Pengaruh Makanan Junk Food Bagi Kesehatan


Junk Food atau makanan cepat saji sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat terlebih lagi masyarakat modern dan super sibuk. Sedikitnya waktu luang yang dimiliki dan juga tumpukan pekerjaan membuat banyak orang tidak memiliki banyak waktu untuk mengolah makanan sendiri.

Sedangkan makanan adalah salah satu kebutuhan utama manusia, sehingga banyak orang yang mencari alternatif makanan salah satunya makanan cepat saji atau junk food.

Makanan Junk food memiliki banyak kelebihan salah satunya yaitu waktu yamg sedikit untuk mengolah makanan sehingga kita hanya membutuhkan sedikit waktu untuk menunggu makanan  tersebut siap.

Meskipun memiliki kelebihan dari seg waktu namun junkfood juga memiliki efek negatif bagi kesehatan, banyak penyakit – penyakit serius yang digadang – gadang disebabkan karena mengkonsumsi makanan junk food dalam jumlah yang banyak.

Nah berikut fakta menarik tentang pengaruh junk food bagi kesehatan yang harus sahabat fispol ketahui.

junk food
junk food

Pengaruh Junk Food Bagi Kesehatan

Junk Food Mengandung Kalori Berlebih

Makanan junk food mengandung kalori berlebih bagi tubuh yang memiliki dampak langsung pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makanan junk food sendiri mengandung karbohidrat, gula, lemak sehta, dan garam ( natrium ), sehingga dalam satu porsi makanan junk food mengandung banyak energi dari kandungan di atas namun tidak mengandung giziz sama sekali sehingga memperburuk nilai gizi.

Dan sayangnya banyak anak – anak, remaja dan usia produktif mengkonsumsi makanan junk food padahal hal ini dapat memperburuk gizi dan juga perkembangan giziz tidak terpenuhi.

Selain itu menurut penelitan menurut National Institutes of Health, beberapa makanan cepat saji keseluruhannya hanya mengandung kalori dalam jumlah tinggi yang berdampak pada kelebihan berat badan dan juga merupakan salah satu faktor peningkatan resiko untuk berbagai masalah kronis.

Jadi untuk mengurangi efek yang dihasilkan makanan junk food ada baiknya kita mengimbangi dengan makanan bergizi dan tidak mengkonsumsi makanan tersebut dalam jangka panjang.

Resiko Penyakit Diabetes

Makanan Junk Food adalah makanan dengan kandungan gula dan juga kalori yang sangat tinggi, tidak ada kandungan sehat yang terdapat di dalamnya. Jika kita mengkonsumsi makanan sehat maka tubuh kita akan menyerap asupan giziz dari makanan tersebut sehingga tubuh kita mendapatkan pasokan glukosa yang dapat membantu sensitivitas insulin.

Namun berbeda halnya jika kita mengkonsumsi makanan junk Food, makanan junk food akan membuat stres berlebihyan pada metabolisme sehingga mempengaruhi kemampuan tubuh untukmmenggunakan insulin dengan benar.

Ditambah lagi dengan makanan junk food yang tidak memiliki kandungan serat, akan membuat lonjakan kadar gula secara langsung saat mengkonsumsi makanan junk food.

Masalah Pada Sistem Pencernaan

Bagi anda  penyuka dan pecandu makan junk food akan lebih beresiko mengalami berbagai masalah pada pencernaan seperti sindrom iritasi usus, dan gastroesophageal reflux.

Hal ini karena makanan junk food tidak mengandung nutrisi dan serat sama sekali selain itu kandungan kalori yang dimiliki cukup banyak, terlebih lagi saat kita mengkonsumsi makanan yang digoreng, kandungan minyak dalam makanan akan tersimpan di dinding perut yang bisa menyebabkan peningkatan asam lambung.

Begitu juga dengan serat yang tidak di dapatkan dalam makanan tersebut membuat kita beresiko mengalami penyakit wasir karena kurangnya serat menghambat sistem pencernaan. Bukan itu saja rempah – rempah di dalam makanan junk food juga bisa mengirirtasi usus. Bnayak bukan resiko yang di hasilkan dari konsumsi makanan junk food.

Kelelahan Dan Kelemahan

Meski jarang diketahui namun sebenarnay hal ini terjadi pada seemua orang yang mengko sumsi makanan junk food, makanan junk food memang  mengenyangkan karena memiliki kandungan gula dan kalori yag tinggi sehingga anda bisa kenyang instant.

Namun sayangnya makanan junk food tidak mengandung vitamin dan juga protein sehingga tidak bisa membuat tubuh memiliki energi secara instant, sehingga banyak orang – orang yang mengalami kelelahan setelah makan makanan junk food.

Mekipun sepele namun pola makan yang salah seperti ini jika duteruskan akan menyebabkan kelelahan kronis karena tubuh tidak memiliki energi cukup untuk beraktivitas.

Nah itu tadi pengaruh makanan junk food bagi kesehatan, kesehatan mahal harganya jadi ada baiknya jika anda mengatur pola makan anda lebih sehat.


Saran lainnya