Cara Anak Tidak Cemburu Pada Adik Pasca Melahirkan


Cara Anak Tidak Cemburu Pada Adik Pasca Melahirkan – Nah jika sebelumnya anda sudah membaca tips agar anak tidak cemburu yang bisa anda terapkan berdasarkan umur snag kakak. Kali ini fispol akan memberikan cara anak tidak cemburu pada adik pasca melahirkan.

Jika di saat proses kehamilan kecemburuan sang kakak belum muncul karena sang adik belum lahir beda halnya setelah proses kelahiran. Setelah proses ini sang adik akan sering berada di samping ibu. Dan meskipun tidak semua kakak cemburu namun banyak juga ibu – ibu yang khawatir karena sang kakak mulai cemburu.

Setiap anak berbeda – beda melampiaskan kecemburuannnya, ada kakak yang hanya memendamnya dalam hati namun ada juga yang frontal hingga memukul sang adik. Tetap sabar ya bunda, nah buat bunda yang sedang mengalami hal ini berikut fispol telah merangkum cara anak tidak cemburu pada adik pasca melahirkan.

Cara Anak Tidak Cemburu Pada Adik Pasca Melahirkan

anak tidak cemburu pada adik
Source : orami.com

Beri Tahu Jika Kakak Punya Peran

Memberi tahu jika kakak punya peran sangatlah penting dengan cara ini snag kakak akan tahu tugas – tugasnya. Beri tahu apa yang harus dia lakukan untuk rumah, untuk keluarga dan untuk adik tapi jangan memaksanya.

Ynag perlu anda lakukan hanyalah memberi tahu perannya dan memberi tahu jika keluarga menyayanginya sama seperti menyayangi sang adik. Jangan memaksanya melakukan sesuatu yang tidak dia sukai. Hal ini malah memperburuk keadaan karen asaat ada orang lain ( adik ) kakak menjadi lebih sensitif.

Ibu Harus Tahu “ Berbagi “ Bagi Anak – Anak

Anak umur dibawah 3 tahun tidak paham dengan konsep berbagi, anak dibawah umur tersebut akan egois me ikirkan dirinya sendiri. Apa yang dia miliki adalah miliknya sendiri bukan milik orang lain. Bukan hanya untuk mainann  tapi juga untuk anda ibu.

Bagi mereka anda adalah miliknya jadi tidak heran jika sang kakak marah jika ada sang adik. Nah ada baiknya jika anda bisa membagi waktu menemani sang adik sekaligus menemani sang kakak bermain. Dengan begitu kedua anak akan merasa memiliki ibu yang perhatian.

Jangan Memaksa Anak Berbagi

Sebagai ibu kita pasti ingin kedua anak kita berbagi namun anda juga perlu paham tidak semua benda bisa di bagi terlebih lagi sang anak masih kecil dimana tidak paham konsep berbagi. Setiap anak memiliki benda special yang tidak akan dibagi bahkan disentuh oleh siapapun jadi jangan memaksa anak untuk memberikan hak miliknya untuk sang adik atau anda sendiri.

Jangan Membandingkan Anak

Entah ini penyakit sebagai seorang ibu atau ketidak sengajaan ? banyak ibu – ibu yang membandingkan anak dengan anak lain atau anak tetanggga. Percayalah jika membandingkan dengan orang lain atau anak lain akan memberikan dampak buruk pada psikologis anak.

Ingat bunda, setiap anak memiliki kelebihannnya masing masing, mungkin anak pertama anda tidak ahli di bidang A, tapi tidak berarti anak kedua anda harus ahli di bidnag A juga. Bisa jadi anak kedua anda ahli di bidang B.

Special Time Untuk Kakak

Setelah memiliki adik banyak waktu anda seharian yang dihabiskan untuk sang adik, bahkan kita kadang lupa memperhatikan sang kakak. Hal ini juga yang memicu kecemburuan pada sang adi, jadi ada baiknya luangkan waktu bersama sang kakak.

Meskipun tidak banyak waktu mungkin 20 – 30 menit tapi buatlah moment tersebut terlihat berharga dan terkenang oleh sang kakak. Dengan begini kakak akan merasa diperhatikan meskipun memiliki adik.

Nah itu tadi cara anak tidak cemburu pada adik pasca melahirkan yang bisa anda lakukan. Jangan lupakan kakak ya bunda, meskipun terihat besar namun sebagai seorang anak dia akan butuh terus perhatian dari anda seorang ibu. Ajak juga keluarga untuk membantu proses ini, jangan sampai anak merasa kehilangan ayah, ibu, kakek dan neneknya karena kehadiran sang adik.


Saran lainnya