Yuk Kenali Gejala Dan Cara Menangani Penyakit Campak


Apa itu Campak?

Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus, campak ditandai dengan munculnya ruam di seluruh tubuh. Penyakit campat sangat menular dan dapat menyebar melalui kontak cairan yang terinfeksi atau melalui air liur. Nama lain dari penyakit campak adalah morbili measles rubeola.

Jika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, maka dapat membuat virus terbang di udara. Virus ini dapat hidup di udara selama beberapa jam. Jangan sekali kali coba-coba makan atau minum dari gelas, sendok, piring yang sama dengan orang yang terinfeksi campak jika anda tidak ingin terlular penyakit ini.

Sejauh ini seperti yang telah diketehui, Campak adalah penyebab utama kematian pada anak-anak di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa campak merupakan salah satu penyebab utama meninggalnya anak di dunia. Kasus ini sering terjadi terutama di negara berkembang seperti Indonesia.

Jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin campak dan ada riwayat hubungan dengan orang yang terinfeksi, datanglah ke dokter untuk melakukan vaksin campak dalam waktu 72 jam dari sejak kontak dengan orang yang terinfeksi campak.

campak
campak

Penyebab campak

Penyakit campak disebabkan oleh virus yang sangat menular. Penularan dapat terjadi dengan cara sengaja atau tanpa sengaja menghirup percikan air di udara dari bersin, batuk, atau ludah yang mengandung virus dari orang yang terinfeksi.

Selain itu, menyentuh barang yang terkontaminasi virus juga bisa menyebabkan Anda mengalami peyakit ini. Bukan hanya peralatan makan, tapi semua barang seperti baju, selimut, dan barang-barang yang pernah dipakai oleh orang yang terinfeksi.

Bukan hanya menghirup percikan ludah dari orang yang terinfeksi, akan tetapi jika Anda menyentuh barang yang terkena percikan virus penyakit ini, lalu tidak sengaja mengucek mata, menempelkan tangan ke hidung atau mulut, Anda bisa saja ikut terinfeksi.

Penyakit ini juga dapat ditularkan oleh orang yang terinfeksi dari 4 hari sebelum timbulnya gejala sampai 4 hari setelah gejala sudah mulai mereda.

Meski penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak, Anda juga dapat terinfeksi virus ini apabila sebelumnya belum pernah terkena penyakit ini atau belum imunisasi.

Gejala Campak

Gejala campak pada umumnya muncul dalam waktu 14 hari sejak terjangkit virus. Penyakit ini memiliki gambaran klinis yang cukup khas.

Gejala campak pertama yang umumnya timbul pada penyakit campak adalah sebagai berikut:

  • Mata kemerahan dan berair
  • Batuk
  • Demam tinggi
  • Mata merah
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Sakit otot
  • Sakit tenggorokan
  • Bintik-bintik putih di dalam mulut

Selain itu, ruam kulit yang luas adalah tanda umum yang ditimbulkan dari gejala campak. Ruam ini bisa bertahan hingga tujuh hari dan umumnya muncul dalam 3–5 hari setelah terjangkit virus.

Ruam gejala campak biasanya pertama tama muncul di kepala dan perlahan-lahan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Tanda-tanda ruam gejala campak yakni merah, gatal, dan benjolan.

Pengobatan Campak

Tidak ada obat khusus untuk mengatasi campak. Virus dan gejala biasanya hilang dalam 2–3 minggu. Namun, rekomendasi dari dokter untuk pengobatan campak dapat diringkas dalam beberapa poin sebagai berikut:

  • Minum obat antinyeri dan antidemam untuk meredakan demam dan nyeri otot
  • Minum obat peningkat kekebalan tubuh untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Cukup asupan cairan (minum 6–8 gelas air sehari)
  • Minum Humidifier untuk meringankan batuk dan sakit tenggorokan
  • Minum Suplemen vitamin A


Saran lainnya