Cara mudah membuat Es Krim berbagai rasa di rumah sendiri


Cara membuat Es krim Rumahan cepat dan praktis – Saat suhu udara sedang panas atau panasnya sinar matahari disiang hari, Es krim (bahasa inggrisnya ICE CREAM) merupakan makanan yang paling dicari oleh beberapa orang karena sensasi akan dingginnya es yang beku akan begitu terasa dilidah. Mungkin Anda adalah salah satu diantara mereka yang sangat menyukai es krim. Apalagi, sekarang ini es krim telah tersedia dengan beraneka ragam varian rasa mulai dari rasa cokelat (coklat), Vanilla, milo, eskrim mangga, oreo, strawberry, susu, rasa pisang, ice ream rasa kopi dan masih banyak lagi rasa es krim lainnya.

Video Cara Membuat Es krim

Susu adalah bahan utama disetiap pembuatan es krim, kemudian dicampur dengan berbagai rasa, pemanis amupun perasa yang membuatnya semakin enak dan lezat saat dinikmati. Dengan banyaknya rasa dari ice cream tersebut menjadikan es krim bisa disukai di berbagai tingkat umur. Baik anak-anak, remaja, bahkan orang-orang dewasa sekalipun ada yang sering makan es beku dari susu ini. Penulis sendiri pernah melihat seorang kakek-kakek memakan es krim bersama cucunya, hhmmm cool ya?

Beda halnya dengan membuat kopi atau teh manis, bisa dibilang untuk membuat eskrim lebih butuh ketelitian lagi, karena jika salah maka akan membuat es krim tidak enak dilidah. Apalagi tentu saja membutuhkan mesin pembeku untuk mendindinkannya, setidaknya kulkas yang memiliki freezer (pendingin). Alat pendingin akan memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembuatan es krim yang enak.

Oleh karena proses untuk membuat es krim yang begitu ribet, biasanya hanya dijual di toko-toko besar seperti hipermart, supermarket, mal-mal dan beberapa toko yang memiliki mesin pendingin. Maka jika sedang ngidam eskrim, yah tentu saja kita akan langsung datang ketoko-toko tersebut untuk membelinya. Mengapa tidak mencoba untuk membuatnya sendiri? karena ada beberapa cara yang terbilang cukup mudah untuk membuat es krim, bahkan di rumah sendiri.

Cara membuat es krim berbagai ras dirumah
Cara membuat es krim berbagai ras dirumah

Membuat es krim dirumah akan menghemat pengeluaran untuk membelinya di toko, selain itu juga menambah pengetahuan kita sendiri. Yah siapa tahu ya kan, dengan belajar membuat es krim dirumah sendiri, nantinya bisa menemukan sebuah resep es krim yang tepat dan kemudian bisa menjual es krim dengan lebel sendiri.

Berikut ini adalah berbagai macam cara mudah membuat es krim yang enak dan bisa dilakukan dirumah. Kita akan belajar membuatnya dalam banyak rasa. Anda bisa mencoba semua rasa dan membuatnya atau salah satu rasa es krim yang Anda sukai saja.

Membuat Es krim Berbagai Rasa


Resep dan Cara Membuat Es Krim Rasa Coklat


Jika kita prhatikan ditoko-toko, ice cream rasa coklat pasti selalu ada. Ini mungkin karena memang peminat es krim rasa coklat ini memang sangat banyak, sehingga pihak produsen pun memilih untuk membuat eskrim rasa coklat ini lebih banyak dan continue…

Membuat es krim rasa coklat ternya bisa dirumah, berikut adalah resepnya.

Bahan yang perlu disiapkan adalah:

  1. Coklat bubuk 3 sdm
  2. Gula Pasir sebanyak 200 gram
  3. Susu 1 liter, usahakan yang segar ya.
  4. 4 Telur ayam ( Ambil kungingnya lalu dikocok)
  5. 15 gram tepung maizena
  6. Vanili sdm

Cara membuat es krim coklatnya:

  1. Langkah pertama dalam proses pembuatan ice cream coklat ini adalah: Tuangkan susu yang telah disiapkan sebelumnya beserta gula pasir dan masukkan kedalam panci, lalu masaklah kedua bahan tersebut hingga mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduknya agar kedua bahan tersebut tidak rusak.
  2. Kemudian, selanjutnya adalah memasukkan dan mencampurkan bubuk coklat secara perlahan, lalu terus aduk merata.
  3. Ambillah 1 sdm susu kemudian campurkan dengan tepung maizena, lalu aduk hingga larut.
  4. Jika semua bahan tersebut telah tercampur sempurna, kemudian tuangkan ke dalam rebusan susu pertama, aduklah hingga merata.
  5. Selanjutnya langsung tambahkan vanili, aduk secara merata.
  6. Siapkan wadah lain yang bersih lalu saringlah susu dengan menggunakan kain tipis diwadah tersebut.
  7. Jika susu telah tersaring sempurna, kemudian tuangkan Telur (kuning) yang telah dikocok ke dalamnya, aduklah hingga merata dan masukkan kuning telur secara perlahan.
  8. Jika sudah lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian masukkanlah ke dalam kulkas / freezer.
  9. Tunggu selama 15 menit, kemudian aduk lagi es krimnya. Sebaiknya hal ini dilakukan sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim coklat yang enak, halus dan lembut.
  10. langkah terakhir dalam membuat es krim coklat ini adalah memasukkannya ke dalam kulkas/freezer lalu tungu kurang lebih sekitar 8 jam supaya es krim benar benar menjadi beku.

Membuat ice cream coklat cukup mudah bukan? jika kamu gagal untuk percobaan pertama, jangan mujdah menyerah, terus coba lagi hingga es krim coklatnya benar benar sesuai yang diinginkan. Masih mau coba rasa lain? yuk kita lihat cara membuat es krim rasa lain.


Cara Membuat Es Krim – Rasa Buah Mangga


Dari survey market es krim, rasa buah mangga saat disukai oleh kaum wanita. Apakah itu benar? Ya, rasa ice cream yang enak dan dingin dapat menjadi obat penenang yang sangat mujarab, apalagi jika kamu sedang mengalami yang disebut dengan bad mood. Buah mangga kini telah menjadi rasa yang juga populer di pasar es krim, Penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya? mari disimak:

Siapkan bahan yang diperlukan:

  1. Whipped cream sebanyak 150 Gram
  2. 1 mangga (buah) yang telah dikupas dan diportong2 dalam bentuk kotak/dadu
  3. 2 mangga (buah) segar (matang)
  4. Air es (200 ml)
  5. Susu kental manis sebanyak 100 ml

Jika bahannya sudah siap, yuk kita buat es krim rasa mangga dengan resep pembuatan sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama adalah mengupas buah mangga segar yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu ambil daging (buah) mangga tersebut kemudian masukkan dan blender (jangan tambahkan air) hingga benar-benar halus.
  2. Jika sudah dihaluskan, campurkan susu kental manis lalu diaduk hingga merata. Anda bisa menggunakan blender untuk lebih efisien.
  3. Lalu kemudian mixerlah whipped cream dengan ditambahkan air es yang telah disiapkan hingga terlihat mengental campuran tersebut.
  4. Setelah mixer selesai, campurlah mangga yang telah diblender pada langkah pertama tadi, lalu mixer lagi sampai rata.
  5. Perkiraan 2-3 jam kemudian keluarkan adonan es krimlalu kocok lagi sampai merata, sembari mengaduk tambahkan juga potongan mangga berbentuk kotak tadi.
  6. Jika sudah,masukkan kedalam kulkas/freezer hingga adonan tersebut telah menjadi es krim. Ini bisa terlihat ketika adonan tersebut telah benar-benar membeku.
  7. Selesai.

Hmm, mudah bukan? membuat es krim rasa mangga ini bisa Anda praktekkan dirumah sendiri dengan terlebih dahulu menyiapkan bahan2 diatas lalu mengikuti petunjuk resep membuatnya. Selamat mencoba ya!


Resep dan Cara Membuat Es Krim Vanilla


Ok guys, setelah mengetahui resep es krim rasa mangga, Sekarang kita coba resep ice cream dengan varian rasa lainnya yaitu rasa vanilla. Sama halnya dengan “coklat” es krim vanilla juga termasuk paling banyak ditemukan di toko-toko karena peminatnya cukup banyak. Bahkan biasanya sudah di mixer rasa es krimnya misalnya saja kita banyak menemui eskrim rasa vanila + coklat, vanilla strawberry dan varian mixer lainnya.

Resep kita kali ini yaitu membuat es krim vanilla yang original tanpa dicampur dengan rasa lain. Dengan hasil yang sangat lembut dan tak kalah dengan es krim yang dijual di supermarket-supermarket.

Bahan yang perlu disiapkan:

  1. Susu cair rasa vanilla sebanyak 350 ml.
  2. Susu kental manis (putih) 150 gram
  3. Susu bubuk  50 gram
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 1 sdt SP
  6. 1 sdm maizena

Setelah bahannya siap, lansung saja kita buat es krimnya:

  1. Pertama, Mixerlah Susu kental manis, gula dan sp dgn kecepatan tinggi hingga mengembang dan terlihat kental.
  2. Lalu, Masukan maizena dan susu bubuk kedalam adonan tersebut, kemudian mixer kembali dengan kecepatan lebih rendah dari sebelumnya.
  3. Jika sudah, tambahkan susu cair kedalamnya dengan perlahan sedikit demi sedikit, kemudian mixer kembali adonan bahan es krim tersebut hingga kental.
  4. Setelah selesai, tuangkan ke wadah baru yang bersih lalu ditutup dan kemudian dimasukkan kedalam lemari pendingin / freezer hingga membeku.
  5. Es krim vanilla siap dihidangkan!
Cara membuat es krim vanilla
Cara membuat es krim vanilla

Cara Membuat Es Krim Tradisional – Rasa Kopi


Biasanya kopi disajikan dalam keadaan panas maupun hangat. Lalu, bagaimana jika ternyata kopi bisa dibuat menjadi es krim yang dapat kita sajikan pada keadaan dingin sekalipun. Apakah anda pernah mencoba rasanya bagaimana?

Kopi adalah rasa es krim yang bisa dibilang tradisional, dan kali ini kita akan langsung belajar untuk membuat ice cream tradisional ini. Berikut adalah resep membuatnya:

Bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat es krim kopi adalah:

  1. Susu cair rasa moccacino (dingin) 300ml
  2. Whipcream bubuk 100 gram
  3. 2 Sachet kopi ( Telah dicairkan )
  4. Choco chip 3 sdm
  5. Susu kental manis 5 Sendok

Cara membuat es krim kopi:

  1. Campur whipcream bubuk dengan susu cair dan kopi mixer sd mengembang
  2. Campurkan susu kental manis mix lalu masukan choco chip aduk.
  3. Masukan ke wadah kedap udara simpan di frezer 3-4 jam
  4. Selesai dan ice cream siap untuk dihidangkan!

Sangat mudah bukan resep dan cara untuk es krim kopi ini, yuk langsung dipraktekkan untuk mencobanya dirumah masing-masing!


Cara membuat Es Krim – Rasa Strawberry


Rasa es krim yang enak menjadi khasnya dilidah masing masing penikmat makanan beku ini. Dengan rasa varian strawberri, es krim menjadi semakin diminati khusunya kaum hawa, tentunya rasa strawberry sudah menjadi rasa favorit mereka. tapi bukan berarti kaum adam juga tidak menyukai rasa es krim strawberry loh ya! Karna ada hampir semua orang menyukai rasanya.

Langsung saja kita akan belajar bagaimana membuat es krim dengan mudah dirumah tanpa perlu membeli ditoko. Berikut adalah resetnya untuk bisa kita praktekkan!

Bahan yang diperlukan untuk membuat es krim rasa strawberri adalah sbb:

  1. Strawberry sebanyak 250 gram
  2. Gula pasir 50 gram
  3. Buah lemon (jika tersedia/boleh tidak)
  4. Susu cair / UHT ( rasa strawberry) sebanyak 200ml
  5. Essence Vanilla 2 Sdm

Jika bahnnya sudah disiapkan, berikut adalah rersep untuk membuat ice cream strawberry:

  1. Pisahkan 50 gr strawberry dengan lemon, vanila, dan gula beri air sedikit saja.panaskan dengan api kecil supaya strawberry layu dan hampir berbentuk selai dgn bongkahan
  2. Blender susu ultra dengan strawberry sisanya. Kalau saya tidak pakai gula lagi krn pengen yg agak asam. Bila kurang gula tambahkan air dr compote/rebusan strawberry saja jd lebih mantap rasa strawberrynya
  3. Setelah susu dan fresh strawberries di blender taruh waduh, baru masukan bongkahan strawberry yg sudah direbus td agar ada tekstur Strawberry pd ice creamnya.
  4. Bekukan minimal 8 jam dan taburi fresh strawberries sebelum dihidangkan.

Nah demikianlah berbagai resep cara membuat es krim rumahan bahkan tradisional dengan bahan bahan yang mudah didapat serta cara yang bisa di ekspresikan sendiri dirumah masing masing. Selain resep diatas sebenarnya masih sangat banyak cara cara lainnya untuk membuat es krim dirumah dan dikesempatan lainnya, kita akan mencoba lagi untuk share bagaimana membuat eskrim dengan rasa berbeda.

Semoga bermanfaat, Oh ya jangan lupa subcribe ke channel kita ya, untuk update informasi dan tutorial mengenai es krim ini. Klik Disini untuk Subscribe.


Saran lainnya