Tips Menurunkan Kecemasan Sebelum Proses Persalinan


Menurunkan kecemasan sebelum proses persalinan – Hemmmm bicara soal melahirkan memang sesuatu yang mendebar ya. Pasalnya banyak para ibu – ibu yang sudah melahirkan mengingat – ingat kembali saat proses melahirkan sampai pemulihan yang melelahkan sekaligus menyenangkan karena kehadiran sang buah hati.

Tapi untuk yang sedang menantikan buah hati tentunya topik ini menjadi topik paling dinanti. Banyak orang yang bicara jika orang melahirkan sama seperti sebuah motor yang turun mesin atau banyak juga yang mengatakan jika sakitnya melahirkan sama seperti diremukan tulang – tulang dalam tubuh.

Dari situ terlihat horor ya dan mulai membayangkan bagaimana saat proses melahirkan ? Nah buat ibu – ibu yang hendak menjalani persalinan, tenang ya karena proses melahirkan tidak seburuk itu kok. Hal di atas hanya ketakutan anda saja karena belum pernah mengalami hal ini.

Padahal proses kelahiran adalah proses yang membanggakan sebagai seorang wanita. Nah untuk ibu – ibu hamil berikut tips yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kecemasan sebelum proses persalinan.

Tips Menurunkan Kecemasan Sebelum Proses Persalinan

menurunkan kecemasan sebelum proses persalinan
menurunkan kecemasan sebelum proses persalinan

Cemas Sakit Saat Melahirkan

Meskipun sudah kodratnya sebagai wnaita kita akan mengalami sakit saat proses persalinan namun ternyata banyak juga yang takut berlebihan. Bahkan ada juga ibu hamil yang langsung memilih pembedahan cesar daripada harus menahan sakit saat persalinan normal.

Hal ini wajar saja ditakuti ibu hamil karena ada banyaknya rumor yang berkembang tentang persalinan. Tapi jangan takut ibu, karena proses sakit saat melahirkan , proses gunting vagina dan jahit vagina akan selesai tanpa anda sadari sakitnya karena ada obat bius yang canggih saat proses persalinan.

Dan rasa sakit akan hilang karena anda bisa melihat buah hati yang baru saja anda lahirkan. Anda tidak akan sadar proses melahirkan sudah selesai karena semua rasa sakit, bahagia menjadi satu.

Cemas Kelainan Pada Bayi

Kelainan pada buah hati menjadi ketakutan tersendiri ya bagi seorang ibu bahkan keluarga. Bahkan saking takutnya banyak suku di Indonesia seperti suku Jawa dimana saat hamil kita dilarang mencela seseorang, memninta tambah atau kurang makanan yang kita beli agar bayi kita sehat saat melahirkan.

Meskipun banyak yang bilang mitos, masih banyak orang yang melakukannnya demi snag buah hati. Dan untuk anda ibu hamil yang sedang cemas dengan hal ini, tenang saja karena kelainan pada bayi bisa dilihat mulai awal sampai akhir proses kehamilan dengan menggunakan alat.

Dengan pemeriksaan secara rutin, dokter akan memberi tahu apakah ada kelainan atau tidak di pada buah hati. Jadi penting sekali melakukan pemeriksaan rutin dan mengikuti saran dokter saat hamil. Namun bagaimana jika buah hati saya mengalami kelainan ?

“ Ibu… seperti apapun kondisi sang buah hati, anak adalah titipan dari Tuhan Yang Maha Esa. Dia adalah ciptaan terbaik dari tuhan yang wajib kita terima dan lindungi. Perlakukan dia seperti anak pada umumnya dan beri perhatian lebih. Meskipun menderita kelainan bukan berarti buah hati anda tidak bisa memiliki hidup seperti anak lain, banyak anak berkelaian diluar sana yang mampu membuktikan pada dunia jika dia bisa ”

Vagina Robek Lebar Saat Melahirkan

Menyangkut tentang Miss V wanita akan cemas ya, karena miss V adalah salah satu organ penting pada wanita. Dan robeknya miss v pasca melahirkan menjadi momok yang menakutkan pada wanita. Tenang ya bunda, meskipun robek atau digunting saat proses melahirkan, dokter akan menjahitnya kembali seperti semula.

Dan anda hanya butuh waktu sekitar 1 minggu untuk proses pemulihan, eittsss meskipun seminggu sudah bisa pulih jangan digunakan dulu ya tunggu arahan dari dokter, dokter akan emmberi tahu kapan Miss V siap digunakan kembali.

Takut Tidak Sempat Ke Rumah Sakit

Di sinetron – sinetron banyak adegan seperti ini dimana kita sedang sendirian di rumah dan tiba – tiba terasa mulas mau melahirkan. Dan akhirnya kita kebingungan saat hal tersebut terjadi.

Eitss tenang bunda karena hal itu hanya ada di sinetron, sebagai seorang ibu di dunia nyata kita bisa melakukan banyak hal saat terjadi hal tersebut seperti menyiapkan nomor telfon orang terdekat dan juga nomor telfon ambulan dan rumah sakit. Kemudian menelfon nomor tersebut saat membutuhkan, jangan raguuntuk menelfon pihak rumah sakit untuk mengirimkan tim medis jika dalam keadaan darurat.

Nah itu tadi tips menurunkan kecemasan sebelum proses persalinan yang bisa anda lakukan. Sebagai ibu hamil kita harus mengelola stress jangan sampai janin yang ada dalam kandungan ikut stress. Karena stress saat hamil bisa menyebabkan berbagai masalah pada anak ketika kelak dia dewasa. Jadi ada baiknya kita jalani proses kehamilan dengan suka cita karena kita akan mendapatkan buah hati dimana orang lain belum tentu diberikan oleh Tuhan. Dan untuk anda yang sedang puasa di saat hamil baca juga tips yang telah kami rangkum sebelumnya.


Saran lainnya