Berikut Pemulihan Pasca Melahirkan Yang Harus Anda Lakukan


Pemulihan pasca melahirkan – Setelah 9 bulan mengandung dan menjalani proses persalinan kini tiba saatnya kita mulai proses merawat buah hati sekaligus merawat diri. Seperti yang kita tahu saat hamil sebagai seorang ibu kita harus menjaga janin yang ada dalam kandungan.

Salah satunya yaitu dengan cara tidak menggunakan kosmetik berlebihan yang mengandung bahan berbahaya. Tapi setelah melahirkan masalah kecantikan tidak terlalu dipedulikan karena ada masalah yang lebih penting yaitu sisa – sisa proses persalinan yang harus terlebih dahulu dirawat.

Tapi karena saking banyaknya, kita biasanya jadi bingung karena da banyak yang perlu dirawat tapi sedikit pengetahuan yang kita miliki. Nah untuk anda ibu yang baru mengalami proses melahirkan berikut pemulihan pasca melahirkan yang harus anda lakukan agar tubuh bisa kembali seperti semula. Namun untuk anda yang belum melahirkan baca juga tips mengurangi kecemasan menunggu proses persalinan yang kami ulas sebelumnya.

Pemulihan Pasca Melahirkan Yang Harus Anda Lakukan

pemulihan pasca melahirkan
Source : buatbunda.com

Cegah Sembelit

Kebayangkan rasanya baru selesai proses melahirkan dan dijatit ditambah dengan rasa sembelit yang menyiksa saat BAB. Sembelit serimg terjadi pada ibu pasca melahirkan, nah untuk mengatasinya minum air putih 8 – 10 gelas per hari, konsumsi sayuran dengan serat tinggi untuk melancarkan pencernaan.

Hindari Aktivitas Berat

Setelah proses melahirkan, area kandungan kita masih sangat lemah jadi hindari kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Hindari naik turun tangga dan mengangkat beban berat agar tidak terjadi pergerakan di area kandungan atau dalam bahasa jawa disebut cencer.

Jangan Olahraga Terlebih Dahulu

Bagi ibu – ibu kekinian pasti ingin cepat kurus setelah proses melahirkan dan salah satu cara cepat menurunkan berta badan yaitu dengan berolahraga. Tapi sebaiknya jangan lakukan hal ini dulu ya, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kapan waktu tepat untuk berolahraga terlebih lagi olahraga yang berat.

Membersihkan Vagina

Karena mengalami nifas kadang kita risih ya dengan keadaan vagina yang selelu kotor, tapi hal ini wajar bunda yjangan diambil pusing ya. Anda bisa membersihkannnya ketika merasa kotor tapi hindari penggunaan sabun pembersih kewanitaan terlebih dahulu ya. Gunakan air bersih biasa sudah cukupm kok untuk memnbersihkannnya terlebih lagi setelah melahirkan.

Jangan Hubungan Intim Dahulu

Jangan melakukann hubungan intim dahulu ya bunda, tunggu hingga dokter memperbolehkan anda melakukannnya. Atau setidaknya tunggu hingga keadaan anda pulih, tunggu sekitar 4 – 6 minggu sebelum melakukan seks. Tapi setiap orang bisa berbeda – beda ya, jadi ada baiknya konsu=ltasikan pada dokter.

Hindari Bepergian Jauh & Hindari Menyetir Sendiri

Hindari bepergian jauh bersama bayi selama 5 – 6 minggu, terlebih lagi bepergian jauh menggunakan kendaraan terbuka seperti sepeda motor. Tapi jika terpaksa harus bepergian menggunakan mobil sering – seringlah berhenti istirahant dan melakukan streching ringan. Bepergian jauh juga berdampak buruk bagi sang buah hati ya, jadi ada baiknya tunggu hingga sang buah hati cukup umur.

Quality time Bersama

Karena baru saja melahirkan anda tidak boleh kemana – mana dulu ya, anda harus fokus dengan sang buah hati. Tapi sayangnya banyak ibu – ibu yang merasa stress karena tidak bisa bersosialisasi dana menghirup udara luar.

Nah sebagai gantinya anda bisa meluangkan waktu bersama dengan suami, anak dan keluarga dan menghabiskan waktu bersama.

Banyak Cari Informasi

Setelah menjadi ibu – ibu anda tidak hanya memikirkan tentang diri anda sendiri namun juga buah hati. Jadi ada baiknya nada mencari informasi apa yang terbaik dan apa yang harus kita lakukan untuk buah hati kita.

Ikutilah selalu posyandu untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan buah hati, jangan luoa sharing dan bertanya pada ibu yang sudah berpengalaman jika mengalami masalah dalam mengasuh anak.

Kurangi Kualitas

Jika dulu sewaktu be,um memiliki buah hati kita memiliki kualitas tiggi dalam bekerja. Tapi setelah memiliki buah hati turunkan kualitas anda, contoh : saat memasak jika biasanya bisa memasak 4 menu kini masaklah seperlunya agar anda bisa membagi waktu istirahat, waktu untuk buah hati dan waktu bekerja.

Nah itu tadi pemulihan pasca melahirkan yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan kembali tubuh seperti sedia kala.


Saran lainnya