Langkah-langkah Yang Wajib Dilakukan Sebelum Apply Kuliah S2 di China


Apply kuliah s2 di China – Di Cina terdapat ribuan mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi s1 maupun s2, mereka menyebar di seluruh kota yang ada di Cina, bukan hanya ribuan mahasiswa tapi puluhan ribu mahasiswa yang mendapat kesempatan untuk menempuh kuliah di Cina.

Sekarang ini tidak sedikit yang mempunyai impian kuliah di luar negeri, dan informasi yang dibutuhkan untuk mendatar kuliah di luar negeri sudah sangat menyebar luas di internet, informasi yang terdapat di internet sangatlah beragam, dan berikut informasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda jika anda ingin Apply kuliah s2 di China.

Langkah – Langkah Sebelum Apply kuliah s2 di China

apply kuliah s2 di China
apply kuliah s2 di China
  1. Mengumpulkan informasi tentang kampus mana yang ingin kamu pilih

Kampus-kampus di Cina sangat banyak sekali dan mereka sudah mempunyai sekolah International, atau universitas yang menerima mahasiswa asing dengan beasiswa atau tanpa beasiswa.

Di sini saya membahas langkah-langkah untuk apply saja, bukan membahas tentang bagaimana mendapatkan beasiswa. Akan tetapi kurang lebih langkah yang harus dilakukan hampir sama.

Informasi yang dibutuhkan untuk menentukan universitas yang ingin kamu apply adalah berhubungan dengan ranking universitas tersebut, misalnya jika ranking nya bagus maka calon mahasiswa yang dipilih pasti unggulan.

  1. Menentukan jurusan apa yang akan diambil

Jurusan yang akan diambil masih berhubungan dengan kampus yang ingin kamu pilih, karena tidak semua universitas mempunyai jurusan tertentu, bacalah dengan teliti kampus mana yang mempunyai jurusan yang sesuai dengan keinginan anda.

  1. Membuat passport

Untuk apply online, pertama kali yang dibutuhkan adalah nomor passport anda, jika anda tidak mempunyai passport sudah tentu anda tidak bisa apply.

  1. Menyiapkan semua dokumen
  2. Certificate Highest Education (Notarized Copy) / fotocopy legalisir ijazah terakhir (Scan)
  3. Transcript higher education / fotocopy transkrip (Scan)
  4. Study Plan / rencana kuliah

Di dalam study plan ini tertulis apa yang ingin kamu kerjakan ketika kuliah (topic apa yang ingin diangkat sebagai bahan penelitian), dan apa yang ingin kamu lakukan setelah kuliah.

  1. Recommendation Letter / surat rekomendasi dari dosen di universitas anda sebelumnya yang memiliki jabatan minimal ketua laboratorium dan ketua jurusan.
  2. Scan pasport
  3. Foreign physical examination

Surat keterangan sehat yang harus anda download dari website kampus calon anda mendaftar, dan anda harus cek kesehatan ke rumah sakit dengan membawa print out formulir surat keterangan sehat yang sudah anda download. Mintalah dokter untuk mengisi formulir tersebut.

  1. Academic Paper / Artikel skripsi dalam bahasa Inggris
  2. Sertifikat pendukung
  3. Language Qualification / TOEFL dengan minimal skor 550
  4. Pas foto
  5. Mendaftar online

Setelah semua dokumen lengkap, anda bisa mendaftar online di website kampus yang sudah anda pilih, dan print formulir dari website setelah anda mendaftar.

  1. Mengirim dokumen

Semua dokumen di atas harus dikirim melalui pos dalam bentuk hardcopy ke alamat yang sudah ditentukan di website universitas yang anda apply.

  1. Menunggu pengumuman
  2. Mendapatkan Admission letter

Jika anda dinyatakan diterima maka anda akan mendapat balasan email yang memberi tahukan bahwa anda diterima di universitas yang anda apply, setelah itu pihak universitas akan bertanya alamat anda yang bisa dijangkau oleh pos. Pihak kampus akan mengirimkan JW202 yaitu dokumen untuk membuat visa.

  1. Membuat visa pelajar

Jika JW202 sudah ada di tangan anda, maka anda akan dengan mudah membuat visa, hanya dalam waktu 4 hari anda sudah bisa mengambil visa anda di kedutaan Cina.

Nah itu tadi langkah – langkah apply kuliah s2 di China yang harus anda lakukan jika anda ingin kuliah di China. Selamat mencoba, dan jangan lupa jurusan kuliah dengan prospek menjanjikan.


Saran lainnya