Ibu Muda Wajib Tahu, Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Hamil


Kesalahan yang sering dilakukan saat hamil – Sebagai ibu muda yang belum berpengalaman tentunya kita banyak mencari informasi baik melalui tenaga medis atau internet untuk mengihindari hal – hal yang tidak diinginkan pada janin.

Sehingga saat tengah mengandung, kita banyak menerima masukan – masukan, mitos yang berkembang di masyarakat. Meskipun tidak semuanya benar namun banyak dari kita yang mentaati mitos – mitos tersebut.

Seperti mitos membawa benda tajam kemanapun pergi, meskipun tidak masuk di akal namun hal ini banyak dilakukan para ibu hamil dan melahirkan. Tapi meskipun mitos namun ada hal positif yang diambil dari mitos tersebut seperti harus berhati – hati dan selalu waspada saat hamil.

Nah dari pada kita bicara tentang mitos kali ini fispol akan memberikan berbagai fakta Kesalahan yang sering dilakukan saat hamil yang perlu anda hindari.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Hamil

kesalahan yang dilakukan saat hamil
kesalahan yang dilakukan saat hamilSource : rockmama

Makan Porsi 2 Orang

Saat hamil kita memang membawa 1 nyawa lagi ya di dalam tubuh kita, yang biasanya hanya ada 1 orang di dalam badan kini ada 2 orang di dalam badan. Banyak yang mengira karena ada 2 orang di dalam tubuh maka kebutuhan makanan kita juga bertambah 2X lipat.

Jika biasanya kita membutuhkan 1 piring maka kita harus makan 2 piring agar janin tumbuh sehat. Tapi nyatanya salah saat hamil kita hanya perlu tambahan sedikit kalori yaitu 200 kalori atau setara dengan 1 pisang dan 1 gelas susu.

Jadi anda tidak perlu makan banyak yang perlu anda lakukan saat hamil yaitu makan biasa di tambah dengan 200 kalori dan juga makan makananan yang sehat dan bergizi.

Tidak Percaya Pada Diri Sendiri

Banyak dari kita yang tidak percaya dengan diri sendiri apalagi untuk anda yang emmiliki tubuh kurus. Pastiya pernah terpikirkan apakah kita kuat membawa bayi kemanapun kita vpergi selama 9 bulan?.

Apakah kita kuat melahirkan dnegan keadaan tubuh kita yang lemah ?. Hal tersebut memang wajar ya sebagai ibu muda kita was – was namun ada baiknya anda tetap tenang dan menghindarkan diri dari stress.

Stress tidak baik bagi pertumbuhan janin dan diri anda, stress juga berdampak negatif pada anak kelak saat sang anak tumbuh besar. Nah untuk masalah ini percayalah Tuhan telah menciptakan kita yang rumit ini dengan berbagai kelebihan. Sebagai wanita tubuh kita sudah diciptakan sedemikian rupa sesuai dengan kodrat.

Tidak Pakai Seat Belt

Banyak orang yang berpikir jika hamil jangan menggunakan seat belt, apalagi eat belt yang kencang. Tapi tahukah anda jika menggunakan seat belt jauh lebih aman ? karena dalam perjalanan akan ada banyak hal yang kita lalui sehingga ada banyak goncangan bahkan rem mendadak.

Jadi tetap dianjurkan menggunakan seat belt ya bunda, namun penggunaanya tidak lagi melintang di area payudara namun berada di bawah perut ya agar janin tidak tertekan.

Tidak Olahraga

Saat hamil, kita memang tidak dianjurkan untuk berolah raga karena bisa mengganggu janin terlebih lagi olah raga yang berat. Namun tidak olah raga sama sekali tidak baik untuk anda dan janin bunda. Ada baiknya konsultasikan pada dokter olahraga apa saja yang boleh dilakukan dan tidak, lakukan olahraga yang aman bagi janin seperti jalan santai di pagi hari.

Olahraga yang tepat baik untuk anda yang mengalami kesulitan tidur sekaligus menjaga janin tetap sehat.

Hamil Tidak Boleh Berhubungan Intim

Saat hamil memang banyak kecemasan ya yang ibu – ibu alami, salah satunya yaitu cemas dan takut untuk berhubungan intim. Padahal berhubungan intim sangat dianjurkan saat mendekati bulan – bulan kelahiran.

Jika anda dan pasangan ingin berhubungan intim, silahkan berhubungan namun untuk anda yang hamil muda berhati – hati ya lakukan dengan lembut tidak seperti sebelum hamil. Dan jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu pada pihak medis apakah kandungan anda aman untuk melakukannnya.

Jika tidak diperbolehkan oleh dokter sebaiknya anda menghindarinya sementara waktu. Nah itu tadi Kesalahan yang sering dilakukan saat hamil yang harus anda hindari. Dan untuk anda yang ingin tetap cantik selama hamil jangan lupa untuk membaca tips berikut ya agar janin aman tanpa terkontaminasi kosmetik.


Saran lainnya