Kuliner Khas Kudus yang Memanjakan Lidah


Kudus, kota yang dikenal sebagai kota penghasil kretek terbesar di pulau jawa dan juga mempunyai destinasi wisata yang sangat tepat untuk anda kunjungi. Suasana yang masih asri dan tidak terlalu padat penduduk, membuat anda betah ditempat ini.

Selain suasana kotanya yang masih tidak terlalu padat penduduk, di Kota ini juga menyimpan berbagai makanan khas yang tidak boleh anda lewatkan yang akan membuat perut anda super kenyang dan puas, rasanya gak usah ditanya lagi pasti enak tiada duanya.

Karena berada di pulau Jawa, kuliner disini pun, masih menghidangkan makanan khas yang identik dengan rasa makanan jawa, ditambah dengan cita rasa khas kudus, membuat makanan ini semakin menarik untuk dikonsumsi.

Berikut saya akan menjabarkan  5 makanan khas kudus yang sangat cocok anda santap

Lentog Tanjung

Lentog Tanjung Khas Kudus
Lentog Tanjung Khas Kudus

Tidak lengkap rasanya berkunjung ketempat ini, kalau belum merasakan lentog tanjung khas kudus. Lentog biasanya dihidangkan diatas sebuah piring kecil yang dilapisi daun pisang, Lentog tanjung sangat cocok sebagai pengganti sarapan pada pagi hari, dan juga sebagia pengganjel perut.

Lentog tanjung berisikan lontong dengan sayur nagka yang masih muda, sayur tahu, tempe, tidak ketinggalan santan kental, dan sebagai pelengkapnya ditaburi dengan bawang goreng. Lentog lebih nikmat kalau disantap dengan tambahan lauk sate telur puyuh bumbu semur, sate usus, dan ditambah kerupuk.

Soto kudus

soto kudus
soto kudus

Soto kudus memiliki isi berupa daging ayam, kecambah serta taburan bawang goreng diatasnya, yang membedakan soto kudus dengan soto-soto biasanya yaitu daging ayamnya menggunakan daging ayam kampung, karena rasanya lebih gurih dan disenangi masyarakat banyak, selain itu penyajiannya juga lebih praktis dengan menggunakan mangkuk yang kecil. Jika anda mau mencicipi soto yang satu ini, jangan lupa untuk menambhkan kecap dan jeruk nipis agar rasanya lebih terasa.

Opor Bakar Sunggingan

Opor bakar sunggingan
Opor bakar sunggingan

Opor bakar sunggingan terkenal dengan rasanya yang gurih, dan kamu tau opor ini cuman ada di kudus loh. Jai sayang sekali kalau gak sempat cicipi opor ini. Selain rasanya yang khas, opor ini juga khas banget dimana disajikan dengan dau pisang yang masih muda sebagai pengganti sendok. Lebih nikmat lagi kalau ditambahkan kerupuk udang dan kerupuk rambak.

Nasi Pindang Kerbau

Sebagian besar makanan khas di kudus disajikan diatas piring dengan alas daun pisang. Begitu juga Makanan khas yang satu ini, nasinya disiram dengan kuah yang kecoklatan dengan potongan daging kerbau yang besar-besar yang menjadi ciri khas Nasi pindang kerbau. Pada bagian atasnya terdapat daun mellinjo yang  masih segar dan ditaburi bawang goreng.

Garang Asem

Dinamakan grang asem karena Ayam kudus mempunyai kelezatan yang berbeda dengan daerah-daerah lain. Garang asem juga bisa dikatakn sup ayam kampung, dengan bahan yang diperlukan untuk kuahnya seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai rawit, dan tomat hijau, semua bumbu itu dihakuskan sedemikian rupa, baru dituangkan kedalam baskom yang sudah ada airnya dan  diberi tambahan seperti potongan tomat hijau dan rawit.

Garang Asem
Garang Asem

Untuk mempertahankan cita rasa Garang asem kudus ini, para pembuat garang asem ini tetap memakai ayam kampung sebagai bahan dasar garang asem ini. Supaya tetap terjaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap garang asem kudus.

Itu dia 5 kuliner khas kudus yang wajib anda cicipi.

 

 


Saran lainnya