Ingin Menabung Saham, Berikut Istilah Dalam Saham Yang Harus Anda Pahami


istilah dalam saham – Menabung saham adalah salah satu jenis investasi yang sedang diminati generasi jaman now ya. Hal ini karena menabung saham sangat menguntungkan dibandingkan jenis investasi lainnya.

Beberapa jenis investasi yang ada tidak bisa menahan laju inflasi sehingga uang di tahun ini yang banyak terasa menjadi sedikit dan tidak memiliki nilai akibat tergerus laju inflasi. Dan menabung menjadi pilihan banyak orang karena bisa menahan laju inflasi dan juga keuntungan bisa mencapai 200%.

Keuntungan Nabung Saham

Nabung saham bisa dimulai dari Rp 100.000 untuk pembukaan rekening dan untuk membeli saham anda tidak perlu membeli saham mahal hingga jutaan. Karena anda bisa membeli saham minimal 1 lot = 100 lembar saham.

Untuk harga saham berviariasi kalian bisa menemukan saham mulai harga Rp 50 rupiah per lembarnya sampai harga 61 ribu rupiah per lembarnya. Jadi kalian bisa berinvestasi setiap bulannnya sesuai kemampuan.

Sistem saham sendiri ada bermacam – macam kalian bisa mendaatkan keuntungan saham dari pembagian keuntungan perusahaan yang sahamnya kalian beli dan juga keuntungan dari naiknya harga saham. Bahkan beli pagi kalian bisa menjual saham sore hari jika sudah mendapatkan untung atau dalam keadaan terdesak membutuhkan uang.

Tapi untuk mulai menabung saham, ada baiknya kalian mengikuti sekolah saham agar lebih paham tentang saham. Nah dan sebelum terjun ke dalam dunia saham ada baiknya anda memahami  istilah – istilah dalam saham.

Istilah Dalam Saham Yang Harus Anda Ketahui

istilah dalam saham
istilah dalam saham

Broker

Broker sama dengan sekuritas atau sebuah perusahaan

Capital Gain

Capital Gain adalah selisih harga dari pembelian saham dengan penjualan saham, dimana harga penjualan lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli. Dan ini adalah salah satu keuntungan yang di dapat dari membeli saham.

Lose Gain

Lose gain adalah kebalikan dari capital gain, jika capital gain mendapatkan keuntungan, maka lose gain adalah kondisi dimana harga jual lebih rendah dibandingkan harga saat beli sehingga mengalami kerugian.

Deviden

Keuntungan yang di dapatkan pembeli saham sekain dari capital gain yaitu dari deviden. Deviden sendiri adalah keuntungan perusahaan yang akan dibagikan kepada pemegang saham. Sedangkan untuk besarannya akan ditentukan saat rapat pemegang umum saham.

Tapi tidak semua bisa mendaptakan deviden ya karena penerima deviden adalah pemilik saham yang membeli atau memiliki saham pada tanggal yang di tetapkan perusahaan ( cum deviden ). Sedangkan untuk tanggal perdagangan  pemilik saham yang tidak masuk mendapatkan deviden disebut ex deviden.

Earning Per Share ( EPS )

Earning Per Share ( EPS ) adalah besarnya laba bersih yang diperoleh perusahaan disetap lembar saham yang dimiliki diperusahaan tersebut.

Initial Public Offering

Initial Public Offering juga sering disebut dengan go public atau kegiatan penawaran saham yang dilakukan emiten kepada masyarakat luas berdasarkan tata cara yang diatur dalam perundang – undangan.

Nilai Buku Per saham

Nilai buku per saham menunjukan berapa besar penilaian publik terhadap saham tersebut. Semakin besar nilainya maka semakin bagus juga apresiasi investor kepada perusahaan tersebut. Nilai ini biasanya juga menjadi salah satu tolak ukur masyarakat memilih suatu emiten terlebih lagi emiten jasa keuangan.

Price Earning Ratio ( PER )

PER biasanya menjadi salah satu pertimbangan investor atau masyarakat untuk membeli saham, bukan hanya saham istilah ini juga digunakan pada investasi P2P lending. Di sini anda bisa melihat nilai keprcayaan publik pada emiten dan juga laba yang akan anda dapatkan nantinya.

Take Profit atau Sell

Take profit adalah tindakan menjual saham yang telah di beli di emiten tertentu jika sudah mencapai target yang diiginkan atau kita sudah mendapatkan untung.

Cut Loss

Cut loss adalah tindakan menjual saham yang dimiliki untuk menghindari kerugian yang bertambah parah.

Hold

Hold atau ditahan adalah tindakan tidak menjual saham saat harga naik atau turun. Cara ini sering dilakukan banyak investor untuk menunggu waktu yang tepat dan harga yang tepat.

Menabung saham bukanlah judi ya sahabat fispol, di dalamnya kita perlu analisis yang tepat agar bisa mendapatkan untung yang maksimal. Naik turunnnya harga adalah hal yang biasa namun jangan langsung terpancing menjual saham ya karena siapa tahu harga tersebut hanya koreksi. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti sekolah pasar modal. Itu tadi istilah – istilah dalam saham yang minimal harus anda ketahui saat ingin terjun ke dalam dunia persahaman.

 


Saran lainnya