Hal Sepele Yang Sering Kita Lakukan Yang Dapat Menyebabkan Bibir Hitam


Bibir Hitam – Banyak orang yang mengeluhkan bibir hitam padahal mereka tidak melakukan aktivitas di luar ruangan yang terlalu banyak. Bibir hitam memang menjengkelkan ya ladies karena selain tidak mempercantik penampilan, bibir yang berwara gelap juga mengurangi percaya diri saat beraktivitas.

Sehingga tidak heran jika ada banyak orang yang mencoba berbagai cara baik secara medis maupun secara alami untuk mencerahkan bibir, ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan bibir yang menghitam namun hasilnya tidak akan secepat jika kita melakukan perawatan medis seperti sulam bibir atau melakukan operasi.

Banyak orang yang melakukan sulam bibir karena selain harganya terjangkau pewarna yang ditanam di bibir juga cukup tahan lama, namun sebelum anda memutuskan untuk melakukan berbagai perawatan di atas ada baiknya anda membaca Hal Sepele yang sering kita lakukan yang dapat menyebabkan  bibir hitam.

bibir hitam
bibir hitam

Penyebab Bibir Hitam

 

Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari memang menjadi musush terberat wanita ya ladies, selain dapat menggelapkan kulit, matahari ternyata juga bisa membuat bibir menjadi hitam karena paparan sinar matahari. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan pelindung bibir saat keluar ruangan namun asa baiknya anda memilih produk pelembab bibir atau lipbalm yang mengandung SPF yang dapat melindungi dari paparan sinar UV, tidak perlu mahal karena ada beberapa pelembab bibir yang di jual murah, berikut daftar lipbalm di bawah harga Rp 50.000.

Seringnya Pakai Lipstick

Warna – warni lipstick memang menggoda ya ladies, sehingga tidak heran jika 1 wanita tidak hanya memiliki 1 jenis warna maupun jenis lipstick, namun tahukah anda jika penggunaan lipstick dalam jangka panjang dapat menyebabkan bibir hitam, terlebih lagi ditambah dengan kebiasaan kita setelah pemakaian lipstick yang tidak mau menghapusnya bahkan terbawa sampai tidur.

Bibir sendiri sama seperti area mata yang memiliki kesensitivan lebih dibanding dengan kulit wajah lainnya sehingga tidak heran jika untuk make up dan perawatannya juga perlu perhatian yang lebih.

Kandungan logam, paraffin dan bahan lainnya di lipstick dapat membuat bibir menjadi hitam, tapi tenang anda tetap boleh menggunakan lipstick namun ada baiknya nada mengurangi intensitasnya dengan cara menggu nakan lipstick di sata perlu saja seperti saat bekerja atau menghadiri suatu acara.

Merokok

Merokok selain memiliki dampak buruk bagi kesehatan, ternyata juga dapat menyebabkan bibir menghitam anda bisa melihatnya pada bibir pecandu rokok, bandingkan dengan yang bukan perokok.

Maka bibir perokok lebih gelap dibandingkan dengan bibir orang yang bukan perokok jadi ada abiknya anda menghindari rokok.

Hal ini terjadi karena dalam rokok terdapat kandungan nikotin yang tinggi yang membuat pigmen bibir menebal, bukan hanya merokok minum minuman beralkohol juga bisa menghitamkan bibir.

Alergi

Selain faktor eksternal ternyata faktor intrnal juga berpengaruh pada bibir seperti reaksi alergi, setiap orang memiliki reaksi alergi yang berbeda – beda sehingga tidak heran jika lipstick yang digunakan si A belum tentu cocok digunakan oleh si B.

Hal ini terjadi karena setiap orang memiliki ketahanan tubuh yang berbeda – beda, sehingga penting bagi kita mengetahui diri kita sendiri dan juga kandungan yang ada di dalam lipstick, lipbalm dan lain – lain.

Gunakanlah produk bibir yang sudah terdaftar di BPOM dan diproduksi oleh produsen yang jelas dengan bahan – bahan yang bisa dipertanggung jawabkan.

Kurang Asupan Nutrisi

Nutrisi yang dimaksud di sini adalah nutrisi eksternal dan juga nutrisi internal, nutrisi internal seperti konsumsi buah – buahan yang mengandung vitamin C. Vitamin C ternyata selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat menjaga bibir tetap sehat.

Sedangkan nutrisi eksternal adalah pemberian vitamin atau pelembab bibir seperti lipbalm saat bibir kekurangan kelembapan selain itu perawatan berupa scrubing dengan menggunakan air hangat juga perlu anda lakukan agar sel – sel kulit mati di bibir bisa terkelupas.

Selain asupan nutrisi berikut cara alami melembabkan bibir agar tetap sehat yang bisa anda lakukan di rumah setiap hari.

Nah itu tadi Hal Sepele yang sering kita lakukan yang dapat menyebabkan bibir hitam.

 

 


Saran lainnya