Masyarakat Indonesia Wajib Tahu Tentang Gerbang Pembayaran Nasional


Gerbang Pembayaran Nasional – Nah akhir – akhir ini sedang booming ya berita penggantian kartu debit atau ATM menjadi Kartu GPN ( Gerbang Pembayaran Nasional ). Meskipun kampanye ini sudah digalakan diberbagai tempat dan kota namun masih ada juga beberapa kota yang tidak paham dan tidak tahu tentang GPN.

Hal ini wajar karena karena tidak banyak sosialisasi yang dilakukan, sosialisasi hanya dilakukan di beberapa tempat dan tidak banyak orang yang dapat mengikutinya. Nah buat kalian sahabat fispol.com yang belum tahu GPN berikut hal – hal yang harus anda ketahui tentang GPN agar anda bisa mendapatkan manfaatnya.

gerbang pembayaran nasional
gerbang pembayaran nasional

GPN

GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional adalah pemersatu transaksi pembayaran nasional yaitu dengan adanya logo GPN. Jadi jika sebelumnya di kartu debit kita tertera beberapa logo seperti master card, link, atm bersama, kini ada penambahan logo GPN pada kartu.

Bukan hanya logo saja namun ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan menggunakan kartu logo keluaran BI ini.

Manfaat GPN

Logo GPN ini diluncurkan dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi pada seluruh kanal pembayaran atau EDC. Sehingga bisa menghemat waktu dan juga tarif.

Jika dulu anda harus menggunakan EDC khusus yang hanya bisa digunakan untuk 1 jenis kartu, tenang karena dnegan adanya logo GPN anda bisa bertransaksi menggunakan EDC apa saja dan bank apa saja.

Bahkan untuk tarif sendiri anda juga lebih hemat karena kartu debit atau ATM GPN ini hanya menggunakan jaringan domestik seperti ATM Bersama, Alto, Prima, Link, Dan lain – lain. Sehingga anda tidak dikenakan biaya lisensi Logo.

Dan dari segi keamanan, Kartu dengan logo GPN jauh lebih aman karena tidak menggunakan jaringan luar negeri, hanya menggunakan jaringan domestik.

Tarif GPN

Untuk  penggantian kartu ATM tidak dikenakan biaya sama sekali, setelah peluncuran kartu GPN banyak perbankan BUMN yang sudah mendapatkan distribusi kartu tersebut.

Sedangkan untuk tarif transaksi dikutip dari liputan6.com jika tarif yang dikenakan untuk transaksi GPN yaitu 1 persen dimana sebelumnya mencapai 2- 3 persen. Sehingga dengan adanya penurunan tarif ini membuat transaksi kartu debit meningkat dan tentunya anda lebih hemat.

Nah itu tadi sekilas tentang Gerbang Pembayaran Nasional yang harus anda ketahui, dan setelah tahu ada baiknya anda langsung datang ke Bank ya untuk menukarkan kartu ATM lama anda dan emnikmati berbagai kemudahannya.

Dan buat kalian kaum milenial ingin sukses usia muda ada baiknya mempelajari investasi emas, investasi saham online dan strategi menabung saham.


Saran lainnya