Ibu Muda Perlu Tahu, 9 Langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Menyiapkan Janin Sehat


Menyiapkan Janin Sehat – Bagi pasangan yang baru saja menikah kehadiran buah hati memang memberi warna baru pada kehidupan ya, kehadiaran buah hati akan menambah kelengkapan keluarga anda.

Ada banyak pasangan yang mendambakan kehadiran buah hati namun tidak banyak dari mereka yang tidak mengetahui pentingnya langkah – langkah yang harus dilakukan sebelum kehadiran sang buah hati untuk menyiapkan janin sehat.

Janin yang sehat sendiri adalah hal yang penting agar janin tidak mengalami gangguan dalam kandungan sehingga tumbuh kembangnya bisa berjalan secara normal, nah untuk anda para ibu muda berikut langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk menyiapkan janin sehat.

menyiapkan janin sehat
menyiapkan janin sehat

Langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Menyiapkan Janin Sehat

Konsumsi Asam Folat

Asam folat memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan janin terlebih lagi untuk ibu yang tengah mempersiapkan kehamilan dan dalam masa kehamilan.

Asam folat bisa dengan mudah ditemukan di sayuran berwarna hijau, kuning telur dan aneka kacang – kacangan, konsumsi makanan mengandung asam folat sebanyak 400 gram sehari ammapu mencegah janin cacat dan menderita penyakit berbahaya.

Dan saat pembuahan kandungan asam folat ini mampu membantu perkembangan dan membantu metabolisme tubuh.

Makanan Terbaik

Dalam keadaan hamil ada baiknya anda para ibu muda mulai aware dengan makanan yang anda konsumsi, ada baiknya anda mengurangi kebiasaan anda mengkonsumsi makanan ringan seperti chiki – chikian, keripik dan juga makanan junk food yang dapat menimbulkan resiko kesehatan bagi tubuh.

Sebaliknya ana harus mengkonsumsi makanan sehat yang ba nyak mengandung vitamin dan protein yang terkandung di dalam buah – buahan dan sayur – sayuran, gandum dan susu rendah lemak.

Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi

Pada ibu hamil sering mengalami anemia, letih dan lesu dan hal ini wajar dialami oleh semua wanita yang tengah mengandung terlebih lagi hamil muda.

Meskipun hal sepele jika anda mengalami hal ini anda perlu anda tangani karena bisa berpengaruh pada janin. Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi namun jika cara ini tidak terpenuhi anda bisa minta suplemen zat besi kepada dokter.

Zat besi berfungsi mengikat oksigen sehingga tubuh bisa terus bugar.

Batasi Konsumsi Kopi Dan Teh

Bagi anda ibu hamil yang menyukai kopi dan teh, ada baiknya anda mengurangi kebiasaan anda sementara mengkonsumsi kopi dan teh dan sebagai gantinya nada bisa mengkonsumsi susu.

Kopi dan teh mengandung kafein yang mempengaruhi perkembangan janin karena kafein tidak bisa dimetabolisme dengan sempurna oleh janin. Namun mengurangi bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi kopi, bagi anda ibu hamil boleh mengkonsumsi minuman mengandung kafein namun hanya boleh yang memiliki kandungan 300 mg/ hari, sehingga ada baiknya nada mengenal jenis – jenis kopi agar mengetahui kadar kafeinnya.

Jauhi Alkohol Dan Rokok

Alkohol dan rokok mempengaruhi kesuburan perempuan dan juga akan berpengaruh pada kesehatan janin, sehingga buat anda yang tengah mempersiapkan atau tengah hamil ada baiknya tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok.

Meskipun tidak mengkonsumsi rokok, anda juga harus menjauhkan janin anda dari asap rokok yang ditimbulkan oleh perokok aktif, karena asap rokok juga sangat berbahaya bagi bayi.

Pertahankan Berat Badan Ideal

Banyak para ibu muda yang berpikir jika sang ibu bertubuh ngemuk maka akan bagus untuk sang bayi, namun ternyata hal tersebut tidak benar karena terlalu besar sang ibu maka semakin besar pula bayi yang dikandung yang nantinya akan menyulitkan saat persalinan.

Begitu pula sebaliknya anda juga tidak boleh terlalu kurus karena bayi yang kurus akan kekurangan gizi yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dikemudian hari.

Nah itu tadi cara – cara yang harus anda lakukan untuk menyiapkan janin sehat sehingga bayi anda akan tumbuh dengan sehat pula.

 


Saran lainnya