Strategi Menabung Saham Menurut Para Ahli


Strategi Menabung Saham – Banyak orang yang mulai tertarik menabung saham, karena menabung saham lebih menguntungkan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya yang ada. Tujuan dari berinvestasi adalah menahan laju inflasi agar uang yang kita miliki tidak tergerus inflasi di tahun mendatang.

Contoh : Masih ingatkah kalian jika dulu kita bisa membeli jajan hanya dengan uang 50 rupiah ? tapi kenapa sekarang harga jajan Rp 500 rupiah ? Ini adalah salah satu dampak dari inflasi sehingga menyebabkan kenaikan mata uang dan juga bahan pokok makanan.

Jika kita tidak bisa melawan inflasi, anda bisa jadi menjadi orang paling kaya saat ini namun tanpa melawan inflasi uang yang anda miliki tidak ada artiya di tahun mendatang. Sehingga banyak orang yang mulai berburu investasi mulai dari investasi emas, investasi deposito, investasi properti, investasi saham, investasi p2p lending, dan lain – lain.

strategi menabung saham
strategi menabung saham

Investasi Menabung  Saham

Investasi saham adalah salah satu jenis investasi yang bnayak dicari karena investasi jenis ini memiliki keuntungan yang besar bahkan 2 kali lipat dalam beberapa waktu saja. Tapi sama dengan keuntungannnya resiko yang ditimbulkan juga besar seperti pailitnya perusahaan dan menurunnya harga saham.

Nah untuk menghindari resiko terburuk kita memerlukan strategi dalam jual beli saham, jadi menabung saham bukanlah bermain judi ya melainkan bermain strategi. Dan pastinya buat kalian yang baru pertama membeli saham pasti bingung strategi apa yang harus kita pakai. Berikut beberapa strategi menabung saham yang patut kalian coba , dimana strategi ini banyak dipakai tokoh dunia.

Strategi Menabung Saham

Membeli Saham Tidak Populer Dan Tertekan

Strategi yang pertmaa yaitu strategi membeli saham tidak populer dan tertekan, cara ini memang beresiko tinggi dan perlu pengamatan yang lebih. Karena salah langkah sedikit saja bisa membuat kalian rugi puluhan hingga ratusan kerja.

Strategi ini tidak  banyak yang memilih karena beresiko besar namun beberapa orang malah sukses dari strategi ini seperti CT atau Seth Klarman dimana saat kriris global tahun 2007 dia adalah salah  satu pemilik perusahaan yang mampu survive.

Membeli Perusahaan Sekarat Dan Menyehatkannya

Strategi ini tidak jauh berbeda dengan strategi di atas, strategi ini dilakukan oleh Chairul Tanjung salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Jika biasanya orang akan membeli saham dari perusahaan sehat dan benefit yang harganya cukup mahal. Tapi Chairul tanjung justru sebaliknya.

Beliau membeli perusahaan sekarat yang dijuak dengan harga murah kemudian merawat, membangunnya mulai dari nol. Dan saat sudah sehat perusahaan tersebut akan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Membeli Saham Produsen Kebutuhan Sehari – hari

Ini adalah salah satu strategi yang bisa kalian lakukan, pernahkan kalian berpikir berapa banyak mie instan, minyak goreng, penyedap rasa, sabun, shampo yang kalian gunakan setiap harinya. Bukan hanya anda, tapi seluruh dunia menggunakan produk tersebut.

Bayangkan saja berapa keuntungan yang mereka dapatkan ? nah salah satu strategi menabung saham yang bisa kalian coba yaitu membeli saham – aham perusahaan yang memproduksi kebutuhan sehari – hari. Perusahaan jenis ini memiliki prospek yang baik karena kita tahu tidak mungkin anda berhenti menggunakan produk – p[roduk tersebut.

Membeli Saham Perusahaan Kecil Namun Menguntungkan Di Masa Depan

Bagi anda yang sudah lama bermain di dunia saham tentunya tidak asing dengan Brandon Fleisher. Dia adalah salah satu investor saham muda yang mulai mengenal saham di usia 13 tahun dan sekarang berumur 20 tahun.

Di usianya yang muda dia mampu melipat gandakan uang ibunya dengan memilih saham kecil namun menguntungkan di masa depan. Nah strategi ini bisa kalian gunakan, tapi tentunya anda butuh mengobservasi lebih lanjut perusahaan tersebut.

Membeli Saham Perusahaan Besar

Banyak orang bermain aman dengan membeli saham – saham dari perusahaan besar dan benefit, hal ini untuk mengurangi reiko dan perusahaan khawatir kita jika perusahaan pailit. Ada banyak jenis saham dari perusahaan besar yang bisa kalian coba salah satunya yaitu perusahaan Unilever.

Nah itu tadi beberapa strategi menabung saham yang bisa kalian gunakan, masih ada banyak lagi strategi yang bisa kalian lakukan jadi penting sekali ya mengikuti sekolah pasar modal, mengikuti berita ekonomi, melihat prospek ekonomi kedepannya dan lain – lain.


Saran lainnya