Mengenal Kandungan Dan Manfaat Buah Arbei


Buah Arbei – Buah ini masih banyak dijumpai di desa-desa, atau di toko-toko tanaman, buah ini sangat mudah sekali perawatannya, hanya dengan menyiraminya setiap hari pasti akan tumbuh subur dan berbuah setiap saat, nama buah ini adalah Arbei, buahnya mungil hanya sepanjang 1 cm – 2 cm, siapa sangka buah yang tidak (belum) diperjual belikan ini sangat besar manfaatnya bagi kesehatan.

Memang buah ini belum diperjual belikan saat ini tapi saya yakin suatu saat nanti, buah ini pasti diperjual belikan, seperti ciplukan yang pada masa saya kecil dulu di tahu 90 an buah ciplukan juga hanya dianggap buah yang tumbuh degan sendirinya di sawah, banyak yang tidak tahu manfaatnya dan memilih untuk mengabaikannya, akan tetapi sekarang buah ciplukan sudah ramai diperbincangkan sebagai tanaman obat.

buah arbei
buah arbei

Buah arbei merupakan salah satu buah yang juga cukup terkenal di kalangan masyarakat terutama di masyarakat Indonesia. Di berbagai tempat cukup gampang menjumpai pohon arbei ditanam di halaman-halaman rumah warga.

Bahkan meskipun tidak banyak orang yang mengembang biakan namun buah arbei ini sering tumbuh sendiri di pekarang tanpa ada yang menanam . Hal ini karena biji dari buah arbei sangat kecil sehingga mudah sekali menyebar melalui udara atua air.

Selain manfaatnya yang besar buah arbei juga disukai oleh anak-anak, tidak heran jika para orang tua suka menanam buah ini. Akan tetapi masyarakat awam masih menganggap tanaman buah arbei (mulberry) ini semata-mata hanya sebagai pengisi halaman atau pekarangan yang kosong saja.

Banyak yang menganggap buah ini kurang bernilai secara ekonomi-bisnis. Pamornya masih kalah jauh dengan strawberry atau buah berry lainnya. Tapi meskipun begitu manfaat yang dimikiki arbei tidak kalah dengan jenis buah berry lainnya.

Cara Menanam Arbei Atau Murbei

Untuk menanam buah arbei sangatkah mudah, Arbei bisa dengan mudah hidup di lahan atau tanah yang tingkat kesuburannya kurang sekalipun. Teknik perbanyakannya juga sangat mudah, cukup dengan menancapkan potongan cabang (stek) ke dalam media tanam yang sudah disiapkan. Stek cabang tadi bisa ditumbuhkan dalam media tanam di pot, polibag atau tanah pekarangan.

Kandungan Dalam Buah Arbei

Dalam 100 gram buah arbei terkandung 89.9 g air, 37 kkal energi, 0.5 mg lemak, 60 SI (Satuan Internasional) vit A, 0.003 mg vit B1, 60 mg vit C (setara dengan kebutuhan harian), 28 mg kalsium, 27 mg posfor, 0.8 mg Fe, 30 mg asam folat, 0.8 g protein dan 8.3 g karbohidrat.

Dalam buah arbei terdapat zat antioksidan berupa senyawa saponinflavonoid dan polifenol yang berperan aktif menetralkan radikal bebas penyebab infeksi dan pemicu munculnya sel-sel kanker. Kandungan kalsium pada buah arbei berperan dalam memelihara kepadatan tulang dan menguatkan gigi. Vitamin C dalam buah arbei berfungsi mencegah sariawan, menjaga kesehatan kulit atau penuaan (ageing) dini. Rajin mengonsumsi arbei juga baik untuk mempertahankan stamina tubuh, kesehatan lambung (maag), mencegah penyakit tipes, hepatitis, demam serta melancarkan peredaran darah.

Didalam buah arbei itu terdapat kandungan gizi seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, asam folat, kalsium, fosfor, fe, vitamin A, vitamin B1, saponin, flavonoid, polifenol, vitamin C serta juga kaya akan kandungan air.

Maka dari kandungan itulah yang menjadikan buah arbei juga merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk di konsumsi karena dapat membantu didalam menjaga kesehatan tubuh.

Tanaman arbei bisa menjadi pilihan tepat jika anda ingin menambah koleksi tanaman anda di rumah, selain manfaatnya yang besar, cara menanamnya juga mudah, tanaman arbei juga bisa dibuat bonsai, jadi jika anda tidak mempunyai lahan yang luas, anda bisa menanamnya di pot dan menjadikan tanaman arbei menjadi bonsai yang indah.

Nah itu tadi buah arbei, buah kecil dengan sejuta manfaat, gimana tertarik menanamnya ? meskipun buah liar namun buah ini cocok anda jadikan usaha mengingat tidak banyak orang yang menggeluti usaha ini. Bahkan dari segi daun anda bisa menjualnya kepada peternak ulat bulu sebagai makanan ulat bulu.

Buat anda yang ingin berbisnis lainnya fispol.com telah menyiapkan daftar bisnis sampingan karyawan, bisnis pulsa menggunakan aplikasi yang bisa anda kejakan di rumah dengan modal minim.


Saran lainnya