Mengerikan Ini dia, Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan


Bahaya Smartphone – Smartphone adalah salah satu barang yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat, dimanapun tempatnya smartphone menjadi salah satu kebutuhan utama terlebih lagi kebutuhan dalam komunikasi.

Karena perannya sebagai ponsel pintar, smartphone memiliki banyak fungsi bukan hanya sekedar alat komunikasi. Ada banyak berbagai aplikasi pembantu yang bisa dipasang di dalam smartphone sehingga memudahkan kita dalam berbagai hal.

Jika dulu mengerjakan berbagai tugas, membayar tagihan, melakukan bisnis hanya bisa dilakukan secara langsung kini bisa dilakukan hanya melalui smartphone.

Namun dibalik manfaatnya yang banyak ternyata smartphone memiliki efek buruk bagi kesehatan, nah buat anda pecinta smartphone yang tidak bisa lepas dari smartphpne yang anda miliki berikut bahaya smartphone bagi kesehatan.

Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan

Xiomi Redmi 5A
bahaya smartphone

 Merusak Mata

Sudah banyak di ketahui oleh masyarakat umum jika cahaya dari layar smartphone sangat berbahaya bagi mata, seperti dapat membuat mata menjadi kering, peradangan atau iritasi pada mata.

Bahkan penggunaan smartphone dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan berbagai masalah serius pada mata, seperti yang diungkapkan Alloon Barsam konsultan bedah mata di Luton & Dustable University Inggris mengungkapkan jika sebaiknya smartphone dijauhkan dari anak – anak karena dapat menyebabkan rabun.

Dan hal ini juga dibenarkan oleh psikolog Dr Aric Sigman yang menyarankan untuk tidak memperbolehkan anak usia 3 – 7 tahun bermain game layar kecil selama lebih dari setengah jam sehari.

Selain itu penggunaan smartphone juga menyebabkan penyakit rabun dekat dimana mata tidak mampu melihat objek dekat yang biasanya banyak di derita oleh orang tua. Namun bukan hanya anak – anak yang terserang penyakit ini karena penyakit ini juga bisa menyerang remaja hingga dewasa yang terlalu over dalam penggunaan smartphone.

Merusak Tulang Belakang

Banyak orang yang tidak sadar dengan bahaya smatphone yang satu ini, padahal penggunaan smartphone dapat meremukan bagian atas tulang belakang dan menekan syaraf yang menuju kepala sehingga tidak heran jika anda sering mengalami sakit pundak dan kepala ketika berlama – lama men ggunakan smartphone.

Selain itu penggunaan smartphone juga  bisa merubah postur tubuh karena tubuh dipaksa menyesuaikan kebiasaan kita dalam penggunaan smartphone seperti saat melihat pesan atau notifikasi yang membuat kita lebih condong ke depan.

Jadi ada baiknya anda sering – sering melakukan peregangan dan olah raga untuk memperpanjang otot leher, jangan melihat smartphone terlalu dekat dan juga gunkan hansfree. Meskipun efek ini tidak anda rasakan sekarang namun anda akan mendapatkan bentuk tubuh anda yang berubah saat semuanya telah terjadi.

Mengubah Bentuk Rahang

Menurut dokter Sam Bunting yang dikutip dari detik.com jika penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang lama dapat merubah  bentuk rahang kita. Seiring dengan bertambahnya usia maka elastisitas kulit juga akan berkurang.

Namun bahayanya penggunaan smartphone dalam jangka waktu lama dapat memperparah keadaan tersebut, secara tidak sadar kepala dan wajah kita akan tertarik ke bawah saat menggunakan smartphone sehingga ada baiknya kita melihat sejajar saat menggunakan smartphone agar rahang dan wajah tidak tertarik ke bawah.

Mengurangi Kualitas Tidur

Anda merasa siklus tidur dan kualitas tidur anda berkurang, ada baiknya anda segera menjauhkan smartphone dari tempat tidur dan meluangkan waktu anda sebelum tidur tanpa gadget.

Ada banyak bahaya yang ditimbulkan oleh cahaya layar smartphone, seperti merusak mata dan juga mengurangi kualitas tidur bahkan mengganggu siklus tidur jadi ada baiknya anda tidak menggunakan smartphone saat hendak tidur.

Dan bahaya tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan anda dan memperparah tubuh seperti timbunya sakit kepala atau karena kesulitan tidur, berkurangnya produktivitas karena tidak memiliki tenaga karena kualitas tidur yang buruk. Bahkan jika diteruskan bisa berujung pada insomnia jika anda tidak mencegahnya mulai sekarang.

Nah itu tadi bahaya smartphone bagi kesehatan, meskipun memiliki banyak manfaat yang banyak baik untuk hiburan maupun sarana komunikasi namun ada baiknya anda lebih bijak dalam penggunaan smartphone agar tubuh anda lebih sehat.

 


Saran lainnya