Fakta, Mitos Dan Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Smartphone


Radiasi smartphone – Penggunaan smartphone di jaman modern sudah tidak terkendali lagi, smartphone menjadi salah satu barang penting dan wajib dibawa kemanapun karena manfaat yang di dapatkannya.

Bahkan banyak dari kita yang terserang kecanduan smartphone dalam kehidupan sehari – hari sehingga sulit sekali untuk terlepas dari pengaruh smartphone. Semakin banyak penggunaan smartphone maka tidak heran juga banyak bahaya yang dihasilkan dari smartphone bagi kesehatan.

Baik karena cahaya layarnya yang mamapu merusak mata, kebiasaan cara penggunaan yang mempengaruhi bentuk tubuh hingga sinar radiasinya yang digadang – gadang dapat menimbulkan kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Karena merupakan barang elektronik yang menghasilkan radiasi maka tidak heran jika banyak masyarakat yang mengaitkannya dengan penyakit – penyakit kronis dan isu tentang radiasi ini masih banyak berkembang hingga sekarang meskipun keberadaan smartphone sudah lama diantara masyarakat.

radiasi smartphone
radiasi smartphone

Radiasi Smartphone

Energi atau radiasi yang dikeluarkan oleh smartphone adalah energi atau radiasi elektromagnetik yang termasuk ke dalam jenis radiasi non pegion. Radiasi non pegion adalah radiasi elektromagnetik dengan energi yang tidak cukup di ionisasi, radiasi yang dihasilkan smartphone ini sama dengan radiasi yang dihasilkan oleh radio, dan juga televisi dan tubuh kita bisa menyerap energi tersebut.

Mitos Tentang Radiasi Smartphone

Ada bayak isue yang berkembang di masyarakat terkait dengan bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh smartphone seperti dapat menyebabkan kanker, tapi faktanya sampai saat ini belum ada penelitian khusus yang mengatakan jika radiasi smartphone dapat menyebabkan kanker.

Sehingga anda tidak perlu khawatir berlebihan namun untuk pencegahan dan juga antisispasi ada baiknya kita lebih bijak dalam penggunaan smartphone. Jangan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Fakta Tentang Radiasi Smartphone

Meskipun belum ada penelitian yang mengatakan jika smartphone dapat memicu kanker namun ada beberapa penelitian yang mengungkapkan jika penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti tumor.

Sebuah kelompok penelitian mengungkapkan jika penggunaan smartphone dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan resiko tumor otak pada bagian sisi kepala yang sering digunakan untuk menelphone. Meskipun kebenaran dari penelitian tersebut belum bisa dipastikan kaena ada banyaknya penelitian lain yang  muncul.

Selain dapat meningkatkan resiko tumor otak, pengggunaan smartphone dapat meningkatkan panas bagian tubuh yang terkena radiasi smartphone.

Dan yang paling penting ada baiknya nada menjauhkan anak – anak dan balita dari smartphone karena banyak peneliti yang percaya jika radiasi smartphone akan sangat berbahaya bagi anak – anak dan juga janin dibandingkan orang dewasa.

Anak – anak dan janin sangat rentan dengan bahaya radiasi dari smartphone sehingga tidak heran jika banyak negara maju yang memberikan peringatan penggunaan smartphone, komputer dan tablet.

Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Samartphone

Meskipun belum ada keterangan jelas ada baiknya kita tetap mewaspadai dan mencegah penggunaan smartphone yang terlalu over agar kita bisa meminimalisir bahaya radiasi smartphone.

Memanfaatkan Telepon Rumah atau Kabel

Salah satu cara yang biosa kita lakukan untuk mengurangi bahaya radiasi smartphone adalah dengan cara menggunakan telepon rumah atau telepon kabel untuk berkomunikasi, kurangilah penggunaan telepon genggam atau smartphone agar tidak teralu sering terpapar radiasi.

MenggunakanHansfree atau Headset

Penggunaan alat bantu tambahan smartphone seperti hansfree atau headset sangat membantu kita agar smartphone tidak langsung menempel atau dekat dengan bagian tubub kita sehingga kita tidak terkena radiasi smartphone secara langsung,

Selain dapat mencegah radiasi secara langsung penggunaan headset atau handsfree dapat mencegah bagian telinga atau kepala panas karena energi yang dikeluarkan smartphone.

Jauhkan Smartphone Dari Tubuh

Jika smartphone sudah tidak terlalu penting atau sudah tidak digunakan ada baiknya anda menjauhkannya dari tubuh terlebih lagi saat tidur atau istirahat.

Nah itu tadi fakta, mitos dan cara mengurangi bahaya radiasi smartphone yang bisa anda lakukan, meskipun  memiliki banyak manfaat namun penggunaan suatu bagrang dengan berlebihan juga bisa menyebabkan berbagai masalah di kemudian hari, sehingga ada baiknya kita bisa lebih bijak dalam penggunaan.

 


Saran lainnya