Tips Mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur


Tips mengatasi ibu hamil susah tidur – Setelah mengandung kita sbegai seorang ibu akan lebih hati – hati dalam bertindak bahkan dalam tidur. Banyak kekhawatiran dibenak ibu muda bagaimana cara tidur yang tepat tanpa mengganggu sang janin. Itu adalah pikiran wajar di awal kehamilan , namun di tengah – tengah kehamilan beda lagi masalahanya terlebih lagi mendekati hari persalinan.

Seiring bertambahnya umur kandungan maka semakin besar pula perut snag bunda, dimana yang awalnya kita masih bisa tidur miring kini kita tidak bisa tidur dengan berbagai macam gaya. Kita hanya bisa berbaring atau terlentang saat tidur.

Bukan hanya itu, ada banyak lagi masalah yang harus dihadapi seperti buang air kecil terus menerus, kaki pegal dan lain – lain. Nah buat anda ibu – ibu muda yang belum berpengalaman berikut tips mengatasi ibu hamil susah tidur yang bisa and lakukan.

Tips Mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur

mengatasi ibu hamil susah tidur
mengatasi ibu hamil susah tidur

Posisi Tidur Senyaman Mungkin

Bukan hanya ibu hamil, orang biasapun juga akan merasakan sulit tidur saat posisi tidur kurang nyaman. Jadi buatlah tidur senyaman mungkin, untuk ibu hamil muda bisa mengambil posisi miring sambil menekuk sedikit bagian lutut.

Sedangkan untuk anda yang tengah hamil tua pasti merasa kesulitan tidur karena adanya rasa panas atau sesak bagian dada. Solusinya ambil posisi tidur setengah duduk aatau punggung bersandar pada tumpukan bantal.

Gunakan Bantal Ibu Hamil

Meskipun bukan rekomendasi mengingat keadaan ekonomi setiap ibu berbeda, tapi ini bisa jadi pilihan bagi anda yang kesulitan tidur. Tersedia di toko biasa dan toko online bantal khusus ibu hamil. Ukurannnya besar tapi enaknya karena besar anda bisa leluasa tidur karena disesuaikan dengan tubuh ibu hamil.

Tidur Teratur

Buat jadwal rutin atau jam biologis tidur agar anda tidak mengalami kesulitan saat tidur. Jika tubuh dirasa kekurangan tidur maka tidurlah. Lupakan kegiatan rutinitas sehari – hari jika anda membutuhkan banyak tidur. Jangan lupakan tidur di siang hari, tidur di siang hari sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena setiap makanan yang kita makan akan berpengaruh pada janin. Dikutip dari Alodokter jika makanan tinggi protein bukan hanya sehat tapi juga menghindarkan ibu hamil dari mimpi buruk.

Cukupi kebutuhan air sebelum tidur tapi jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan buang air terus menerus yang bisa mengganggu tidur anda.

Rileksasi Sebelum Tidur

Saat hamil tubuh akan terasa kaku hal ini yang menjadi salah satu penyebab ibu hamil kesulitan untuk tidur. Untuk mengatasinya ibu hamil bisa melakukan yoga ringan untuk ibu hamil atau lebih baik meditasi agar lebih tenang. Ada juga yang menyarankan untuk mandi air hangat agar lebih rileks saat ingin tidur.

Dukungan Suami

Dukungan suami snagat penting ya terlebih lagi di saat proses kehamilan hingga pasca melahirkan. Ajak sang suami berperan dan berkontribusi selama proses tersebut, jangan ragu meminta bantuan sang suami jika mengalami kendala.

Dan ceritakan segala yang anda rasakan agar sang suami tahu, sedangkan sebagai seorang suami anda ditunut lebih peka dan perhatian. Bantuan sang suami saat tidur bisa dilakukan dengan memeluknya saat tidur mendampinginya dan membuat ibu hamil nyaman.

Minimalisir Penggunaan Obat – obatan

Penggunaan obat memiliki dampak negatif bagi tubuh ibu hamil dan perkembangan janin, jadi jangan sampai menggunakna obat – obatan jika tidak diperlukan. Konsultasikan segala keadaan anda pada dokter, konsultasikan juga apakah obat tersebut boleh dikonsumsi atau tidak. Hindari menggunakna obat tidur ya bunda, untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

Jika keadaan tambah memburuk karena tidak bisa istirahat dengan tenang, konsultasikan hal ini pada dokter. Dna dokter akan memberikan solusi terbaik untuk anda dan bayi yang ada dalam kandungan.

Nah itu tadi tips mengatasi ibu hamil susah tidur yang bisa anda coba di rumah dan untuk anda yang baru selesai proses kelahiran lakukan cara berikut ini untuk pemulihan pasca melahirkan .


Saran lainnya