Komunikasi Interpesonal, Membangun hubungan yang langgeng


Cara membangun hubungan yang langgeng – Mungkin membaca judul dari bagian ini sudah membuat Anda bertanya-tanya “Apa sih itu Komunikasi Interpersonal? Kedengarannya kok sepertinya rumit?” Jawabannya¬†tidak sama dengan yang anda pikirkan, justru yang dimaksud dengan komunikasi interpersonal itu sesuatu yang sederhana dan senantiasa Anda lakukan sehari-hari.

Komunikasi Interpesonal Membangun hubungan
Komunikasi Interpesonal Membangun hubungan

“Komunikasi interpersonal mengharuskan pelaku untuk bertatap muka antara dua orang atau lebih dengan membawakan pesan verbal maupun non verbal sehingga masing-masing bisa memahami satu sama lain dan berinteraksi secara efektif”. Dikutip dari Wikipedia.

Untuk memudahkan pengertian anda, maka penulis akan berikan sedikit penggambaran, dibawah ini adalah beberapa contoh situasi komunikasi interpersonal:

  • Anda harus berkenalan dengan seseorang yang baru saja Anda temui
  • Anda sedang makan siang sambil berbincang santai (atau istilah kerennya bernetworking) dengan kolega bisnis Anda
  • Anda mengobrol asyik dengan teman, keluarga, atau rekan kerja Anda

Jadi Ternyata sangat sederhana sekali dan bahkan sering Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari bukan? Sedangkan beberapa contoh kemampuan yang termasuk dalam kategori komunikasi interpersonal ini adalah:

  • Cara mendengarkan yang membuat lawan bicara merasa diperhatikan
  • Cara berjabat tangan yang menunjukkan diri Anda sebagai pribadi yang ramah dan percaya diri
  • Cara bertanya yang membuat orang lain merasa dirinya penting (akan tetapi tidak merasa seperti diinterogasi)
  • Cara berbincang yang membuat hubungan dan relasi menjadi bertambah dekat
  • Dan sekian banyak kemampuan-kemampuan komunikasi interpersonal yang lain

Satu hal yang menjadi ciri khas dari komunikasi interpersonal yaitu ketika melakukannya, tujuan Anda semata-mata adalah untuk menjalin relasi atau mendekatkan hubungan. Hal ini akan sangat berbeda dengan komunikasi persuasif di mana ketika sedang berkomunikasi Anda memiliki tujuan untuk menjual sesuatu atau meyakinkan lawan bicara akan apa yang Anda sampaikan.

Sekali lagi, dalam komunikasi interpersonal ini tujuan Anda hanyalah untuk membina hubungan dan mendekatkan relasi dengan lawan bicara.

Walaupun komunikasi interpersonal ini sederhana dan sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, banyak juga yang masih kesulitan (atau melupakan) cara-cara melakukannya dengan efektif.

Beberapa contoh komentar atau pendapat yang menandakan bahwa proses komunikasi interpersonal ini masih belum berjalan dengan efektif adalah:

“Mengapa sih dia tidak pernah mengerti dan mendengarkan apa yang saya sampaikan?”

“Setiap kali harus ketemu dengan orang baru, saya selalu merasa canggung dan bingung apa yang nanti harus saya bicarakan”

“Saya sudah pendekatan sekian lama dengan cewek itu, tapi nggak juga bertambah dekat ya?”

Komentar-komentar di atas munjukkan bahwa walaupun komunikasi interpersonal adalah hal yang sederhana dan kita lakukan sehari-hari, akan tetapi kita juga harus mempelajari cara melakukannya dengan benar. Sesuatu yang mudah akan tetapi tidak dipelajari lebih lanjut, tidak akan membuat kita ahli dalam bidang tersebut. Mengetahui sesuatu akan tetap tidak mempraktekkannya juga tidak akan membuat Anda lebih maju

Ada sebuah kutipan yang berkata “Sometimes common knowledge is not a common practice” yang artinya kurang lebih “Sering kali sesuatu yang diketahui banyak orang belum tentu menjadi hal yang umum dilakukan”.

Dengan mengetahui dan mempraktekkan kemampuan kemampuan komunikasi interpersonal yang akan kita bahas pada artikel berikutnya akan membuat Anda bisa lebih cepat klik, mampu membangun hubungan dan membina relasi dengan orang lain. Yang akhirnya hal ini akan membuat diri Anda lebih disukai baik itu oleh teman, atasan, keluarga, dan bahkan mertua.

Untuk memulai, marilah kita membahas satu kemampuan yang terpenting dalam komunikasi interpersonal. Tanpa mengusainya anda akan mengalami banyak masalah dalam dunia kerja ataupun relasi dengan keluarga anda.

Hanya saja, justru banyak orang melupakan kemampuan yang satu ini atau tidak menganggapnya penting. Kemampuan apakah yang saya maksud? Tidak ada rahasia lagi, karna penulis akan mengulasnya pada artikel berikutnya, jangan sampai ketinggalan update dalam topik Komunikasi Interpersonal dan Public Speaking.


Saran lainnya