5 Bisnis yang bisa dilakukan di Kampung Halaman


Bisnis yang dapat dilakukan di kampung halaman – Bisnis bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pekerjaan yang sulit untuk dimulai, banyak faktor yang menyebabkan hal ini sulit dilakukan, faktor utama yang mendasari masyatakat tidak mau berbisnis adalah takut rugi, faktor lain yang membuat masyarakat tidak mau berbisnis ialah tempat yang tidak memadai, atau tempat yang kurang strategis.

Banyak bisnis yang memerlukan tempat strategis untuk membuat bisnis itu berjalan dan ramai dikunjungi, contohnya ialah bisnis restoran atau cafe, akan tetapi ada beberapa bisnis yang tidak memerlukan tempat strategis untuk menjalankannya, terutama di desa.

Desa notabene sering disebut-sebut menghambat bisnis karena tempat yang tidak strategis, akan tetapi ada beberapa bisnis yang justru dimulai dari desa atau kampung halaman, berikut adalah bisnis yang dapat dilakukan di kampung halaman:

 Bisnis yang bisa dilakukan di Kampung Halaman

bisnis yang dapat dilakukan di kampung halaman
bisnis yang dapat dilakukan di kampung halaman
  1. Bisnis ayam petelur

Telur ayam yang anda beli di kota-kota, di pasar-pasar bahkan di supermarket sekalipun tidak melulu datang dari kota melaikan datang dari peternakan yang ada di desa-desa, ayam petelur juga bisa dilakukan di lahan sempit sekalipun, penjualan telur pun terbilang sangat mudah karena permintaan pasar yang tinggi, anda tidak perlu bingung untuk memulai bisnis dari kampung halaman, bisnis yang satu ini cukup menjanjikan karena pemasarannya yang mudah dan permintaan pasar yang tinggi.

  1. Bisnis sayuran akuaponik

Sayuran akuaponik mulai diburu oleh masyarakat akhir-akhir ini, karena manfaatnya yang tinggi dan tidak menggunakan pupuk kimia, pupuk yang digunakan adalah kotoran ikan, sayuran yang dihasilkan dari sistem akuaponik ini sudah tentu membuat orang yang mengkonsumsinya tidak perlu was-was oleh penggunaan penggunaan pupuk kimia yang sekarang penggunaan pupuk kimia dirasa berlebihan demi menghasilkan hasil panen yang maksimal.

Cara menjualnya juga tidak sulit, terutama untuk sayuran kangkung, anda bisa menitipkannya di toko yang menjual sayuran atau di tukang sayur yang sering lewat di depan rumah anda, tentu saja harganya berbeda dengan harga sayuran pada umumnya, karena kelebihan-kelebihan yang bisa dihasilkan oleh sayuran akuaponik.

Bisnis ini juga tidak memerlukan lahan yang luas, jadi anda bisa meulainya dari halaman rumah anda yang sempit sekalipun.

  1. Bisnis jualan online

Ini adalah bisnis yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini, karena dengan bisnis online anda tidak perlu mempunyai toko, anda bisa memasarkan produk yang anda jual melalui media sosial seperti facebook, instagram, e-commers, dan banyak lagi media sosial yang bisa anda gunakan untuk berjualan online.

  1. Bisnis ayam pedaging

Jika anda memiliki modal usaha yang lumayan tapi anda bingung akan melakukan bisnis apa, anda bisa memulai bisnis ayam pedaging ini, setiap hari selalu ada permintaan pasar, pemasarannya mudah, jadi anda tidak perlu khawatir dengan bagaimana memasarkan hasil panen ayam anda, akan banyak yang membeli hasil panen anda seperti pedagang ayam di pasar, rumah makan, yang yang paling penting anda tidak perlu membeli ayam untuk suplay anda sendiri dan keluarga anda.

  1. Bisnis ikan lele

Sudah banyak petani yang berhasil dari bisnis ikan lele atau nila, karena perawatannya yang mudah dan tidak perlu perlakuan khusus untuk ternak ikan lele, anda cukup memberi ikan lele anda makan setiap hari, setiap pagi dan sore dan hanya dalam waktu tiga bulan anada sudah bisa memanen ikan lele anda.

Nah itu tadi bisnis yang dapat dilakukan di kampung halaman, berada di kampung halamn bukan berarti tidak bisa berbisnis ya. Meskipun di kampung halaman ada beberapa keterbatasan dalam segi logistik dam juga sulitnya pemasaran namun suasana kampung mendukung untuk bisnis – bisanis di atas. Dan bukan tidak mungkin bisnis tersebut bisa besar jika dilakukan dengan fokus.


Saran lainnya