Mengenal Kolestrol Dan Cara Alami Turunkan Kolestrol Tanpa Obat


Cara Alami Turunkan Kolestrol – Karena pola hidup yang tidak sehat, banyak masyarakat baik  uda maupun tua dihantui oleh penyakit – penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes dan juga kolestrol tinggi yang berbahaya bagi tubuh.

Bukan hanya menyerang kaum tua, sekarang penyakit – penyakit seperti ini mulai gencar menyerang kaum muda terlebih yang selalu mengabaikan kesehatan.

Penyakit kolestrol sering dikaitkan dengan orang yang bertubuh gemuk yang memiliki banyak lemak, nah untuk anda yang bosan dengan obat – obatan medis ada baiknya anda mulai menggunakan bahan dan cara alami turunkan kolestrol.

cara alami turunkan kolestrol
cara alami turunkan kolestrol

 Pengertian Dan Jenis – Jenis Kolestrol

Kolestrol adalah lemak yang dihasilkan dari produksi hati yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai peranann seperti pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku pembentukan hormon tubuh.

Sehingga kolestrol sebenarnya adalah lemak yang baik dan memiliki banyak manfaat namun adanya kelebihan lemak tersebut dalam tubuh menimbulkan suatu penyakit yang disebut penyakit kolestrol.

Kolestrol dibagi menjadi 2 yaitu kolestrol baik dan kolestrol jahat, kolestrol baik dalam tubuh bisa membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darh ke hati dan mampu mengurangi kolestrol jahat yang berlebihan pada pembuluh darah.

Sedangkan kolestrol jahat pada tubuh menimbulkan berbagai macam masalah atau penyakit karena kolestrol jahat dapat menimbun dirinya di pembuluh darah terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak dan menjadi cikal bakal penyakit jantung.

Gejala Kolestrol Tinggi

Memang kolestrol identik dengan orang yang bertubuh gemuk karena sudah jelas ada banyak timbunan lemak dalam tubuhnya, tapi ternyata hal ini salah karena orang kurus juga bisa terkena penyakit kolestrol tinggi.

Hal ini terjadi karena pola makan yang salah, karena sulit gemuk dan memiliki tubuh yang ramping membuat orang yang memiliki badan kurus makan kebih banyak dari pada orang yang bertubuh gemuk ditambah lagi dengan makanan junkfood dan juga makanan tidak higenis yang beredar di pasaran yang menggoda. Padahal makanan junkfood memiliki berbagai efek buruk bagi tubuh.

Berikut gejala kolestrol tinggi :

  • Nyeri di Kaki atau mudah lelah ketika digunakan berjalan.
  • Kram di bagian tumit, jari atau kaki di malam hari.
  • Salah satu kaki terasa dingin saat dipegang.
  • Muncul lipoma atau benjolan yang terletak diantara otot dan kulit yang biasanya muncul di daerah perut, leher, kaki dan tangan.
  • Jantung berdebar – debar.
  • Mudah letih dan mengalami migrain.

 

Cara Alami Turunkan Kolestrol

 

Untuk kejelasan apakah kolestrol anda tinggi atau tidak anda bisa melakukan cek kolestrol di dokter, rumah sakit, puskesmas atau apotik tertentu. Untuk anda yang tidak menyukai cara medis berikut ada cara alami turunkan kolestrol dengan mengkonsumsi herbal.

Mengkonsumsi Tomat

Selain mengandung vitamin C, tomat juga mengandung senyawa likopen yang dapat menurunkan kadar kolestrol, anfa hanya cukup mengkonsumsi tomat 50 gram sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain pada tomat likopen juga bisa anda dapatkan pada buah semangka dan pepaya.

Mengkonsumsi Buah Delima

Buah delima memang tergolong buah yang mahal karena sulit dicari namun konsumsi buah delima secara rutin mampu menurunkan kolestrol dan memperlambat penumpukan lemak jahat dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Delima mampu melakukan hal baik diatas karena buah delima mengandung poifenol, namun untuk konsumsinya disarankan tanpa gula jika dijadikan jus.

Mengkonsumsi Buah Alpukat

Sesuai penjelasan di atas lemak baik mampu mengurangi kadar lemak jahat pada tubuh sehingga untuk menambah lemak baik anda bisa mengkonsumsi buah alpukat secara rutin. Selain mengandung lemak baik, buah alpukat juga mengandung pitosterol yang baik untuk tubuh.

Mengkonsumsi Jus Jeruk

Bisa dibilang jeruk adalah bahan alami yang multi fungsi karena bukan hanya untuk kesehatan, jeruk juga baik untuk kecantikan sehingga banyak dijadikan bahan baku kosmetik.

Jeruk mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, folat dan potasium yang mampu menurunkan kadar kolestrol dan mencegah tekanan darah tinggi.

Nah itu tadi cara alami turunkan kolestrol yang bisa anda coba di rumah untuk anda yang tidak menyukai obat – obatan medis.


Saran lainnya