Jenis – Jenis Diabetes dan Pilihan Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes


Diabetes – Memilih makanan bagi penderita diabetes memang terbilang susah – susah gampang ya pembaca fispol.com, karena adanya kandungan gula yang tingggi dalam darah maka kita harus mengurangi asupan yang mengandung gula agar diabetes yang kita derita tidak terlalu parah.

Glukosa atau gula darah sangat penting bagi organ tubuh seperti otak, jantung, dan otot dimana glukosa berfungsi sebagai sumber energi untuk setiap sel organ. Tapi dalam pemanfaaatan glukosa ubuh penderita tidak menghasilkan hormon tersebut atau hormon tidak bekerja secara semestinya sehingga menyebabkan penyakit diabetes.

diabetes
diabetes

Jenis – Jenis Diabetes

Sebelum ke pola makan dan jenis makanan yang tepat bagi penderita diabetes, ada baiknya jika kita mengetahui jeni – jenis diabetes yang banyak diidap masyarakat, diabetes ada 2 jenis yaitu :

Diabetes Tipe 1

Untuk kasus diabetes tipe 1 , ini adalah kondisis diamana tubuh sama sekali tidak memproduksi insulin sehingga tubuh tidak bisa mengolah gula dalam darah dan menjadikannya energi untuk sel – sel dalam tubuh.

Karena tidak bisa memproduksi atau mengolah gula gula di dalam tubub menumpuk, dan jarang sekali orang memiliki penyakit diabetes tipe 1 ini hanya 10% di dunia.

Diabetes Tipe 2

Nah berbanding terbalik dengan diabetes tipe 2, diabetes jenis ini banyak diidap oleh masyarakat seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kondisi diabetes tipe 2 ini dimana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan cukup sehingga ada banyak gula darah yang tidak bisa diproses dan menyebabkan penumpukan gula dalam darah.

Meskipun memiliki jeni yang berbeda – beda, namun penyakit diabetes memiliki inti yang sama yaitu kebanyakan gula dalam darah, sehingga penting bagai kita mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak bleh dimakan karena akan berpengaruh pada kadar gula dalam darah.

Makanan Bagi Penerita Diabetes

 

Karbohidrat Kompleks

Untuk penderita diabetes sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat refinasi seperti roti putih dan nasi putih karena bisa mudah meningkatkan kadar gula dalam darah, sehingga lebih amannya jika kita sebagai penderita diabetes mengkonsumsi karbohidrat komplek yang lebih sehat seperti buah – buahan, kacang – kacangan, biji – bijian utuh, susu rendah lemak dan aneka kacang – kacangan.

Ikan Daging Tanpa Lemak

Kandungan protein dalam tubuh atau makanan tidak memiliki pengaruh sama sekali dengan kadar gula dalam darah, sehingga makanan berprotein sangat aman dikonsumsi bagi anda penderita diabetes, pilihan ikan, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit mungkin bisa menjadi pilihan menu anda hari ini.

Makanan Kaya Serat

Serat penying kaitannya dengan sistem pencernaan, kebutuhan serat yang tercukupi membuat pecernaan anda bisa lancar namuan selain itu ada juga manfaat lain dari serat seperti mengurangi tingkat resiko penyakit jantung dan juga mengendalikan tingkat gula darah.

Makanan kaya serat bisa anda dapatkan dari sayuran, buah buahan, kacang – kacangan, tepung gandum dan lain – lain.

Lemak dan Protein Sehat

Nha untuk anda penderita diabetes ada baiknya anda tidak mengkonsumsi daging merah serta olahannya, selain itu anda juga harus menghindari konsumsi makanan dengan lemak jenuh, konsumsi makanan lemak jenuh dapat memperparah kondisi tubuh anda dan meningkatkan resiko jantung.

Tapi jika anda membutuhkan lemak anda bisa menggunakan lemak dari minyak kanola, minyak zaitun, lemak alpukat, kacang – kacangan dan biji – bijian.  Sedangkan bagi anda yang memiliki minyak zaitun anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng.

Kayu Manis

Banyak dari kita yang tidak tahu kegunaan dan manfaat kayu manis, padahal kayu manis memiliki banyak manfaat terlebih bagi penderita diabetes.

Kayu manis memiliki efek serupa dengan insulin dan dapat membantu mengurangi gula darah penderita diabetes. Bahkan menurut studi penelitian di Jerman ekstrak kayu manis memiliki efek moderat dalam mengurangi kadar gula darah meskipun hal ini perlu pengkajian ulang dari ahli.

Konsumsi Gula

Nah memiliki penyakit diabetes memang mengesalkan ya pembaca fispol karena kita tidak bisa mengkonsusmsi gula dalam jumlah banyak namun bagi anda yang ingin mengkonsusmsi gula anda harus menggantinya dengan gula pengganti.

Baca Juga Diet Keto, Diet Sehat Tanpa Lemak.

Nah itu tadi Jenis – Jenis diabetes dan Pilihan Makanan Yang tepat untuk penderita diabetes.

 

 


Saran lainnya