Tanpa Kimia, Berikut Bahan Alami Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Meningkatkan daya tahan tubuh – Meskipun jaman sudah modern dan obat – obatan kimia sudah beredar luas bahkan dengan harga yang terjangkau, namun obat – obat dari bahan herbal atau dari alam masih banyak dicari masyarakat.

Obat kimia memang praktis, kita hanya perlu membeli obat dengan harga terjangkau dan langsung bisa mendapatkannya, namun ada banyak orang yang tidak menyukai obat kimia dengan alasan pahit, terlalu berat saat masuk ke dalam tubuh dan lain – lain.

Dan salah satu cara yang bisa dilakukan orang – orang yang tidak menyukai obat kimia adalah dengan cara mengkonsumsi obat herbal atau bahan – bahan yang berasal dari alam.

Saat musim pengujan seperti ini, banyak orang yang terserang penyakit karena daya tahan tubuh yang lemah, dan untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C atau mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun untuk anda yang tidak menyukai obat atau suplemen kimia anda bisa mengkonsumsi bahan alami makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

meningkatkan daya tahan tubuh
meningkatkan daya tahan tubuh

Bahan Alami Peningkat Daya Tahan Tubuh

Buah Citrus

Buah citrus atau buah jeruk bali atau yang lebih dikenal dengan nama ilmiah citrus maxima fructus adalah salah satu jenis dari buah citrus yang kaya akan vitamin C.

Sejak dulu buah citrus dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C yang besar, vitamin C sendiri berguna meningkatkan produksi sel darah putih sehingga sel darah putih mampu melawan bakteri dan infeksi dalam tubuh.

Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh adalah bawng putih, bawang putih bukan hanya bumbu penyedap masakan namun bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat seperti mamapu melawan infeksi, menurunkan tekanan darah serta menghambat pengerasan pembuluh darah.

Selain manfaat di atas bawang putih ternyata dipercaya dapat meringankan gejala penyakit flu dan juga yang paling penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk memanfaatkan bawang putih anda bisa langsung mengkonsumsinya dalam keadaan mentah atau mencampurkannya ke berbagai masakan.

Bayam

Meskipun termasuk ke dalam sayuran hijau namun ternyata bayam juga memiliki kandungan vitamin C yang baik bagi tubuh, selain itu bayam juga mengandung antioksidan beta karoten yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga sistem pertahan kekebalan tubuh lebih kuat.

Nmaun mengingat ada banyak isue yang berkembang mengenai cara penyajian bayam ada baiknya anda tidak memasak bayam berulang – ulang dan juga tidak terlalu lama memasak untuk menghindari vitamin di dalamnya menghilang.

Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah kaya serat yang bisa anda manfaatkan untuk melancarkan pencernaan anda, namun di balik manfaat tersebut ada manfaat lain yang bisa anda peroleh dari pepaya salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Pepaya mengandung vitamin C, folat, vitamin B dan kalium yang baik untuk tubuh, selain itu menurut penelitian pepaya juga dapat digunakan sebagai anti peradangan meskipun hal ini teruji untuk uji coba hewan. Sedangkan untuk manusia masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Sedangkan untuk orang yang sedang mengalami masalah lambung konsumsi pepaya bagus untuk melatih otot lambung bekerja, dengan mengkonsumsi pepaya sebelum makanan berat maka lambung tidak perlu bersusah payah bekerja.

Kiwi

Buah hijau menyegarkan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah kiwi dapat memerangi infeksi sehingga mamapu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Tapi selain itu buah kiwi juga bagus karena memiliki kandungan seperti folat yang baik untuk perkembangan otak, vitamin K dan juga kalium.

Meskipun merupakan buah yang sangat mahal dan juga langka dijual dipasaran namun buah kiwi memiliki banyak manfaat lainnya bagi tubuh.

Nah itu tadi bahan alami yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, meskipun konvensional atau kuno namun bahan – bahan dari alam dapat dipercaya dan memiliki efek samping yang sedikit dibandingkan dengan obat kimia. Baca juga fakta dan bahaya radiasi smartphone bagi tubuh.

 


Saran lainnya