Cara Mengatasi Kakak Tidak Cemburu Pada Adik


Kakak tidak cemburu pada adik – Memiliki anak lagi adalah suatu kebahagiaan bagi orang tua. Tapi sayangnya ini tidak berlaku pada buah hati sebelumnya atau sang kakak. Sang kakak yang masih butuh perhatian, bimbingan dan kasih sayang akan merasa tersingkirkan saat datangnya sang adik.

Terlebih lagi usia kakak yang belum terlalu dewasa membuat kita harus pintar – pintar membagi waktu dan menjelaskannnya pada sang anak. Meskipun kenakalan kakak saat memiliki adik terlihat wajar namun nyatanya hal ini bisa berlanjut hingga dewasa loh jika penangannnya tidak tepat.

Tapi hal ini wajar untuk anda lalui karena seperti kita tahu setiap orang tidak ingin di nomor duakan. Sedangkan tanpa sadar kita sering melupakan anak pertama atau sang kakak karena kita anggap ini waktunya mengurus sang adik.

Dan menganggap sang kakak sudah bisa hidup sendiri, padahal ini salah. Sang kakak tetaplah anak anda dan butuh kasih sayang. Nah untuk anda yang sedang mengalami masalah seperti ini berikut kakak tidak cemburu pada adik yang bisa anda lakukan.

kakak tidak cemburu pada adik
kakak tidak cemburu pada adik

Mengatasi Kakak Tidak Cemburu Pada Adik Berdasarkan Umur

Berikut tips agar kaka tidak cemburu pada adik berdasarkan usia kakak :

Usia Kakak 1 Tahun

Diusia ini sang kakak belum mengerti sama sekali apa yang akan terjadi, anda tidak perlu banyak menjelaskan karena snag kakak juga tidak akan paham. Langkah baiknya ajak anak merasakan saat proses mengandung seperti merasakan tendangan sang adik dan mengatakan hal positif tentang hubungan sang kakak dan adik.

Usia Kakak 2 Tahun

Di usia 2 tahun snag kakak lebih aktif, lebih bisa diajak bicara dan berpikir tapi sayangnya mulai di usia ini snag kakak yang belum paham bisa jadi melampiaskan kecemburuan pada adiknya kelak dengan menyakiti seperti memukul sang adik.

Jadi akan lebih baik jika anda mulai mengenalkan seperti apa adik itu, ajak sang kakak melihat bayi agar dia bisa terbiasa dengan sang adik. Dari sini anda bisa melihat bagaimana sikap sang kakak pada bayi. Jangan membentaknya, cukup arahkan sang kakak dan beri pengertian.

Usia Kakak 3 – 4 Tahun

Menjelang proses persalinan banyak dari kita yang menganggap sang anak sudah bisa mendiri seerti ke toilet sendiri atau melakukan banyak hal sendiri. Tapi bunda menyapih sang buah hati menjelang proses persalinanan tidak baik.

Karena bisa menimbulkan asumsi jika sang kakak tidak dipedulikan dan anda hanya peduli dengan sang adik. Meskipun sedang repot temani sang kakak seperti biasanya jika bisa. Jangan lupa luangkan waktu bermain bersama atau sekedar bercerita. Degan begini sang kakak tidak merasa kekurangan kasih sayang karena terbagi dengan adik.

Usia Kakak 5 – 8 Tahun

Di usia ini kakak akan bisa mudah mengerti jika orang tuanya harus mengurus sang adik. Tapi jangan abaikan dia ya bunda, ajak snag kakak berkontribusi sehingga saat kelahiran dan saat anda mengurusnya sang kakak tidak cemburu.

Ajak snag kakak memilih baju, memilih perlengkapan dan kegiatan positif lainnnya dan jika anda butuh memindahkan ruangan sang kakak menjadi ruangan adik lakukan jauh – jauh hari. Jangan mendadak, hal ini menghindari sang kakak merasa tergantikan.

Jangan lupa buatlah kamar sang kakak semenarik kamar adik, buatlah snag kakak nyaman di kamar barunya agar tidak terkesan anda pilih kasih.

Nah itu tadi cara mengatasi kakak tidak cemburu pada adik yang bisa anda lakukan, sebagai orang tua kita harus bisa berperilaku adil ya bunda jangan sampai salah satu anak kita merasa terabaikan oleh anda. Meskipun sang kakak sudah berusia cukup atau sudah dewasa namun akan tetap ada kecemburuan yang timbul jadi ada baiknya kita tetap memperhatikan sang kakak ya bunda. Kecemburan pada adik bisa berdampak jangka panjang pada psikologisnya. Baca Juga tips menangani kakak cemburu pada adik setelah proses kelahiran sang adik.


Saran lainnya