Timnas u16 Indoneia vs Malaysia, Indonesia menuju Final


Babak semifinal Piala AFF 2018 U-16  yang digelar di stadion Delta Sidoarjo Kamis (09/0818), Timnas U-16 Indonesia akhirnya mampu menang atas Malaysia U-16 dengan skor tipis 1-0, Gol Garuda Asia dicetak oleh Bagus Kahfi melalui tendangan penalti di menit ke-71.

Babak 1

Di laga kali ini coach Fakhri Husaini dari tim Indonesia kembali memainkan Bagus Kahfi di lini depan bersama dengan dua sayap cepat Mochammad Supriyadi dan Fajar Fathur. Dipertandingan kali ini Fakhri memainkan semua pemain terbaiknya seperti Bagas Kaffa dan sang kapten David Maulana, Bagas Kaffa sebelumnya mendapatkan hukuman kartu merah dan tidak dapat bermain, sedangkan ban kapten sebelumnya digunakan oleh Bagus Kahfi.

Dari awal permainan tim Indonesia mendominasi permainan dengan permainan cepatnya, akan tetapi skor 0-0 masih belum terpecahkan oleh kedua tim hingga turun minum, banyak serangan-serangan Indonesia yang tidak berhasil dikonversi menjadi goal oleh pemain andalan Indonesia seperti serangan yang dilakukan oleh Andre Octaviansyah di menit ke-13, tendangan jarak jauhnya masih melebar di pinggir gawang.

Sedangkan tim Malaysia masih kesulitan menemukan ritme permainan mereka, tim Malaysia tidak mampu membangun serangan, di menit ke-28 David maulana berhasil mencuri bola dari pemain Malaysia dan mampu menggiring bola sendirian hingga kotak penalti, dan menendang bola langsung ke arah gawang Malaysia tapi sayang tendangan David Maulana melambung terlalu tinggi di atas mistar gawang Malaysia.

Kegigihan timnas U-16 Indonesia tidak terpatahkan meskipun sudah berkali kali mencoba mencetak gol tapi tidak berhasil menjebol gawang Malaysia, Timnas Indonesia tidak sama sekali menyerah, mereka terus menyerang dan menyerang gawang Malaysia.

Hingga para pemain Indonesia mampu membawa bola sampai di depan mulut gawang Malaysia, tapi akhir dari usaha pemain Indonesia belum juga berhasil menjebol gawang Malaysia saat supriadi menendang bola ke arah gawang Malaysia di menit ke-31 bola masih membentur tiang gawang Malaysia.

TIMNAS U16
TIMNAS U16

Babak 2

Di babak ke dua coach Fakhri memasukkan Sutan Zico yang terus mencari ruang untuk menyerang, Indonesia tetap mendominasi pertaningan, Indonesia masih menunjukkan skill terbaiknya dengan kembali mengambil inisiatif serangan di awal babak ke dua. sedangkan Malaysia lebih sering mengambil kesempatan dari bola-bola mati dan serangan balik, namun usaha Malaysia selalu bisa digagalkan oleh baris pertahanan timnas Indonesia.

Timnas Indonesia mendapatkan penalti setelah Supriadi dijatuhkan oleh kiper Malaysia di kotak penalti di menit ke-71. Bagus Kahfi yang menjadi eksekutor berhasil melakukan tugasnya dengan baik, tendangan kerasnya tidak mampu ditahan oleh kiper Malaysia dan Indonesia memimpin 1-0.

Indonesia masih mendapat sejumlah peluang emas di babak kedua. Namun, hingga peluit akhir babak kedua dibunyikan, tak ada lagi gol yang tercipta di antara kedua tim. Indonesia menang 1-0 dan melenggang ke final.

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan melenggang ke babak final. Di partai puncak, Indonesia ditunggu oleh Thailand yang terlebih dahulu lolos usai menang atas Myanmar.

Susunan Pemain Kedua Kesebelasan Semifinal Piala AFF 2018 U-16

Indonesia

Ernando Ari, Amirudin Bagas Kaffa, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, Yudha Febrian, David Maulana (c), Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah, Mochammad Supriadi, Amirudin Bagus Kahfi, Muhammad Fajar Fathur.

Pelatih: Fakhri Husaini

Malaysia

Abdul Alim, Ali Imran Sukari (c), Muhammad Izzul Adam, Muhammad Alias Alan, Dinesh Baskaran, Muhammad Ikhwan, Muhammad Marwan Abdul Rahman, Megat Syafique Syazwan, Harith Naem Jaineh, Alif Daniel, Muhammad Azrul Haikan.

Pelatih: Raja Azlan Shah.


Saran lainnya