(Populer) 10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa Hingga Tahun Ini


Film indonesia populer terlaris – Halo sahabat fispol semuanya, Tak terasa kita telah menginjak tahun 2019 dan semangat perfileman didunia semakin naik saja, terbukti dengan banyaknya film film baru yang keluar disetiap tahunnya. Begitu pula dengan kemajuan dunia perfileman di Indonesia, meskipun Film-film barat alias hollywod masih menjadi incaran utama kebanyakan para pencinta film saat ini.

Awal mula film populer di Indonesia

Perfilman Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan sempat menjadi raja di negara sendiri pada tahun 1980-an, ketika film Indonesia merajai bioskop-bioskop lokal. Film-film yang terkenal pada saat itu antara lain, Catatan si Boy, Blok M dan masih banyak film lain. Adapun Bintang-bintang muda yang terkenal pada saat itu antara lain adalah Onky Alexander, Meriam Bellina, Lydia Kandou, Nike Ardilla, Paramitha Rusady dan masih banyak lagi.

Film Indonesia Semakin laris dari masa ke masa

Kabar baiknya adalah Saat sekarang ini dunia perfilman Indonesia tengah bangkit kembali. Masyarakat Indonesia mulai mengganggap film Indonesia sebagai sebuah pilihan di samping film-film Hollywood. Walaupun variasi genre filmnya masih sangat terbatas, tetapi arah menuju ke sana telah terlihat. Titik balik perfileman Indonesia adalah pada tahun 2016. Dimana dari 15 film pada tahun itu mampu menembus Daftar 100 film Indonesia terlaris sepanjang masa bahkan dilengkapi dengan pemecahan rekor penonton terbanyak yang di pegang film Laskar Pelangi selama 8 tahun.

Kebangkitan perfileman Indonesia terus berlanjut pada tahun tahun berikutnya, setelah memecahkan berbagai rekor pada tahun 2016, Danur menjadi tolak ukur baru film bergenre horor yang sudah lama tak diminati masyarakat dan menjadi film horor terlaris sepanjang masa yang sebelumnya di pegang oleh Tali Pocong Perawan.


Daftar Film Indonesia Terlaris (Populer) berdasarkan jumlah penontonnya

Film Indonesia Terlaris dan Populer Sepanjang Masa
Film Indonesia Terlaris dan Populer Sepanjang Masa

Nah, Berikut ini adalah daftar 10 film indonesia terlaris berdasarkan statistik jumlah penontonnya yang dikumpulan dari sumber data: Cinema 21, PPFI, Blitzmegaplex, produser film.

Malas membaca? tonton video mengenai daftar film indonesia populer berikut ini.

10. Ayat Ayat Cinta 2 2.840.159 MD Entertainment 2017 Guntur Soehardjanto

film arahan Guntur Soeharjanto dan diproduksi oleh MD Entertainment ini berada diurutan ke 10 yang berhasil meraih 2,8 juta penonton saat tayang tahun 2017 yang lalu. Film ini adalah seri ke 2 dari film ayat ayat cinta pertama dan kembali dibintangi oleh Fedi Nuril.

9. My Stupid Boss 3.052.657 Falcon Pictures 2016 Upi Avianto

Selanjutnya diurutan ke 9 ada “My Stupid Boss”. Ternyata chemistry antara Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari tak hanya sebagai pasangan suami istri di layar lebar saja. Buktinya, film My Stupid Boss yang tayang di tahun 2016 lalu ini sangat disukai penonton film diindonesia dan masuk ke dalam daftar film Indonesia terlaris sepanjang sejarah dengan jumlah sekitar 3 juta penonton.

Di film ini, Reza memerankan Bossman, sosok bos yang menyebalkan tapi konyol, sedangkan Bunga memerankan karyawan si Bossman yang seringkali dibuat jengkel oleh tingkah Bossman.

8. Ada Apa Dengan Cinta? 2 3.665.509 Miles Films 2016 Riri Riza

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Cinta dan Rangga kembali bertemu. Perlu 12 tahun bagi penggemar keduanya untuk mendapatkan jawaban bagaimana kisah Cinta dan Rangga selanjutnya, setelah pertama kali penayangan Ada Apa Dengan Cinta? di tahun 2002 silam.
Film sekuel yang disutradarai oleh Riri Riza dan dibintangi Dian Sastrowardoyo serta Nicholas Saputra ini pada penayangannya ditonton sebanyak 3,6 juta penonton.

7. Ayat-ayat Cinta 3.676.135 MD Entertainment 2008 Hanung Bramantyo

Sedangkan diurut ke 7 selanjutnya adalah film “Ayat ayat cinta” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini Diangkat dari novel berjudul “ayat ayat cinta”, dan dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, dan Carissa Putri di tahun 2008 lalu. Ayat ayat cinta telah disaksikan oleh 3,6 juta penonton. Cukup banyak bukan?

6. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 4.083.190 Falcon Pictures 2017 Anggy Umbara.

Film ini merupakan genre komedi yang pertama masuk dalam daftar ini. Disutradarai oleh Anggy umbara, Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! Part 2 ini telah ditonton sebanyak 4jt kali. Memang Tak mudah untuk mengulang kesuksesan seperti halnya film pertama. Banyak film sekuel yang tidak sesukses film pertamanya. Tapi hal ini tidak berlaku untuk film ini.

5. Pengabdi Setan 4.206.103 Rapi Films 2017 Joko Anwar

Film garapan Joko Anwar ini berhasil menakuti 4,2 juta penonton dengan sosok Ibu yang membawa lonceng. Hayo, siapa diantara sahabat fispol yang tidak bisa tidur setelah pulang menonton film horor yang satu ini? Pengabdi setan merupakan satu-satunya film horor di dalam daftar ini.

4. Habibie & Ainun 4.583.641 MD Entertainment 2012 Faozan Rizal

Mengisahkan tenang Kisah cinta Presiden Indonesia Ke-3, B.J. Habibie dengan sang mendiang istri yang membuktikan bahwa cinta sejati benar adanya. Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari dan mendatangkan penonton dengan jumlah sekitar 4,5jt penonton.
Tak hanya banjir penonton, film ini juga banjir penghargaan bahkan dibuat prekuelnya oleh Rudy Habibie di tahun 2016 lalu

3. Laskar Pelangi 4.719.453 Mizan Productions, Miles Films 2008 Riri Riza

Film ini diangkat dari novel laris karya Andrea Hirata. Laskar Pelangi sukses menempatkan diri di posisi ketiga dari daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa saat ini.
Sebanyak 4,7 juta penonton memadati bioskop saat film garapan Riri Riza ini diputar di tahun 2008. Adakah dari para sahabat semua yang pernah menonton film ini? Kalau ada bagaimana menurut anda? Komen ya!

2. Dilan 1990 6.315.664 Falcon Pictures, Maxx Pictures 2018 Fajar Bustomi

Film fenomenal yang terkenal dengan qoutenya ‘Jangan rindu, berat. Kamu gak akan kuat. Biar aku saja.’ ini sudah berhasil membuat penonton gemas dengan sosok Dilan yang diperankan oleh aktor muda berbakat Iqbaal Ramadhan. Dilan 1990 disutradarai oleh Fajar bustomi dan berhasil mendatangkan penonton sebanyak 6,3 juta.

1. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 6.858.616 Falcon Pictures 2016 Anggy Umbara

Nah, ini dia urutan pertama dari daftar film terlaris sepanjang masa yaitu film pabrikan Falcon pictures pada tahun 2016 silam. Statistik penonton yang fantastis hingga mencapai 6.8juta saat ditayangkan,

Film komedi ini bintangi oleh tiga aktor ternama Indonesia, Abimana Aryasatya berperan sebagai Dono, Vino G Bastian sebagai Kasino, dan Tora Sudiro sebagai Indro. PAda seri Jangkrik Boss! Part 1 tersebut menghadirkan kembali berbagai hal-hal menarik dan lucu dari film lawas Warkop DKI yang dirilis tahun 1982 lalu.


Nah demikianlah 10 daftar film terlaris Made In Indonesia berdasarkan jumlah penontonnya. Dari daftar tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa dunia perfileman diindonesia melaju naik dari tahun ketahun. Semoga ditahun tahun berikutnya akan lebih meningkat lagi ya guys! Amin….


Saran lainnya