5 Lomba 17 Agustusan Yang Lucu Dan Popular di Indonesia


Lomba 17 agustus – Sebentar lagi 17 agustus akan segera menghampiri kita, setiap bulan agustus banyak kegiatan-kegiatan agustusan yang menunggu, mulai dari bersih-bersih kampung, syukuran, pawai, berbagai macam lomba agustusan, dan tentunya upacara kemerdekaan.

Bulan agustus adalah bulan yang sangat padat dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Negara kita tercinta Republik Indonesia. Semua kegiatan-kegiatan ini selalu menarik warga untuk berpartisipasi, khususnya lomba-yang yang dilaksanakan di tiap daerah.

lomba 17 agustus
lomba 17 agustus

Untuk kategori perlombaan sendiri, umumnya terbagi menjadi empat kategori, yaitu perlombaan untuk ibu-ibu, perlombaan untuk bapak-bapak, perlombaan untuk anak-anak dan perlombaan untuk umum (tidak mengenal usia). Perlombaan-perlombaan tersebat diadakan memang untuk memeriahkan hari kemerdekaan, yang pastinya akan menghibur dan menimbulkan gelak tawa dari para peserta dan penonton.

Tapi bukan hanya menghibur saja, jenis – jenis lomba yang di adakan juga bertujuan memupuk lagi rasa kebersamaan, jiwa berkompetisis dan juga mengingatkan semangat berjuang yang mulai pudar. Nah berikut beberapa lomba-lomba 17 agustus yang lucu, seru, dan gokil

  1. Lomba panjat pinang

Lomba panjat pinang adalah lomba yang sangat seru dan lucu, bagaimana tidak seru dan lucu, lomba panjat pinang ini sangat sulit dilakukan karena pohon pinang yang digunakan dilumuri dengan oli.

Sehingga pohon pinang tersebut sangat licin, perlombaan ini biasanya dilakukan oleh sekelompok laki-laki yang kuat dan bisa memanjat.

Untuk satu pohon pinang dipanjat oleh sekelompok laki-laki dan kelompok tersebut akan saling membantu untuk menggapai pucuk pohon piang yang sudah digantungi berbagai hadiah di atas.

Lomba ini sering kali mengundang gelak tawa penonton yang menyaksika para peserta lomba yang sedang bahu membahu memanjat pohon pinang. Sering terjadi hal lucu saat para peserta tarik menarik celana teman satu tim, mereka tidak punya pegangan selain celana teman yang digunakan.

karena para peserta lomba dilarang mengenakan baju/kaos sehingga mereka hanya bisa berpegangan ke celana temannya sendiri, ada juga yang celananya ditarik sampai melorot.

Bukan hanya lucu namun permainan ininjuga menunjukan bagaiman kerja sama bisa mengalahkan segalanya, mengesampingkan ego demi meraih tujuan yang sama.

  1. Lomba balap karung

Lomba balap karung ini adalah salah satu lomba yang azngat popular di kalangan masyarakat Indonesia saat agustusan, kelihatannya lomba ini mudah akan tetapi berlari sambil mengenakan karung tidak mudah sama sekali, kadang-kadang bisa tersandung saat melompat-lompat menuju garis finish, tapi bagi para penontonnya lomba ini bisa membuat mereka tertawa.

  1. Lomba balap karung pakai helm

Lomba balap karung pakai helm ini adalah inovasi dari lomba balap karung, yang bisa berpartisipasi dalam lomba ini adalah anak kecil, sebelum memulai lomba ini pesertanya harus dipurat-putar terlebih dahulu.

Lalu mereka dipersilahkan berjalan di dalam karung sambil menggunakan helm teropong, peserta biasanya pusing setelah diputar-putar sehinnga banyak peserta yang salah arah untuk mencapai gars finish, ada juga yang tidak bisa jalan sama sekali karena pusing dan rubuh.

  1. Lomba gebuk bantal di sebatang bamboo

Lomba ini juga tidak kalah lucu, dilakukan di atas sungai yang diberi sebatang bamboo, pesertanya duduk di atas sebatang bambu tersebut. Hanya ada dua peserta yang harus berlawanan.

Mereka harus saling pukul menggunakan guling untuk menjatuhkan lawan. Kekuatannya hanya bertumpu pada kaki yang disilangkan di bambu, peserta yang menang adalah peserta yang paling terakhir bertahan di atas bambu, sementara peseRta yang kalah adalah peserta yang jatuh ke dalam sungai.

  1. Lomba memasukkan paku ke dalam botol

Lomba memasukkan paku ke dalam botol ini terbilang klasik, karena lomba ini sudah ada sejak jaman reformasi. Lomba ini memerlukan ketenangan dan konsentrasi tinggi, karena paku yang digunakan harus diikatkan ke pinggang para peserta lomba.

sehingga saat peserta bergerak sedikt saja, paku akan bergerak sangat kencang dan sangat susah untuk menghentikan pergerakan paku. Sedangkan lubang botol yang digunankan kecil, jadi peserta lomba harus benar-benar tenang saat menggerakkan pingganggnya saat mengarakan paku ke lubang botol sampai berhasil.

Nah itu tadi beberapa lomba 17 agustus yang bisa kalian ikuti, meskipun tidak semua desa atau kota sekarang mengadakan lomba ini namun di beberapa tempat lomba – lomba ini seperti agenda rutin.


Saran lainnya