Hewan Tercepat didunia Daratan, Udara dan Air


Fakta unik Hewan – Fispol.com – Hingga saat ini kecepatan manusia berlari masih belum bisa mengalahkan binatang tercepat didunia meskipun pernah tercatat dengan rekor maksimal 65km/jam. Menurut penelitaan, ada beberapa spesies hewan didunia dengan kemampuan kecepatan luar biasa, baik itu adalah spesies binatang yang hidup di air, darat maupun udara. Masing-masing hewan tercepat ini memiliki kecepatan yang jauh diatas kemampuan seorang atlet lari bahkan ada yang bisa menyaingi sebuah sepeda motor atau mobil.

Malas membaca? yuk Tonton Video Hewan Tercepat didunia di youtube!


10 Hewan Tercepat yang hidup di Udara, Air dan Darat

Tahukah kamu hewan tercepat ini? daripada penasaran, yuk kita simak 10 hewan atau binatang didunia yang memiliki pergerakan (berlari,terbang,berenang) tercepat yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

10 Hewan Tercepat Didunia Daratan Air Udara
10 Hewan Tercepat Didunia Daratan Air Udara

1. Falco peregrinus (Alap-alap kawah) #Paling tercepat!

Diurutan paling pertama untuk kategori hewan tercepat ini adalah jenis burung. Adapun karakter hewan ini memiliki dominan warna hitam, kelabu dan biru dan panjangnya kira-kira 50cm. Elang tercepat didunia ini adalah hewan dengan kecepatan terbang paling cepat diseluruh jenis burung didunia.

Falcon-Hewan-Paling tercepat
Falcon-Hewan-Paling tercepat

Alap-alap kawah mencapai kecepatan tertingginya bukan saat terbang horizontal, melainkan saat terjun vertikal ketika memburu mangsa mereka. Saat berburu, burung ini naik ke ketinggian, kemudian menyelam dengan tajam dengan kecepatan lebih dari 200 mph (320 km / jam).

2.Elang Emas (Golden Eagle) #Tercepat Kedua

Diurutan selanjutnya adalah Golden eagle yang menduduki peringkat ke 2 setelah falco. Hewan jenis aves ini memiliki kecepatan 240–320 km / jam atau 150–200 mph.

Elang emas merupakan jenis raptor yang sangat besar dikelasnya, dengan ukuran panjang 66 hingga 102 cm dengan sayapnya yang sangat lebar jika dibandingkan dengan jenis hewan diudara lainnya.

Elang dewasa umumnya berwarna coklat tua, dengan variasi abu-abu di sayap bagian dalam dan ekornya. Sedangkan warna emas bisa kita temukan di bagian belakang lehernya yang kemudia menjadi identitas dari binatang udara tercepat ke 2 ini.

3.Burung Cikalang (Keluarga Fregata) #tercepat ketiga

Urutan ketiga hewan tercepat masih dipegang oleh spesies jenis burung yakni “burung Cikalang” yang tercatat memiliki kecepatan terbang mencapai 153 km/jam. jenis burung ini memiliki bulu hitam yang menonjol, ekor panjang bercabang dua dan paruh bengkok yang  cukup panjang.

Sayap burung ini panjang dan juga runcing serta bisa melebar hingga 2,3 meter,

4. Merpati karang (Columba livia), atau merpati batu

Merpati jenis ini memiliki kecepatan terbang rata-rata sekitar 148,9km/jam saat diuji pada balapan sejauh 640 km dan menenmpatkan diri diurutan ke 4 dalam daftar hewan tercepat didunia.

Pada awalnya merpati batu ini adalah penghuni daerah bertebing yang sesuai dengan nama burung ini. Kemudian hidup dan beradaptasi terhadap kondisi perkotaan. Beberapa burung ini hidup berkelompok, sering bertengger pada bangunan dan juga di permukaan tanah, serta memiliki perilaku unik yaitu terbang berputar-putar.

5.Marlin Hitam

Nah, pada urutan ke lima pada daftar hewan tercepat ini, Marlin hitam adalah spesies pertama dari hewan yang hidup diair. Tercatat dalam rekaman stripping line ia mencapai kecepatan 132 km/jam.

Marlin hitam adalah spesies marlin yang ditemukan di daerah tropis dan subtropis di Samudra Hindia dan Pasifik. Dengan panjang maksimum yang pernah dipublikasikan adalah sekitar 4,65 m dan berat 750 kg,

6.Cheetah

Hewan paling cepat didunia nomor 6 ini terlahir termasuk keluarga kucing (Felidae) yang memburu mangsanya dengan menggunakan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endap atau bergerombol. Hewan ini adalah hewan yang tercepat di antara hewan darat dan dapat mencapai kecepatan 110 km/jam dalam waktu singkat hingga 460m, bahkan ada klaim yang mengatakan bahwa cheetah ini lebih cepat dari beberapa mobil balap.

Selain masuk dalam kategori binatang tercepat didarat, Citah juga dikenal sebagai pemangsa paling efisien di bumi. Mengejar dan menerkam mangsa hanya ketika mangsa itu ada dalam jangkauannya.

7.Ikan layaran

Iklan layaran adalah jenis ikan di dalam genus Istiophorus yang tinggal di perariran hangat samudra-samudra dunia. Kebanyakn berwarna biru keabu-abuan dan memiliki sirip punggung tegak yang mirip dengan layar sebuah kapal. Ikan ini duduk di urutan ke 7 sebagai hewan tercepat denagn rekor luar biasa. Ikan layaran bisa berenang hingga kecepatan 110km/jam.

Sirip punggungnya biasanya terlipat saat berenang, namun bisa naik apabila ikan layaran merasa terancam atau sedang bersemangat, membuatnya terlihat lebih besar daripada ukuran sebenarnya.

8.Wildebeest Biru

Kata wildebeest berasal dari bahasa Belanda yaitu wild beast. Artinya sapi liar. Hewan tercepat ke 8 ini mempunyai dua tanduk melengkung dan memiliki kecepatan berlari sangat cepat mencapai 85km/jam. Oh ya, meskipun dinamakan “biru”, binatang ini sebenarnya tidaklah berwarna biru. Wildebeest sendiri merupakan hewan herbivora yang pernah ditemukan dan hidup di pedalaman Afrika Timur dan Selatan.

9.Singa (lion)

Hewan yang satu ini tentunya sudah sangat populer dan hampir ada disetiap kebun binatang. Kita juga mengenalnya hidup berburu secara berkelompok dan mengejar mangsa dengan sangat kejam. Dengan kecepatan berlari singa yang mencapai 81 km/jam menempatkan hewan buas ini pada daftar binatang tercepat didunia yang hidup di darat pada urutan ke 9.

10.Antelop

Pada daftar ini yaitu diurutan terkahir sebagai hewan paling cepat, ada Antelop yang merupakan mamalia yang bentuknya mirip dengan kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas. Dan meskipun antelop sangat mirip dengan kijang namun hewan ini sangatlah berbeda. Binatang darat tercepat no 10 ini termasuk jenis sapi yang masuk dalam daftar hewan terancam punah didunia.

Antelop tersebar di Afrika, Asia, dan Timur Tengah. Mereka hidup berkelompok serta berpindah-pindah untuk mencari makanan. ia memiliki kecepatan berlari didarat hingga 80km/jam.


Oh ya baca juga fakta tentang hewan yang unik dan menarik lainnya:

Nah demikianlah informasi untuk Anda mengenai daftar 10 hewan tercepat yang pernah ada didunia. Meskipun binatang yang hidup diudara masing mendominasi kategori hewan tercepat didunia, tentunya masing-masing dari hewan paling cepat diatas memiliki kecepatan berbeda-beda disetiap jenisnya. Ada hewan yang cepat saat berlari mengejar masngsanya, atau cepat saat terbang diudara, hingga hewan yang berkemampuan berenang tercepat didalam air.


Saran lainnya