ragu mengirim lamaran melalui pos atau jasa ekspedisi lainnya karena takut lamarn tidak terkirim. Kawan ini adalah pemikiran jaman dulu ya, karena dijaman maju seperti sekarang ini semua jenis kiriman bisa kita lacak dengan cepat hanya melalui smartphone.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Pos

Nah bagi kalian sahabat fispol yang ingin melamar pekerjaan lewat pos tapi tidak tahu caranya berikut fispol berikan cara – caranya untuk anda.

Menulis Lamaran Pekerjaan

Yang perlu kalian lakukan pertama kali yaitu menulis lamaran pekerjaan, untuk struktur tidak ada bedanya menulis lamaran untuk manual, menulis lamaran melalui email dan menulis lamaran untuk mendaftar lewat jasa ekspedisi seperti pos.

Tulislah dengan rapi dan EYD yang benar, jangan lupa sertakan nama PT yang ingin anda tuju dan isi semua data diri dengan benar.

Lengkapi Dokumen

Setelah lamaran pekerjaan sudah siap kalian juga perlu menyiapkan dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotokopi KTP, fotokopi Ijazah, fotokopi SKCK, fotokopi Kartu Keluarga, Pas Foto 4X 6 dan lain – lain.

Masukan Lamaran Ke Dalam Amplop

Nah jika semua surat lamaran dan dokumen pendukung sudah siap masukan ke dalam amplop coklat besar, tulis alamat perusahaan yang kalian tuju di depan dan alamat pengirim di belakang. Pastikan tertulis siapa penerima lamaran tersebut, Hrd, personalia, dan lain – lain.

Kirim Lamaran Tersebut

Jika sudah lengkap, kirim lamaran tersebut melalui jasa ekspedisi bisa pos, jne, jnt, dan lain – lain. Untuk biaya jika ragu kalian bisa mengecek melaui web jasa ekspedisi atau langsung saja ke kantor ekspedisi.

Cek Lamaran Pekerjaan

Nah meskipun jaman sudah modern dan dipermudah dengan adanya teknologi namun masih banyak juga orang – orang yang takut kiriman lamaran atau barang yang dibeli mereka lewat online tidak sampai.

Buat kalian yang takut, tenang karena sekarang semua jasa ekspedisi sangat aman bahkan jika kiriman kalian belum sampek tujuan jalian bisa komplain. Dan kalau ada yang rusak kalian bisa klaim jika barang tersebut diasuransikan.

Nah langkah terakhir yang harus kalian lakukan yaitu mengecek lamaran kalian sudah sampai atau belum. Kalian bisa mengeceknya di website ekspedisi yang kalian tuju dan ketikan resi yang kalian dapat saat pengiriman. Di situ akan tertulis dimana lamaran kalian berada, apakah sudah terkirim atau belum.

Nah itu tadi cara melamar pekerjaan lewat pos yang bisa kalian coba, nah buat kalian yang kekinian banget bisa coba melamar pekerjaan lewat online.


Saran lainnya