15 Fakta Tentang Buaya Yang Unik Dan Jarang Diketahui


Buaya adalah reptil di antara karnivora yang paling ditakuti di dunia, karena ukurannya rahangnya sangat kuat dan agresif. Ada buaya yang hidup di air tawar, misalnya danau dan sungai, dan ada juga yang hidup di muara. Buaya merupakan predator yang sangat sukses hidup bersama dinosaurus. Setelah dampak kepunahan yang terjadi sekitar puluhan juta tahun dimasa silam, dimana dinosaurus non-unggas hilang tetapi buaya berhasil bertahan hidup. Berikut ini adalah 15 fakta unik tentang buaya yang menarik untuk kita ketahui sahabat fispol.

1. Buaya adalah reptil terbesar di Bumi
Buaya air asin atau kita lebih mengenalnya denagn buaya muara adalah reptil terbesar di dunia saat ini. Mereka dapat tumbuh hingga 6,17 meter (20 kaki 3 in) dan beratnya lebih dari satu ton.

2. Ada jenis buaya Kerdil (ukuran kecil).
Buaya terkecil yang masih ada adalah buaya kerdil (Osteolaemus tetraspis), dengan panjang dewasa sedang 1,5 m (4,9 kaki). Panjang rekaman maksimum untuk spesies ini adalah 1,9 m (6,2 kaki). Reptil ini merupakan pemangsa pemalu yang memakan serangga, katak, ikan dan bangkai apa pun yang dapat ditemukannya. Jadi buaya yang satu ini tentunya tidak akan terlalu berbahaya bagi manusia.

3. Buaya ada diseluruh dunia
Berbeda dengan sebagian reptil lain, persebaran populasi buaya bisa dibilang sangat luas. Sehingga jika kita hendak mencari buaya ini tidak akan kesulitan karena Mereka dapat ditemukan hampir di semua benua yang dihuni manusia dibumi ini sahabat fispol.

4. Buaya identik dengan dinosaurus dan burung
Meskipun diklasifikasikan sebagai “reptil”, buaya dalam berbagai jenisnya memiliki hubungan erat dengan dinosaurus dan burung (yang sebenarnya adalah dinosaurus unggas )
jika dibandingkan dengan kebanyakan hewan lain yang diklasifikasikan sebagai reptil.

5. Buaya benar-benar mengeluarkan air mata
Buaya benar-benar menghasilkan air mata. Karena saat makan, mereka menelan terlalu banyak udara, yang berhubungan dengan kelenjar yang menghasilkan air mata sehingga memaksa air mata mengalir. Walaupun, sebenarnya bukan menangis.

Istilah “Air mata Buaya” mengacu pada emosi yang palsu dan tidak tulus, seperti tangisan kesedihan yang munafik.

6. Buaya dapat terus membuka rahangnya di bawah air
Buaya memiliki katup di bagian belakang tenggorokannya yang memungkinkan mereka membuka rahang di bawah air.

7. Buaya berumur cukup panjang
Buaya memiliki umur rata-rata minimal 30-40 tahun, dan dalam kasus spesies yang lebih besar, rata-rata umurnya bisa mencapai 60-70 tahun. Bahkan Ada klaim dari beberapa individu yang melebihi 100 tahun, tetapi tidak ada bukti kuat untuk mendukungnya.

8. Nenek moyang buaya terdahulu jauh lebih besar
Buaya pertama muncul sekitar 250 juta tahun yang lalu, pada saat yang sama ketika dinosaurus muncul. Nenek moyang buaya prasejarah jauh lebih besar daripada rekan-rekan saat ini .

9. Buaya muara memiliki gigitan yang paling kuat
Buaya memiliki gigitan terkuat yang pernah diukur. Tetapi, meskipun kekuatan gigitan yang sangat besar ini, untuk membuka rahang, otot-otot buaya sangatlah kecil dan lemah, sehingga manusia dapat menggunakan tangan kosong untuk menjaga mulut buaya tetap tertutup.

10. Buaya membawa telurnya dengan mulut.
Buaya membawa bayi mereka ke air melalui mulut mereka . Bayi buaya dapat mengeluarkan suara dari dalam telur sebelum menetas. Sang ibu kemudian dapat mendengar suara tersebut, lalu menggali telur dari pasir, dan membawanya air.

11. Mereka dapat menemukan rumah mereka dari jarak jauh
Buaya mungkin memiliki naluri rumah. Di Australia utara, tiga buaya muara nakal dipindahkan sejauh 400 km dengan helikopter, tetapi kembali ke lokasi semula dalam waktu tiga minggu, berdasarkan data yang diperoleh dari alat pelacak yang terpasang pada mereka.

12.Kaki mereka berselaput
Buaya memiliki kaki berselaput meskipun tidak digunakan untuk mendorong mereka di air melainkan mereka melipatkan kaki mereka ke samping saat berenang dan menggunakan kekuatan ekor mereka, dngan selaput ini memungkinkan mereka untuk berbelok cepat dan bergerak tiba-tiba di dalam air atau saat memulai berenang.

13. Buaya tidak bisa berkeringat
Buaya tidak memiliki kelenjar keringat dan melepaskan panas melalui mulutnya. Mereka sering tidur dengan mulut terbuka.

14. Buaya tidak mengunyah makanannya
Mereka tidak mengunyah makanan mereka. Banyak buaya besar menelan batu, yang dapat bertindak sebagai pemberat untuk menyeimbangkan tubuh mereka atau membantu menghancurkan makanan, mirip dengan pasir yang dicerna oleh burung.

15. Buaya adalah amfibi
Mereka adalah reptil amfibi, menghabiskan sebagian waktunya di air dan sebagian lagi di darat. Meskipun buaya air asin dan buaya Amerika dapat berenang ke laut, tidak ada spesies buaya yang dapat dianggap benar-benar laut.


Kesalahpahaman umum tentang buaya

Selain fakta, ada banyak kesalahpahaman tentang buaya:

1.Bertentangan dengan mitos umum, bahwa sebenarnya kulit buaya tidak tahan peluru.
2.Buaya memakan bayi mereka. Itu salah, karena tidak ada buaya yang melakukan itu. “Dahulu kala, orang akan mengamati buaya yang menggali sarang dan ada telur dimulutnya, orang-orang berpikir bahwa mereka memakannya. ” Faktanya, mereka membawa bayi mereka ke air.
3.Buaya tidak bodoh. Walaupun otak buaya cukup kecil, ia mampu belajar lebih banyak daripada kebanyakan reptil.


Saran lainnya