Berikut Makanan Yang Dipercaya Pemicu Dan Penurun Darah Tinggi


Darah tinggi – Satu lagi penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat indonesia adalah Tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan medis sebagai hipertensi. Hipertensi adalah salah satu penyakit yang muncul secara tiba – tiba, tidak ada banyak orang yang tahu jika mereka menderita penyakit hipertensi tanpa memperiksakan terlebih dahulu kepada pihak medis.

Hipertensi sendiri bisa di derita karena pola makan yang tidak sehat dan juga bisa disebabkan karena keturunan, jika sang ibu menderita hiprtensi kemungkinan besar sang anak juga menderita hipertensi.

Sehingga anda baiknya bagi anda yang memiliki riwayat keluarga hipertensi memeriksakannya pada medis.

darah tinggi
darah tinggi

Tekanan Darah Tinggi

Untuk dapat mengetahui seseorang mengalami tekanan darah tinggi anda harus memeriksakan diri terlebih dahulu dan dari pengukuran tersebut dapat diketahui apakah anda menderita tekanan darah tinggi atau tidak.

Orang dikatakan memiliki darah normal jika tekannannya kurang dari 120/80, bagi anda yang belum mengetahui cara membaca hasil pengukuran angka pertama adalah tekanan sistolik dan angka berikutnya adalah tekanan diastolik.

Meskipun jarang diperhatikan tapi ternyata tekanan darah tinggi menjadi salah satu faktor pemicu berbagai penyakit seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri, penyakit ginjal kronik dan lain – lain.

Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi

Sebagian orang tidak pernah memperhatikan pola makan dan makanan apa yang dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Padahal ada banyak jenis – jenis makanan pemicu tekanan darah tinggi seperti berikut ini :

Kopi

Kopi adalah salah satu minuman mengandung kafein, seperti kita tahu kafein dapat meningkatkan tekanan darah tinggi meskipun kopi juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh.

Namun bagi penderita darah tinggi ada baiknya mulai mengurangi dan menghilangkan konsumsi kopi, tapi bukan hanya kopi, teh dan minuman bersoda juga salah satu minuman berkafein yang harus dihindari.

Untuk mengetahui manfaat dan dampak buruk konsumsi kopi dan teh, silahkan baca juga kopi vs teh.

Daging Dan Makanan Olahan

Konsumsi daging dalam jumlah sedikit mungkin masih bisa ditoleransi oleh tubuh namun kebanyakan daging dan makanan olahan telah mengalami proses pengawetan dengan menggunakan garam ataupu n natrium yang dapat memicu tekanan darah tinggi.

Saus Kalengan

Aneka saus jadi atau saus kalengan seperti saus tomat, saus pasta dan jus tomat biasanya mengandung kadar natrium yang tinggi bahkan dalam 1 cangkir saus tomat mengandung 450 mg natrium yang dapat menaikan tekanan darah tinggi.

Acar Mentimum

Setelah makan makananan berat memang paling enak makan acar mentimun ya pembaca fispol agar tubuh dengan mudah kembali segar, namun kabar buruknya bagi penderita tekanan darah tinggi acar mentimun sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung natrium atau garam dalam pengawetannya.

Kulit Ayam Dan Makanan Berlemak

Meskipun tidak memiliki efek apapun pada tekanan darah tinggi anda, namun kulit ayam dan makanan berlemak seperti daging merah, susu berlemak, keju, mentega mengandung banyak lemak jahat yang dapat memperburuk keadaan tekanan darah tinggi seperti dapat memicu terjadinya kolestrol dalam tubuh.

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat diturunkan atau dikurangi dengan mengurangi asupan natrium dalam tubuh sehingga makanan yang mengandung natrium harus dihindarkan dari penderita hipertensi.

Nah berikut makanan yang di klaim dapat menurunkan tekanan darah tinggi meskipun hasil yang didapatkan tidak bisa cepat atau akan bekerja perlahan – lahan :

Susu Rendah Lemak Dan Yogurt

Susu rendah lemak dan yogurt dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, terlebih lagi yogurt dapat digunakan untuk masyarakat yang tidak menyukai susu.

Buah Bit

Lain halnya dengan bahan makanan lain yang hanya bisa menurunkan tekanan darah tinggi dalam waktu perlahan, buah bit dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi hanya dalam waktu semalam.

Buat anda yang mengidap penyakit hipertensi, buah ini bisa dijadikan recomendasi.

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang dipercaya memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu dapat membuat tekanan darah tetap stabil karena kandungan Potasium yang ada di dalamnya, anda bisa mengkonsumsi langsung pisang atau mencampurnya dengan oatmeal rendah lemak dan kaya serat untuk sarapan.

Selain makanan di atas, ikan salmon dan minyak zaitun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain penyakit tekanan darah tinggi kita juga harus mewaspadai penyakit lainnya yang mematikan seperti diabetes, berikut makanan yang tepat bagi penderita diabetes.

 


Saran lainnya