Sedang Hamil, Berikut Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil


Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil – Berpuasa hukumnya wajib bagi orang muslim, setiap orang wajib berpuasa agar bisa berlatih mengontrol hawa nafsu dan juga merasakan rasanya menjadi orang yang kekurangan dalam segi finanasial dan makanan.

Meskipun dianggap sebagai ujian tapi nyatanya puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti melancarkan sistem pencernaan dan lain – lain. Meskipun wajib namun ada bebebrapa orang yang tidak diwajibkan berpuasa, seperti orang yang sakit, orang sedang stress, ibu yang sedang nifas dan lain – lain.

Puasa diwajibkan bagi yang mampu, namun bagaimana dengan ibu hamil ? banyak perempuan yang ingin tetap berpuasa selama Ramadhan karena hanya datang 1 tahun sekali. Tapi saat puasa banyak dari kita yang takut jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti janin kekurangan gizi.

Sehingga tidak heran jika ada banyak wanita yang memutuskan tidak puasa selama hamil karena takut hal di atas. Tapi ada juga yang tetap berpuasa karena tidak ingin melewatkannnya. Nah buat anda calon ibu jangan cemas ya, Buat yang tidak ingin berpuasa kita bisa menggantinya lain waktu. Dan  buat anda calon ibu yang ingin berpuasa berikut Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil yang bisa kalian lakukan.

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

tips puasa bagi ibu hamil
tips puasa bagi ibu hamil

Persiapan Puasa

Konsultasikan Pada Dokter

Penting sekali mengkonsultasikan kesehatan anda dan kandungan pada dokter sebelum mulai berpuasa. Dengan begini anda akan tahu apakah kondisi memungkinkan untuk berpuasa atau tidak. Jika tidak jangan memaksakan diri untuk berpuasa karena tidak baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan ibu menyusui, konsultasikan dan baca tips berpuasa bagi ibu menyusui terlebih dahulu untuk referensi.

Periksakan Kesehatan

Lakukan pemeriksaan rutin pada kandungan dan kesehatan anda, terlebih lagi dengan gula darah. Bianaya ibu hamil dengan gejala diabetes dan komplikasi pada kehamilan dilarang untuk melakukan puasa.

Kurangi Kafein

Minuman mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat dan lainnya sangat tidak dianjurkan dikonsumsi saat berpuasa. Jadi lebih baik jika anda menggantinya dengan konsumsi air putih agar tubuh tidak lemas dna kekurangan cairan. Hal ini juga menghindarkan anda dari rasa sakit kepala karena kecanduan kafein yang tidak terpenuhi saat puasa.

Tips Ibu Hamil Selama Berpuasa

  • Tetap tenang dan hindari hal – hal pemicu stress yang dapat mengganggu kesehatan janin dan ibu hamil.
  • Konsumsi air putih cukup yaitu 1,8 liter sehari sampai 2 liter sehari, untuk menyiasatinya anda bisa menggunakan pola 2 – 4 – 2. Yiatu 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas selama malam dan 2 gelas saat sahur.
  • Hindari makanan yang mengandung asam dan minyak karena bisa menimbulkan heartburn. Makanan asam dan berminyak juga bisa menjadi pemicu gangguan saluran cerna.
  • Hindari makanan yang terlalu manis, makanan yang terlalu manis tidak baik dikonsumsi saat puasa baik untuk orang biasa atau ibu hamil. Makanan manis dapat menimbukan peningkatan gula berlebihan pada tubuh.
  • Pilih makanan yang melepas energi perlahan seperti oat meals dan jangan lupa konsumsi kurma, kurma mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kalori yang cukup.

Tanda – tanda Yang Patut Diwaspadai Ibu Hamil Saat Berpuasa

Jika dokter memperbolehkan kondisi anda untuk berpuasa dna tidak ada masalah pada kesehatan maka diperbolehkan untuk puasa. Tapi sebaliknya jika anda merasa ada tanda – tanda tak biasa yang muncul saat puasa, ada baiknya anda mengkonsultasikan kembali pada dokter. Seperti tanda – tanda berikut ini :

  • Berat badan berkurang begitu juga dengan gerakan janin di dalam kandungan yang tidak seaktif biasanya.
  • Merasa sangat haus, jarang buang air kecil dan air kecil berarna lebih gelap ( hal ini bisa jadi tanda jika tubuh mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan komplikasi pada ibu hamil ).
  • Mengalami pusing, mual, muntah dan badan lemas meskipun sudah istirahat yang cukup. Jika mengalami hal ini ada baiknya nada langsung membatalkan puasa dan memeriksakan pada dokter.

Nah itu tadi Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil, boleh – boleh saja kita berpuasa ya namun kita jangan lupa memnuhi gizi sang janin yang ada dalam kandungan. Jangan kita egois dan mengesampingkan kebutuhan sang janin, selamat berpuasa.

 


Saran lainnya