Durasi Dan Cara Mengatur Screentime Untuk Anak


Screentime untuk anak – Banyak dari kita yang tidak paham dengan screen time, screen time adalah waktu menonton dan bermain gadget yag dihabiskan. Di era modern seperti ini teknologi terus berkembang dan maju.

Jika di era tahun 70 hingga 90 an tv menjadi masalah terbessar bagi ibu – ibu kini ditambah lagi dengan kehadiran gadget. Televisi dan gadget memiliki banyak manfaat jika apa yang kita lihat dan kita cari merupakan informasi bermanfaat.

Tapi akan menjadi boomerang jika yang dilihatb anak kita informasi atau hiburan tidak bermanfaat ditambah lagi dengan kecanduan screen seperti kecanduan tv dan kecanduan gadget. Jadi ebeagi orang tua penting sekali membatasi anak – anak kita dalam bermain gadget dan mengarahkannnya bermain ke sektor real bersama teman – temannya.

Durasi Screen Time Untuk Anak

screen time untuk anak
screen time untuk anak

Anak di Bawah 18 Bulan

Untuk anak di bawah 18 bulan tidak dianjurkan untuk dikenalkan dengan gadget, komunikasi dan permainan bersama keluarga dan teman sekitar lebih baik daripada memperlihatkannnya dengan video lucu di gadget. Komunikasi dan permainan dengan keluarga bisa melatih saraf dan skill komunikasinya.

Jika ingin mengenalkan gadget anda bisa mengenalkannnya dengan video interaktif untuk berkomunikasi dengan keluarga jauh.

Anak di Usia 18 – 24 Bulan

Untuk akan usia 18 – 14 bulan sudah bisa diajak untuk bermain gadget, tapi pilihlah video interaktif yang bermanfaat dan batasi penggunaaanya. Temani sang anak saat bermain, jelaskan semuanya ajari anak untuk mengambil hal positif dari yang dilihat dan menjadikan hal negatif sebagai pembelajaran agar tidak dilakukan.

Anak di Usia 2 – 5 Tahun

Diusia ini akan lebih aktif dia bisa memilih apa yang ingin di lihat dan mulai terlihat kebandelannnya jika sang anak ingin screen time dengan gadget batasi penggunaaanya. Maksimal hanya boleh 1 jam/hari.

Awasi apa yang dilihat, beri bimbingan pada anak, pilihkan konten positif untuk anak.

Tips Mengatur Screen Time Untuk Anak di Rumah

Agar anak tidak mengalami kecanduan dan tidak salah dalam screen time, berikut tips mengatur screen time untuk anak di rumah yang bisa dilakukan :

Beri Batasan Waktu

Penting sekali memberi batasan pada anak sejak awal pengenalan gadget dan tv pada anak. Hal ini untuk mendisiplinkan anak sehingga kedepannnya anak tidak kecanduan dan tidak marah saat dilarang bermain gadget atau menonton tv.

Jika cuaca sednag mendung, hujan atau sakit anda bisa memberikan waktu pada anak untuk screen time sebagai salah satu hiburan agar tidak bosan. Nmaun saat cuaca cerah ajaklah anak bermian keluar ruangan.

Matikan Tv Saat Main

Banyak dari kita yang tidak sadar jika tetap menyalakan tv saat bermain atau belajar dan menjadikannya background termasuk dalam hitungan screen time. Jadi matikan tv saat anak bermain hal ini juga mengajari anak untuk tidak boros listrik.

Beri Contoh Tidak Menggunakan Gadget

Mengajari anak dengan ucapan tidak terlalu manjur, jadi akan lebih baik jika leading by doing atau mengajari anak dengan perbuatan atau contoh. Jangan mengeluarkan gadget atau sibuk dengan gadget saat bermain dengan anak.

Kurangi juga waktu melihat tv anda di rumah, ajak pasangan untuk melakukan hal ini agar pengajaran lebih efektif.

Pilih Konten Berkualitas

Untuk anak – anak pilihlah konten berkualitas yang berisi informasi bermanfaat atau hiburan. Hindarkan anak dari sinetron dan reality show tidak mendidik, acara gosip, acara kriminal dan lain – lain.

Jika kesulitan mencari chanel pas untuk anak karena tidak tersedianya chanel bermanfaat anda bisa memasang parabola atau berlangaan tv kabel agar acara lebih berkualitas. Ingat anak – anak akan lebih mudah meniru apa yang dia lihat. Anda tidak mau kan anak menirukan adegan kekerasan atau tidak bermanfaat di tv ?

No Gadget Di Kamar

Jangan pasang tv di kamar dan hindarkan gadget di kamar anak, karena saat anda tinggal bisa saja snag anak menonton tv tanpa sepengatahuan anda.

Bicara Dan Bimbing Selama Sceen Time

Saat anak menonton tv, bimbing sang anak, ajak anak untuk bicara, selalu beri penjelasan pada anak dengan baik. Jangan biarkan anak memakan mentah – mentah apa yang dia lihat.

Nah itu tadi durasi dan cara mengatur Screentime untuk anak yang bisa anda lakukan.


Saran lainnya