Inilah Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui


Begadang – Jaman sekarang setiap orang sepertinya memiliki pekerjan yang tidak ada habisnya baik pekerjaan rumah, pekerjaan kantor dan lain – lain.

Saking banyaknya pekerjaan banyak yang tidak mampu menyelesaikan tugasnya di kantor dan membawanya di rumah, meskipun hal ini tidak dianjurkan namun banyak yang menggunakan cara ini agar tidak keteteran keesokan harinya.

Banyak dari kita yang rela mengurangi waktu bersama keluarga hanya untuk bekerja dan berlanjut mengurangi jam tidur kita hanya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Meskipun hal ini efektif untuk mengurangi pekerjaan namun ada banyak orang yang tidak sadar dengan efek samping yang ditimbulkan karena begadang entah itu efek samping dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Nah buat anda yang hobi begadang, ada baiknya anda membaca informasi berikut yaitu bahaya begadang bagi kesehatan sebelum anda melanjutkan kebiasaan salah tersebut.

begadang
begadang

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

 

Kelelahan Dan Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Meskipun pekerjaan anda selesai dan anda tidak perlu bersusah payah besok di kantor namun faktanya anda akan mengalami kelelahan di keesokan harinya ditambah lagi dengan kurangnya waktu tidur semalam membuat anda tidak bisa berkonsentrasi penuh di tempat kerja.

Kelelahan ini diakibatkan karena tubuh dan mental anda dipaksa untuk bekerja terus menerus tanpa kenal waktu sehingga keduanya mengalami kelelahan dan kelelahan tersebut bisa menyebabkan menurunnya sistem imun tubuh yang membuat tubuh anda mudah terserang berbagai penyakit dan virus.

Sakit Kepala

Sakit kepala ini disebabkan karena kerusakan otak, saat anda begadang maka otak dipaksa untuk bekerja terus menerus sehingga selain tubuh otak juga kekurangan waktu untuk beristirahat.

Dan akhirnya otak mengalami kerusakan yang ditandai dengan munculnya rasa sakit atau pusing di kepala, ada baiknya anda menghentikan kebiasaan buruk terebut agar tidak menghasilkan penyamkit berbahaya lainnya bagi otak.

Peningkatan Berat Badan

Bagi anda yang dalam program diet, begadang sangat tidak dianjurkan karena akan membuat berat badan anda bertambah.

Saat begadang malam maka secara otom atis kita kekurangan waktu tidur yang berdampak pada terganggunya metabolisme lemak dalam tubuh sehingga membuat rasa lapar cenderung meningkat dan untuki mengakalinya kita akan makan di malam hari yang membuat berat bada bertambah karena makanan tersebut tidak digunakan untuk aktivitas berlebih.

Mempengaruhi Kesuburan

Kita para wanita sering mengabaikan begadang, kita selalu menganggapnya sebagai hal yang biasa namun tahukan anda ladies, jika begadang dapat mempengaruhi kesuburan.

Begadang dapat mempengaruhi sekresi hormon dan kualitas ovum yang nantinya kan berdampak pada siklus menstruasi sedangkan untuk laki – laki begadang ternyata juga bisa mkempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.

Penyakit Jantung Dan Stroke

Begadang juga dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya seperti jantung dan stroke, kurangnya waktu tidur dapat mengurangi kesehatan jantung sehingga anda harus pintar – pintar mengatur waktu istirahat.

Selain itu waktu tidur kurang dari 6 jam juga bisa menyebabkan peradangan pada arteri yang menyebabkan penumpukan plak.

Selain menyerang jantung bahaya begadang juga bisa mempengaruhi paru – paru, kurangnya waktu tidur dapat mengakibatkan gejala apnea yaitu jumlah udara yang masuk ke dalam paru – paru sangat sedikit jumlahnya saat tidur.

Diabetes

Bukan hanya pola makan namun pola tidur juga mempengaruhi penyakit diabetes, pola tidur berpengaruh dengan berbagai hormon seperti hormon pengatur nafsu makan, persepsi otak akan makanan berkalori tinggi dan lain – lain.

Gula dalam darah akan menurun saat kita tidur, karena gula tersebut digunakan hati untuk proses detoksifikasi, sehingga kekurangan tidur dapat mempengaruhi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin.

Bahkan dalam suatu penelitian Orfeu Buxton di Boston’s Brigham Dan Women Hospital menunjukan jika orang yang tidur malam kurang dari 5 jam dapat beresiko terkena diabetes tipe 2, sehingga buat anda yang sudah terkena diabetes anda patut memperhatikan pola tidur anda juga.

Nah itu tadi bahaya begadang bagi kesehatan, tidak ada terlambat untuk memperbaiki pola istirahat dan menghentikan kebiasaan buruk tersebut karena sedikit kepedulian anda pada tubuh akan mempengaruhi kesehatan anda, Jangan lupa pula untuk mengurangi konsumsi makanan junk food yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

 


Saran lainnya