Berikut Penyakit Yang Muncul Pasca Lebaran


Penyakit Yang Muncul Pasca Lebaran – Setelah puasa sebulan penuh lamanya, hari yang dinantkanpun tiba yaitu hari lebaran. Saat hari ini semua orang bersuka cita, semua keluarga berkumpul dan semua makanan di siapkan untuk memanjakan semua tamu yang datang.

Ada banyak makanan khas lebaran yang disediakan dan tidak lupa jajanan legendaris yang tersedia di meja saat lebaran. Ditengah suka cita tersebut sayangnya banyak juga berbagai penyakit yang muncul pasca lebaran.

Nah berikut Penyakit Yang Muncul Pasca Lebaran yang biasa kita hadapi dan cara menghindarinya.

Penyakit Yang Muncul Pasca Lebaran

penyakit yang muncul pasca lebaran
penyakit yang muncul pasca lebaran

Kelelahan

Seperti yang kita tahu sebulan penuh saat buan puasa kita dihadapkan dengan berbagai aktivotas mulai pagi hingga pagi lagi. Dan ditambah lagi dnegan haru lebaran, saat malam lebaran banyak dari kita yang menyiapkan berbagai hal untuk menyambut idul fitri dan juga takbir sampai pagi.

Setelah mempersiapkan paginya bersilaturhami ke berbagai saudara dan tetangga yang tentunya menguras tenaga. Jadi tidak heran jika setelah berbagai kegiatan tersebut banyak orang yang mengalamai kelelahan karena menahan rasa lelah yang berkepanjangan.

Untuk mengatasinya meskipun banyak aktivitas, berilah waktu bagi tubuh untuk beristirahat yang cukup dan konsumsi banyak makanan bergizi untuk memperkuat tubuh.

Diare & Keracunan Makanan

Nah sebagian orang pasti pernah mengalami hal ini, karena banyak jenis makanan yang tersedia di meja makan setiap orang tentunya kita tertarik bukan untuk mencobanya. Namun karena terlalu banyak dan bemacam – macam banyak dari kita yang mengalami diare setelah makan makanan tersebut.

Bukan hanya diare, namun keracunana  makanan juga sering terjadi, keracunan makanan biasa terjadi kerena kesalahan dalam proses masak atau kesalahan pemilihan bahan makanan yang telah terkontaminasi bakteri sebelumnya.

Tekanan Darah Tinggi

Penyakit ini tidak pernah absen ya, banyaknya makanan lezat selama lebaran membuat banyak dari kita yang kalap. Dan karena kalap banyak orang yang lupa jika memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Padahal tekanan darah tinggi meskipun sepele erat kaitannnya dengan penyakit berbahaya seperti jantung dan juga stroke.

Diabetes

Saat lebaran, anda yang memiliki riwayat diabetes ada baiknya untuk tahu diri ya dengan menghindari makanan manis. Kue kering saat lebaran memang lezat apalagi kue kering yang dibuat sendiri di rumah.

Sayangnya bagi penderita diabetes tidak bisa leluasa menikmati kue kering ya karena kandungan gula di dalamnya. Meskipun sudah banyak dijual gula khusus pemilik penyakit diabetes namun tidak semua orang menggunakan gula tersebut karena harganya yang mahal dibandingkan gula biasa.

Kolestrol Dan Asam Urat

Jika sebelumnya ada pemyakit tekanan darah tinggi dan diabetes, kini kolestrol dan asam urat tidak bisa absen ya karena penyakit ini sering berkaitan erat. Penyebabnya tidak lain tidak bukan karena makanan.

Tersedianya makanan yang lezat dan juga bersantan membuat banyak penderita kolestrol mengalami lonjakan. Jadi ada baiknya kita tetap memilih dan menimbang porsi makanan yang kita konsumsi ya.

Radang tenggorokan

Indonesia memiliki makanan khas dengan cita rasa yang strong dari bumbu rempah yang digunakan dan juga santannnya. Nah meskipun lezatnya luar biasa namun makanan strong ini bisa menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan.

Sebagai pencegahan kurangi makanan strong dan hindari makan makanan strong saat makanan masih panas. Jangan mengkombinasikan makanan strong dengan minuman dingin Karena akan memperparah keadaan.

Nah itu tadi Penyakit Yang Muncul Pasca Lebaran yang patut anda waspadai, tetap jaga kesehatan ya elama bulan ramadhan dan lebaran. Jangan lupa olahraga dan konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur agar tubuh tetap fit.


Saran lainnya