Fakta: Binatang terbesar di dunia ternyata bukan dinosaurus


Fakta hewan terbesar didunia, fispol.com – Mungkin selama ini banyak dari sahabat fispol beranggapan bahwa binatanag yang hidup dijaman purbakala adalah yang terbesar yang pernah hidup dibumi. Namun faktanya itu adalah sebuah kesalahan, bahwa sebenarnya meskipun dinosaurus adalah raksasa yang mengerikan tapi masih ada hewan lainnya yang melebihi besar dari binatang tersebut. Salah satu dinosaurus terbesar adalah sauropoda Argentinosaurus dengan bobot sekitar 180.000 pound (81 ton), namun faktanya masih ada binatang yang jauh lebih besar. Tahukah anda binatang tersebut?

Malas Membaca? Tonton Video berikut  tentang Binatang Terbesar Didunia

Hewan terbesar yang pernah tinggal dan hidup didunia adalah paus biru dan hingga saat ini spesiesnya masih ada dilautan bumi kita ini. Paus biru dewasa bisa mencapai 2 kali besar dari dinosaurus terbesar. Hmmm. Sangat masuk akal bahwa hewan terbesar di dunia adalah makhluk laut, karna hewan darat harus menopang berat badannya sendiri, sedangkan makhluk laut mendapat bantuan dari air. Berikut ini adalah fakta yang membuktikan bahwa binatang terbesar dibumi adalah paus biru yang dikummpulkan dari berbagai sumber.

Binatang terbesar di dunia ternyata bukanlah dinosaurus
Binatang terbesar di dunia ternyata bukanlah dinosaurus

1. Binatang terbesar di dunia adalah paus biru

Paus biru memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari dinosaurus jenis apapun yang pernah ditemukan, hewan air ini adalah yang terbesar dibumi.

Paus biru dewasa dapat yang pernah diukur memiliki panjang 75 kaki (23m) hingga 100 kaki (30,5m) dari ekor hingga kepala, dan memiliki berat 150 ton. Besar tubuh binatang ini setidaknya sepanjang bangunan berlantai 10 atau seberat 112 ekor jerapah jantan dewasa! Meskipun akhir-akhir ini, sebagian besar paus biru dewasa hanya berukuran 75 hingga 80 kaki.

Paus biru betina umumnya lebih berat dari paus jantan. Paus biru terbesar hingga saat ini adalah seekor paus betina yang beratnya 389.760 pound atau sekitar 170 ton.

2. Hewan terbesar dengan kepala yang sangat Lebar!

Hewan terbesar dengan kepala yang sangat Lebar
Hewan terbesar dengan kepala yang sangat Lebar

Kepala paus biru sangat lebar sehingga ada klaim yang menyebutkan bahwa sekitar 50 orang dapat berdiri di atas lidahnya.

3. Binatang Laut dengan jantung terbesar didunia!

Jantung paus biru berukuran sangat besar jika dibandingkan dengan hewan lainnya bahkan dinosaurus sekalipun, jantung hewan terbesar yang pernah ditemukan beratnya mencapai 180 kg yang memompa darah hingga 220 liter dalam setiap denyutnya.

Binatang Laut dengan jantung terbesar didunia
Binatang Laut dengan jantung terbesar didunia

Di masa lalu, ada dugaan bahwa dengan ukuran jantung paus biru yang sangat besar tersebut, manusia dapat berenang melintasi aorta dari jantung hewan terbesar ini. Besar jantung hewan ini luar biasa ya sahabat fispol, mungkin mendekati besarnya sebuah mobil.

4. Bayi Paus biru adalah bayi terbesar didunia

Bayi Paus biru adalah bayi terbesar didunia
Bayi Paus biru adalah bayi terbesar didunia

Jika kita amati bayi bayi binatanag yang ada didunia, ukurannya mungkin lebih kecil namun untuk ukuran bayi paus biru amatlah berbeda dari kebanyakan binatang raksasa yang pernah ada. Saat lahir, anak paus paus biru memiliki panjang sekitar 25 kaki (7,6m) dan beratnya lebih dari seekor gajah. Dan mereka tumbuh dengan cepat: Selama 7 bulan pertama dikehidupannya, seekor paus biru dapat meminum sekitar 100 galon (379 liter) ASI per hari, menghasilkan 200 pon (91 kg) setiap 24 jam. Sedangkan Paus biru dewasa dapat memakan lebih dari 4 ton (3,6 metrik ton) setiap hari. Seram ya guys?

5. Binatang terbesar dengan suara terkeras didunia

Paus biru umumnya mengeluarkan suara gemuruh frekuensi rendah yang sangat keras, sangat terstruktu dan berulang  saat  melakukan perjalanan bermil-mil di bawah air. Suara yang keras ini dapat digunakan oleh binatang besar tersebut untuk berkomunikasi dengan paus biru lainnya, terutama untuk menarik dan menemukan pasangan mereka.

Perburuan liar menyebabkan binatang terbesar akan punah dibumi

Perburuan besar besaran menyebabkan jumlah pasu biru semakin berkurang. Diyakini bahwa dulunya ada lebih dari 200.000 ekor paus biru. Dan kini Hanya ada sekitar 10.000 paus biru. Oleh sebab itu hewan besar ini telah berada dalam daftar yang terancam punah sejak pertengahan 1960-an dan populasi diperkirakan tidak akan pulih.

Baca juga ya: 15 Fakta Tentang Buaya Yang Unik Dan Jarang Diketahui


Nah demikianlah informasi mengenai paus biru sebagai binatang atau hewan langka yang dengan bobot terbesar didunia saat ini. Jika anda menyukai indormasi ini, jangan lupa dishare ya! dan tekan subcribe untuk mendapatkan update informasi menarik lainnya!


Saran lainnya